Web Developer Adalah : Pengertian, Jenis dan Gajinya

Web Developer Adalah : Pengertian, Jenis dan Gajinya

Web Developer Adalah : Pengertian, Jenis dan Gajinya – Bagi Anda yang mau jadi web developer harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian, jenis, gaji dan bahkan skill yang harus dimiliki. Menjadi seorang pengembang tentu bukan hal yang mudah karena membutuhkan skill yang cukup banyak. Anda juga akan memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup sulit untuk membuat website yang baik.

Di dalam dunia bisnis, jadi seorang pengembang sangat diminati karena bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Dibalik semua itu, tentu saja ada usaha yang keras untuk bisa jadi seorang pengembang profesional. Nah, sebelum mengetahui lebih jelas mengenai jenis, gaji dan skill yang dibutuhkan oleh seorang pengembang, sebaiknya Anda simak dahulu pengertiannya di bawah ini.

Apa Itu Web Developer ? Web Developer Adalah

Web developer adalah pengembang web yang bertugas merancang, membuat dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi, dapat diartikan bahwa pengembang web ini merupakan seseorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Sebagian besar dari pengembang web dipekerjakan oleh sebuah perusahaan khusus untuk pengembangan perangkat lunak, TI maupun konsultasi komputer. Biasanya beberapa pengembang web juga bekerja sebagai freelancer sehingga tidak terikat dengan sebuah perusahaan tertentu, namun terikat dengan kliennya. Seorang pengembang web biasanya harus menciptakan aplikasi dan juga layanan web yang efisien dan juga konsisten.

Pengembang web harus berusaha memberikan dan juga memenuhi kebutuhan klien mereka dengan baik. Secara umum, pekerjaan dan tugas dari seorang pengembang web dibagi menjadi 3 jenis dan masing-masing mempunyai tugas yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis dan Tugasnya

Jenis web developer dan tugasnya masing-masing adalah :

A. Front End Web Developer Adalah

Front End Web Developer Adalah

Front end developer merupakan jenis pengembang web yang bertugas untuk mendesain dan membangun antarmuka web. Jenis pengembang web yang satu ini juga memiliki tanggung jawab untuk membangun bagian interface pada sisi user. Seorang front end developer wajib menguasai sejumlah bahasa pemrograman dengan baik.

Baca Juga : Belajar Coding & Tips Cara Belajarnya Untuk Pemula

Ada sejumlah keahlian yang harus dimiliki oleh seorang front end developer, seperti :

1. HTML

HTML atau Hypertext Markup Language merupakan bahasa markup yang memiliki fungsi untuk membangun dan menyusun struktur pada website. ini adalah level paling bawah dari teknologi front end dan juga fungsinya untuk dasar styling. Anda bisa belajar HTML terlebih dahulu untuk bisa jadi seorang front end developer.

2. CSS

CSS atau Cascading Style Sheets merupakan pelengkap dari HTML dan biasanya jadi dasar styling sehingga Framework CSS yang akan menyempurnakan layout ataupun tampilan pada website.

3. Javascript

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang wajib dikuasai oleh semua pengembang web. Javasript biasanya memiliki fungsi lebih interaktif. Nah, HTML, CSS dan juga Javascript memiliki hubungan satu dengan lainnya. HTML adalah rangka, CCS sebagai antarmuka dan didukung dengan Javascript sebagai fungsionalitasnya.

B. Back End Web Developer

Back end developer merupakan jenis web developer yang memiliki tugas untuk mengelola bagian dalam website, seperti aplikasi, server dan database. Biasanya seorang backend developer akan bertugas melakukan perhitungan, penyimpanan data pengguna, memproses form pendaftaran dan yang lainnya.

Back End Web Developer

Ada sejumlah keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang backend developer, seperti :

1. PHP

PHP atau Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer. Umumnya, PHP digunakan sebagai bahasa pemrograman backend yang dipakai sekitar 82,3% website yang memakai teknologi backend.

2. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang bisa melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna dengan langsung dan metodenya orientasi objek. Belajar Python kerap dijadikan sebagai bahasa pemrograman backend di sejumlah negara dan sekarang Indonesia juga sudah mulai memakai Phyton sebagai backend.

3. NodeJS

NodeJS merupakan perangkat lunak yang didesain khusus untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis web dari backend. ini adalah dasar dari Javascript jadi untuk syntax sama saja dengan Javascript. Sebelum ada NodeJS, Javascript dipercaya dipakai untuk Fronted saja.

4. SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan sekumpulan perintah khusus yang dipakai untuk mengakses data di database relasional. Ini juga jadi salah satu teknologi penyimpanan data yang sangat populer saat ini.

6. Full Stack Developer

Full stack developer merupakan jenis web developer yang memiliki tugas membuat sisi luas dan dalam pada website. Biasanya fullstack developer wajib menguasai fronted dan backend juga. Jadi seorang fullstack bukan hal yang sulit karena dengan adanya NodeJS, pekerjaan fullstack akan lebih dipermudah lagi.

Berapa Besaran Gaji Web Developer?

Pasti banyak masyarakat yang penasaran dengan besaran gaji web developer yang didapatkan. Secara umum gaji pengembang web berbeda-beda sesuai dengan posisi, perusahaan dan juga lokasi tempat mereka bekerja. Nah, rata-rata besaran gaji pengembang web di Amerika adalah $63,256 per tahunnya atau sekitar $5,2711 per bulannya.

Bisa disimpulkan bahwa besaran gaji pengembang web di Amerika per jamnya adalah $32. Jika dirupiahkan dengan kurs 14000/$ adalah Rp. 448.000 per jam. Sedangkan gaji pengembang web di Indonesia rata-rata dibayar sekitar 5 hingga 12 juta per bulannya. Hal ini tergantung dengan posisi dan perusahaan tempat bekerja.

Sehingga bisa saja gaji yang didapatkan lebih besar atau lebih kecil dari rentang rata-rata gaji tersebut.

Skill yang Wajib Dimiliki

Skill yang wajib dimiliki oleh seorang pengembang web diantaranya :

1. Mempunyai Kemampuan HTML, CSS dan JavaScript

Skill pengembang web yang wajib dimiliki adalah harus menguasai bahasa markup, seperti CCS dan juga JavaScript. Hal ini adalah pondasi utama dan sangat penting dalam membuat website. Beruntungnya, HTML, CSS dan Javascript merupakan jenis bahasa markup yang sangat mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

2. Mengetahui Cara Membuat Desain Mobile-Friendly

Seorang web developer juga minimal harus tahu cara membuat desain mobile-friendly. Salah satu indikator bahwa website berkualitas atau tidak adalah dapat dilihat dari desainnya. Jika desain website tersebut tidak mobile-friendly, maka kemungkinan besar performanya cukup buruk dan merusak user experience.

Itulah sebabnya seorang pengembang web wajib tahu cara membuat website mobile-friendly sehingga website tersebut bisa tampil lebih oke di berbagai device.

3. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengembang web harus mengusai sejumlah bahasa pemrograman, seperti Phyton, SQL, JavaScript dan yang lainnya. Tidak harus semua bahasa pemrograman Anda kuasai, namun setidaknya beberapa saja sudah cukup dikuasai.

4. Dapat Menggunakan Berbagai Tools Web Developer

Terdapat banyak tools yang pengembang web butuhkan untuk mengeksekusi bahasa pemrograman maupun memudahkan kinerjanya. Contohnya adalah Github dan pengembang web membutuhkan

website penyimpanan dan juga pengelola kode ini supaya kolaborasi pengerjaan projectnya semakin mudah.

5. Paham Tentang SEO

Skill yang terakhir adalah setidaknya seorang pengembang web harus paham tentang SEO. Sesuai dengan penjelasan apa itu web developer yaitu membuat dan memelihara website sehingga mereka juga wajib mempelajari SEO.

Sekian beberapa informasi mengenai pengertian, jenis, besaran gaji dan skill-skill yang dimiliki oleh web developer.

Kamu Mau Jadi Web Developer ?

Kamu bisa menjadi web developer dengan cara mengikuti pelatihan yang telah disediakan oleh ITBox. Dimana kamu bisa mengikuti kursus Full Stack Developer Disini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda, Update berita IT terbaru hanya di ITBox.

Mau Beli Pelatihan ? PESAN Sekarang

Mau UPGRADE skill ? Segera beli pelatihan yang kamu inginkan. Dan Dapatkan PROMO menarik setiap harinya di ITBox. 

" SEGERA UPGRADE Skillmu Untuk Tingkatkan KARIR Impianmu "

LIHAT PRODUK
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan

React Native Adalah : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category