Pembuatan konten untuk sosial media memang sudah semakin fleksibel saat ini dan bisa menunjang kreativitas dari banyak orang. Stitch adalah salah satu alat dari Tiktok yang bisa membantu kita untuk bisa membuat konten yang lebih menarik dan tentunya meyakinkan. Fungsi tools ini sangat besar dalam dunia digital marketing juga, berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai tool Stitch video ini.
Daftar Isi Artikel
TogglePengertian Stitch Video
Stitch artinya sebenarnya adalah menjahit, di mana bila dikaitkan dengan video berarti menjahit video atau menggabung video. Jadi fitur Stitch ini akan menggabungkan video yang sudah tersedia di Tiktok dengan video yang akan kalian buat sendiri. Fitur Stitch bisa membuat pengguna Tiktok mengambil video orang lain di Tiktok dan ditambahkan dengan video yang baru kalian buat.
Fitur ini sangat membantu para pengguna Tiktok untuk bisa berkolaborasi dengan pengguna lainnya dalam membuat konten Tiktok. Tapi memang ada batasan dalam penggunaan Stitch ini, karena memang tidak semua video bisa dipergunakan untuk fitur ini. Jadi sebelum menggunakannya selalu perhatikan apakah video yang akan kalian Stitch video itu memang bisa atau diizinkan oleh akun yang memiliki kontennya.
Fitur Stitch video sendiri bisa membantu kita membuat konten yang lebih menarik dan juga lebih meyakinkan terutama bila berhubungan dengan produk. Jadi Stitch adalah sebuah fitur yang bisa membantu dalam proses pembuatan konten digital marketing melalui sosial media Tiktok.
Kegunaan Fitur Stitch Tiktok
Stitch artinya di Tiktok itu menambahkan video pribadi pada video pengguna lainnya, jadi jelas memiliki beberapa kegunaan. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kegunaan dari fitur Stitch yang ada di Tiktok terutama dalam proses digital marketing.
1. Membuat Konten yang Lebih Berkualitas
Pembuatan konten jadi jauh lebih berkualitas dengan adanya fitur Stitch Tiktok ini, karena ada video resmi dari brand tersebut. Bagi konten kreator terutama untuk review produk sudah pasti fitur ini sangat membantu proses pembuatan konten yang lebih berkualitas. Orang jadi bisa melihat produknya dari video resmi baru video dari konten kreator, jelas akan lebih menarik.
2. Membangun Brand Awareness
Fitur Stitch juga membantu brand untuk membangun brand awareness, karena bila banyak di Stitch oleh pengguna maka brand akan makin terlihat. Video Stitch tersebut sudah pasti akan dilihat oleh orang-orang yang follow akun pengguna yang Stitch video dari brand. Jadi membuat video bisa di Stitch siapa pun tentu saja akan membantu proses digital marketing awal yakni brand awareness.
3. Keterlibatan Pengguna pada Brand Lebih Baik
Stitch video artinya adanya kolaborasi secara bebas antar pengguna, sehingga keterlibatan pengguna brand jadi bisa jauh lebih terlihat. Sebagai contoh konten kreator yang membuat review, maka bisa mengambil video resmi dari brand dan keterlibatan jadi terlihat lebih baik. Keterlibatan itu sangat membantu brand untuk mendapatkan input untuk pengembangan produk dan banyak hal lainnya.
4. Membangun Kepercayaan Brand
Stitch adalah fitur Tiktok yang membantu brand untuk bisa mendapatkan kepercayaan, sehingga brand jadi lebih maksimal dalam digital marketing. Kepercayaan brand adalah hal yang utama, di mana brand akan bisa meningkatkan penjualan dan bisa lebih berhasil. Kepercayaan ini didapatkan dari review dari pengguna Tiktok yang Stitch video resmi dari brand.
5. Lebih Menghemat Biaya
Dalam proses digital marketing tentu saja bisa jauh lebih menghemat biaya, karena bisa mempergunakan pengguna Tiktok yang lainnya. Dibandingkan harus membuat video baru tentunya akan lebih hemat menggunakan pengguna Tiktok untuk membuat konten yang menarik. Adanya Stitch Video berarti konten pengguna Tiktok lainnya akan tetap menampilkan produk dari brand dan kelebihannya.
Mengelola Privasi Stitch Video
Fitur Stitch ini sendiri sebenarnya bisa dikelola oleh pemilik konten, jadi tidak semua konten bisa menggunakan fitur Stitch ini. Kalian hanya perlu masuk ke pengaturan privasi dan kemudian setting privasi konten untuk bisa dipakai pada fitur Stitch ini. Pengelolaannya sendiri bisa terbagi menjadi tiga, berikut ini penjelasannya.
1. Semua orang itu berarti siapa saja bisa mempergunakan konten kalian untuk melakukan Stitch video pada konten kalian.
2. Hanya teman itu berarti hanya pengguna yang follow dan kalian follow kembali yang bisa menggunakan konten untuk Stitch. Selain dari teman tidak akan bisa memakai konten video Tiktok kalian untuk Stitch ini.
3. Non aktif berarti konten video yang kalian buat sama sekali tidak bisa di Stitch oleh siapa pun. Bisa dibilang Stitch adalah fitur yang fleksibel, karena bisa dipergunakan bisa juga tidak.
Langkah Menggunakan Stitch Tiktok
Bila kalian ingin menggunakan fitur Stitch Tiktok artinya perlu tahu dulu bagaimana sih caranya atau langkah untuk membuatnya. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya seperti apa.
1. Cari dulu video yang ingin kalian Stitch dengan konten video yang akan kalian buat.
2. Cari bagian share dan kemudian pilih menu Stitch yang muncul di sana. Bila video bisa di Stitch pasti akan ada menu tersebut, bila tidak ada menunya berarti video tersebut tidak bisa kalian Stitch.
3. Pilih bagian dari video yang akan kalian Stitch, biasanya kalian bisa memilih bagian hingga 5 detik dari konten video pengguna lain.
4. Setelah sudah terpilih kalian akan masuk ke menu rekam, dan kalian tinggal rekam video konten yang ingin kalian buat di Tiktok.
5. Kalian bisa edit dengan menambahkan efek dan lain sebagainya pada video Stitch yang kalian buat tadi menggunakan tools dari Tiktok. Setelah itu bisa kalian bagikan.
Fitur Stitch adalah fitur sederhana, jadi cara membuatnya pun sebenarnya sangat mudah.
Cara Mengelola Stitch Video
Bagi kalian pemilik konten video yang bisa di Stitch pun bisa mengelola hasil video Stitch yang digunakan oleh pengguna lainnya lho. Jadi bila dirasa terlalu membahayakan atau tidak cocok dengan kebijakan, maka bisa dibicarakan dan kemudian bisa kalian hapus. Berikut ini tata caranya.
1. Masuk dulu ke Profil Tiktok kalian dan kemudian masuk ke menu pengaturan dan privasi.
2. Masuk ke menu privasi dan kemudian pilih menu Stitch yang ada pada menu pengaturan tersebut.
3. Pilih menu kelola video terkait dan nanti akan ditampilkan beberapa video hasil Stitch dari pengguna yang lainnya.
4. Kalian bisa memilih satu per satu videonya untuk mengelola baik itu dihapus atau lain sebagainya sesuai keinginan kalian.
5. Kalian bisa juga menghapus semua video Stitch yang sudah pernah dibuat dengan menu hapus semua yang tersedia oleh Tiktok.Stitch adalah fitur berharga yang bisa sangat bermanfaat bila tahu cara memaksimalkan fitur tersebut. Bila ingin tahu Stitch artinya apa dan cara memanfaatkannya, kalian bisa ikuti kursus di ITBOX.




