Perbedaan URI, URN Dan URL Serta Penjelasan Syntaxnya

Perbedaan URI, URN Dan URL Serta Penjelasan Syntaxnya

Perbedaan URI URN Dan URL Serta Penjelasan Syntaxnya – Tahukah kamu perbedaan dari URI, URL dan URN ? Disini kami akan mencoba menjelaskan kepada anda tentang perbedaan dari ketiganya. Mungkin sebagian besar pengembang website atau web developer tahu apa itu URL, tapi tidak semua orang tahu apa itu URI. Bahkan lebih sedikit lagi mengetahui tentang URN.

Disini kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada anda tentang perbedaan dari URI, URL dan URN. Yuk simak artikel kami dibawah ini.

Perbedaan URI , URL dan URN Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan URI, URN Dan URL Serta Penjelasan Syntaxnya

Apa Itu URI ?

URI atau Uniform Resource Identifier adalah strik karakter yang secara umum mengidentifikasi berbagai jenis resource web dengan menggunakan nama, lokasi, atau nama dan lokasi resource. Dimana Uniform Resouce Locator (URL) dan Uniform Resource Name (URN) termasuk dalam jenis URI.

2 Jenis URI

Setelah membahas apa itu URI, Disini anda bisa menjelaskan 2 Jenis URI yang harus anda ketahui yaitu URL dan URN.

1. URN (Uniform Resource Name)

Pengertian URN adalah pengidentifikasi (identifier) tetap dan tidak terkait lokasi, yang berfungsi untuk mengindentifikasi resource secara permanen. Artinya Resource tetap valid meskipu datanya di pindahkan ke lokasi lain.

URN menggunakan skemanya untuk membedakan setiap resource. Contohnya adalah urn:isbn:032211789 akan menidentifikasi buku berdasarkan nomor ISBN-nya

Perlu anda ketahui bahwa setiap URN terdiri dari 3 komponen :

  • URN – Setiap URN menggunakan awalan urn: sebagai spesifikasi skemanya
  • NID – merupakan pengidentifikasi namespace yang baru terdaftar di Internet Assigned Numbers Authority (IANA). NID berisi huruf, angka atau tanda hubung yang diikuti dengan titik dua.
  • NSS – merupakan string khusus namescape yang mengidentifikasi resouce internet. NSS bisa berisi kode ASCII, Angka, tanda baca dan karakter khusus.
    URL (Uniform Resource Locator)

2. URL atau Uniform Resource Locator

Apa Itu URL ?

URL atau Uniform Resource Locator merupakan pengidentifikasi yang hanya menunjukan lokasi halaman dari web. URL merujuk pada alamat web dan kemungkinan aksesnya seperti HTTP, FTP dan mailto.

Sementara itu, URL yang memberikan metode untuk menunjukan lokasi fisik suatu resource. Dengan penjelasan mengenai mekanisme akses utama atau lokasi resource tersebut di jaringan, URL bisa menunjukan lokasi halaman web, video, gambar atau dokumen apapun yang dipublikasikan secara online.

Tidak seperti URN, Pengidentifikasi resource internet ini tidak selalu sama atau terkait dengan lokasi tertentu. Sebab URL menentukan path lokasi resource, yang bisa berubang seiring waktu. Selain itu URL tidak mengikuti skema URN

Perbedaan antara URN dan URL yaitu hanya menentukan nama resource, Sedangkan URL memerlukan teknik atau protokol akses untuk mendapatkan lokasi resounce.

Syntax URI

Syntax atau sintaksis URI menjelaskan struktunya agar program bisa memahami. Berikut syntax umum URI :

scheme:[//authority]path[?query][#fragment]

Berikut adalah penjelasannya :

Schema (Skema)

Skema atau scheme URI adalah komponen pertama URI yang menjelaskan sistem penangannya. Terkadang Schema URI merupakan protokol yang digunakan untuk mengakses resource. Sementara teknik lain mungkin tidak menetapkan protokol apapun.

Misalnya, Sekapa about: digunakan di web browser, dimana resource dibuat di klient dan tidak terkait dengan protokol tertentu.

Skema bisa berisi kombinasi, huruf, angka , tanda tambah, titik atau tanda hubung apapun yang diikiti oleh titik dua. Skema URI yang paling umum diantaranya adalah HTTP, HTTPS, FTP , mailto dan file.

Authority Component (Komponen Otoritas)

Komponen ini bersifat opsional, diawali dengan dua garis dan diakhiri dengan satu garis miring , tanda tanya atau tanda pagar. ada 3 sub – komponen yang membentuknya :

  • Userinfo – berisi username dan password yang dipisahkan oleh titik dua.
  • Host – terdiri dari alamat IP atau nama yang terdaftar. Alamat IP harus dimasukkan kedalam tanda kurung.
  • Port – protokol yang digunakan untuk menghubungkan server. Ini adalah sub komponen opsional yang di ikuti oleh titik dua.

Misalnya authority component dari URI file:website.com/pathtofile/intro.pdf   adalah website.com/.

Path (jalur)

path atau jalur berisi urutan segmen data yang menunjukan lokasi resource dalam struktur direktori. Jalan harus kosong atau dipisahkan oleh garis miring. Contohnya telnet://192.0.2.16:80/ atau foo://info.example.com?fred adalah URI yang valid dengan jalur kosong karena tidak ada petunjuk lokasi resounce tertentu.

Query Component (Komponen Kueri)

Query merupakan komponen yang bersifat opsional, berisi string query data non-hierarkis. Ini seringnya berupa string pasangan key=value. Komponen ini diawali dengan tanda tanya. Berikut ini adalah contoh URI adalah

https://example.org/test/test1?search=test-question#part2

Berarti komponen kuerinya adalah search=test-question.

Fragment Component ( Komponen Fragmen)

Komponen opsional ini mencakup pengidentifikasi fragmen yang memberikan arah ke resource sekunder. Resource sekunder merupakan bagian lain dari resource utama. Fragmen diawali dengan tanda pagar dan diakhiri dengan bagian dari akhir URI.  Berikut adalah contohnya :

https://example.org/test/test1?search=test-question#part2

Sehingga komponen fragmennya adalah part2.

Sytax URL

Setiap URL harus mengikuti yang memiliki struktur serupa dengan URI. Berikut ini adalah contohnya :

https://www.example.com/forum/questions/?tag=networking&order=newest#top

Dari URL diatas bisa dibagi menjadi komponen – komponen berikut ini :

Schema (Skema)

Bagian pertama syntax URL berupa protokol yang digunakan untuk mengambil resource. Skema URL menyediakan jenis aplikasi yang digunakan didalam perangkat untuk membuka URL. Dalam protokol lain yang paling sering di gunakan untuk schema URL meliputi :

  • Hypertext transfer protocol (HTTP) , Dengan protokol ini pengguna bisa mengakses data dari halaman web menggunakan link hypertext.
  • Hypertext transfer protocol secure (HTTPS), Melindungi transmisi data dari browser pengguna dan website.
  • File transfer protocol (FTP) , Ini digunakan untuk tranfer file diantara perangkat yang berbeda melalui jaringan.

Selain itu beberapa protoko URL menggunakan link mailto untuk mengidentifikasi alamat email untuk menentukan akses database berdasarkan kebutuhan pengguna.

Authority (Otoritas)

Komponen ini diawali dengan dua garis miring, Serta berisi 2 sub komponen yaitu nama domain dan port yang merupakan resource yang akan diakses. Nama domain adalah nama resource yang terdaftar seperti google.com

Port merupakan nomor spesifik yang mengidentifikasi layanan web yang anda minta di server. Misalnya port untuk URL HTTP adalah 80 , sedangkan untuk URL HTTPS adalah 443. Jika web server menggunakan proteksi standar HTTP atau HTTPS, Biasanya port akan dihilangkan dari URL.

Path (jalur)

Elemen ini mengidentifikasi lokasi yang lebih spesifik halaman web, postingan atau file lain yang ingin diakses pengguna dalam nama domain. Path juga berisi ekstensi file aset seperti gambar dan dokumen.

Tapi tidak semua URL menunjukan komponen path. Di sejumlah web server modern, Mungkin tidak akan terlihat komponen dari path karena bisa dihilangkan untuk mempersingkat URL.

Berikut adalah contoh path :

…/software/htp/index.html

atau

…/forum/question/
Query String (String Kueri)

String berfungsi untuk mengirimkan data tentang resource di web server dan diawali dengan tanda tanya. Biasanya string ini berisi pasangan kunci (key) dan nilai (value) yang dipisahkan oleh tanda ampersan (&).

Contohnya seperti dibawah ini :

?tag=networking&order=newest

Didalam Query String menyimpan data karena protokol HTTP bersifat stateless. Artinya setiap permintaan bersifat independen dan tidak terkait dengan permintaan sebelumnya. Akibatnya koneksi antar browser dan web server akan otomatis ditutup klien berakhir. Selain itu string kueri dikenal sebagai parameter kueri URL yang bisa digunakan untuk tujuan tertentu.

Baca Juga : Cara membuat Website Gratis Untuk Pemula ( Tanpa Coding)

Fragment Identifier (Pengidentifikasi Fragmen)

Fragment indetifier atau anchor biasanya muncul di akhir URL dan diawali dengan tanda pagar. Komponen ini bersifat opsional, berfungsi untuk mengarahkan web browser ke resource sekunder. Anchor merujuk pada bagian tertentu dalam halaman web.

Didalam HTML, Browser akan langsung menju bagian tertentu yang diberi tag dengan fragmen. Misalnya kalau URL adalah

https://example.com/results.html#intro

Rangkuman Penjelasan Perbedaan Dari URI , URN Dan URL

Berikut ini adalah rangkuman perbedaan dari ketiganya yang harus kamu ketahui :

URI URN URL
Pengidentifikasi Sumber Daya Seragam Nama Sumber Daya Seragam Pencari Sumber Daya Seragam
Identifikasi Sumber Daya Identifikasi Sumber Daya Identifikasi Dan Temukan Sumber Daya 
Semua URL dan URN adalah URI Semua URN adalah URI.

Tidak semua URI adalah URN.

URN bukan URL.

SEMUA URL adalah URI. Tidak Semua URI adalah URI.
URL bukan URN.
Dapat Menggunakan Skema apa pun

(http, https, file, dll)

Gunakan skema URN Skema menentukan protokol untuk mengakses sumber daya
Anda dapat membuat URI Anda sendiri meskipun disarankan menggunakan nama domain terdaftar URN biasanya ditugaskan oleh organisasi standar tertentu Anda dapat membuat URL Anda sendiri. Asalkan Anda mengontrol nama domainnya

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa saja perbedaanya URI, URN dan URL. Penting memahami perbedaan dari ketiganya khusunya untuk anda yang memiliki sebuah website. Semoga dengan artikel yang sudah kami jelaskan diatas, Dapat memberikan kemudahan kepada anda dalam mengetahui penjelasan serta perbedaan dari ketiganya.

Mau Beli Pelatihan ? PESAN Sekarang

Mau UPGRADE skill ? Segera beli pelatihan yang kamu inginkan. Dan Dapatkan PROMO menarik setiap harinya di ITBox. 

" SEGERA UPGRADE Skillmu Untuk Tingkatkan KARIR Impianmu "

LIHAT PRODUK
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan

React Native Adalah : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category