React Native Adalah : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

React Native Adalah : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam pengembangan sebuah aplikasi react native merupakan salah satu yang penting untuk digunakan. Pengembangan aplikasi yang berbasis Android dan iOS saat ini sudah banyak sekali mengalami peningkatan.

Salah satu faktornya yaitu kebutuhan perangkat lunak yang jadi semakin besar. Pengembang aplikasi bahkan saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan produk mereka dengan menggunakan berbagai Framework dan juga berbagai metode yang ada. Salah satu Framework yang bisa digunakan yaitu react native.

Mengenal React Native, Kelebihan Serta Kekurangannya

Apa Itu React Native?

Apa Itu React Native?

React native adalah Framework dengan basis javascript yang biasanya digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile yang ada di dua sistem secara bersamaan yaitu melalui Android dan iOS.

Framework Ini pertama kalinya diluncurkan di tahun 2015 oleh Facebook dan sifatnya open source. Pembuatan aplikasi mengharuskan Anda untuk mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman yang spesifik untuk suatu platform.

Hal ini tentu saja karena setiap platform akan menggunakan bahasa pemrograman yang tentunya berbeda-beda dalam pembuatan aplikasi. Sebagai contoh Anda Berencana untuk membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan sistem operasi iOS maka Anda harus belajar membuat aplikasi tersebut dengan bahasa dari pemrograman Swift.

Android juga memiliki bahasa pemrograman khusus seperti bahasa pemrograman iOS itu bahasa pemrograman Android Kotlin. Keberadaan framework ini disini tidak perlu membuat Anda untuk terlalu

banyak membuat aplikasi dengan versi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa harus memilih react native ini.

1. Framework dengan Library JavaScript Populer

Alasan pertama yaitu react native merupakan sebuah Framework yang dibangun dengan menggunakan library javascript dan sudah cukup populer yaitu react.

2. Hanya Menggunakan Satu Kode

Alasan selanjutnya yaitu pengembang hanya perlu menggunakan atau membuat satu kode saja untuk menghasilkan suatu aplikasi dengan sistem kios ataupun sistem Android sehingga bisa lebih menghemat waktu pembuatan.

react native adalah

Framework ini bisa menarik lebih banyak minat dari developer untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan suatu aplikasi multiplatform.

Kelebihan

React native ini merupakan salah satu Framework yang populer di kalangan banyak developer dan tentunya Anda tidak boleh ketinggalan. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari framework react native.

1. Menghemat Biaya

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Framework ini yaitu lebih menghemat biaya. Pengembangan aplikasi dengan menggunakan Framework react native ini jauh lebih menghemat biaya karena pengembang tidak lagi harus mencari 2 orang untuk mengembangkan aplikasi dalam sistem operasi iOS ataupun Android.

Anggaran untuk ke-2 orang tersebut bisa dialokasikan untuk anggaran lainnya jadi pengeluaran akan lebih sedikit.

2. Menghemat Waktu

Kelebihan kedua dari framework ini yaitu dapat menghemat waktu. Penggunaan react native ini jauh lebih menghemat waktu untuk melakukan pengembangan aplikasi. Hal ini dikarenakan kode yang sudah digunakan dari react ini bisa digunakan kembali tanpa perlu mengubah banyak komponen dari kode yang digunakan sebelumnya.

3. Komunitas Yang Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh react native yaitu komunitasnya sudah besar. Framework ini memiliki komunitas yang sudah besar sehingga pengembang atau developer nya bisa saling berkontribusi selama mereka masih mengikuti aturan dari komunitas yang ada.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti komunitas ini yaitu ada bisa dengan mudah memecahkan permasalahan yang dihadapi karena komunitas bisa jadi sumber jawaban.

Kekurangan

Tentu saja tidak ada yang sempurna begitu pula dengan ini yang masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki.

1. Kinerja

Kekurangan pertama yaitu dari segi kinerja. React native ini digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi untuk beberapa sistem. Hal ini ternyata dapat berpengaruh pada kinerja serta hasil dari Framework ini yang menghasilkan cukup rendah kinerjanya.

Itu sebabnya tidak sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan kinerja yang sangat tinggi seperti contohnya aplikasi game online. Pengembangan aplikasi yang cocok dengan menggunakan Framework ini yaitu yang kinerja nya hanya membutuhkan kinerja ringan saja.

2. Debugging dan Kompatibilitas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki yaitu debugging dan juga kompatibilitas. Framework ini disebut sebagai salah satu framework yang masih muda karena baru berumur 6 tahun.

Karena umurnya yang masih muda itu membuat banyak masalah terkait dengan kompatibilitas dan juga kesulitan melakukan debugging oleh pengembang. Hal tersebut membuat react native ini tidak cocok digunakan oleh pengembang atau developer pemula.

Cara Belajar React Native

Bagi pemula yang ingin belajar react native maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.

  • Install NodeJs

    Pertama yang diperlukan untuk menggunakan react native yaitu Anda perlu memiliki instalasi NodeJs terlebih dahulu. NodeJs ini merupakan runtime yang digunakan untuk menjalankan JavaScript.

  • Install Package Node Manager

    Kedua yaitu menginstal Node Paket Manager atau Yarn. Proses instalasi Node Paket Manager ini bisa dilakukan secara otomatis pada saat Anda sudah menginstal NodeJS. Sedangkan untuk instalasi Yarn harus dilakukan secara manual tidak bisa dilakukan secara otomatis.

  • Siapkan Android SDK

    Cara selanjutnya yaitu Anda harus mempersiapkan Android SDK. Android SDK ini yang nantinya akan digunakan dalam tahapan pengembangan aplikasi pada Android. Apabila sudah berhasil melakukan penginstalan Android SDK ini maka akan tampil pada menu Home Anda.

  • Siapkan Juga Java Developmen Kit

    Selanjutnya yaitu Anda perlu mempersiapkan JDK atau Java Development Kit. Pemasangan JDK ini ada tujuannya yaitu untuk mengkompilasi aplikasi ataupun perangkat lunak ke suatu bentuk APK.

  • Menggunakan Template Default

    Saat Anda akan belajar react native maka Anda cukup menggunakan template aplikasi saja tidak perlu memulai dari nol. Anda dapat memanfaatkan proyek open source yang ada di GitHub ataupun yang ada di situs-situs lainnya. Anda bisa memahami terlebih dahulu bagaimana struktur dari program aplikasi tersebut.

  • Mencari Template Yang Sesuai

    Setelah menemukan template yang tepat maka langkah selanjutnya untuk belajar react native yaitu Anda bisa memodifikasi template tersebut. Tahap praktik merupakan salah satu yang paling penting. Tentu saja Anda tidak akan mahir dalam menggunakan Framework ini tanpa melakukan praktik sebelumnya.

  • Mengikuti Bootcamp

    Proses belajar akan jauh lebih mudah dan cepat jika Anda mengikuti bootcamp. Jika Anda mengikuti boot camp maka Anda akan diminta praktek secara langsung tak hanya teori saja dan ini akan membuat Anda jauh lebih mahir dalam menggunakan Framework ini.

  • Mencoba Fitur Baru

    Tips selanjutnya yang harus diperhatikan saat Anda belajar react native sebagai pemula yaitu perlu terus membangun fitur baru. Anda harus membuat fitur baru dari nol apabila sudah cukup mahir setelah mengikuti beberapa cara diatas.

    Bahkan apabila Anda sudah mampu untuk membuat aplikasi maka Anda bisa melakukan perencanaan dan membangun aplikasi sendiri mulai dari nol.

  • Jangan Pernah Menyerah

    Selain beberapa cara diatas salah satu kunci untuk dapat berhasil menggunakan react native yaitu jangan pernah menyerah. Mungkin Anda akan mengalami rintangan di tengah-tengah pembelajaran menggunakan framework ini.

    Jangan mudah menyerah tetapi jadikan halangan tersebut sebagai tantangan bukan sebagai penghambat Anda untuk terus maju ke depan sehingga bisa menerapkan contoh react native yang baik.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui terkait dengan react native. Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman lainnya seperti Flutter, javascipt atau lainnya dengan cara membeli produk yang tersedia di ITBox.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category