Domain Adalah : Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsinya

Domain Adalah : Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsinya

Domain Adalah : Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsinya – Bagi orang awam, mungkin kata Domain masih terkadang menjadi pertanyaan, dan masih belum mengetahui apa pengertian dan fungsi asli dari Domein itu tersendiri. Menurut pengertiannya, arti dari Domain dalam bahasa Inggris adalah sebuah teritori, atau wilayah, namun dalam hal ini, yang diartikan dari Domain adalah sebuah nama yang digunakan dalam internet.

Secara singkat, Domain adalah sebuah nama, atau terkadang beberapa kata yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah wilayah administratif, bisa sebuah Negara, namun bisa juga digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah nama komersil, atau secara otonomi digunakan oleh individual, atau group untuk menamai website mereka di internet.

Panduan Domain Adalah ? Pengertian & Fungsinya

Nah, pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Domain serta pengertiannya, apa fungsi dari Domain, serta bagaimana caranya untuk memilih domain yang digunakan untuk komersil atau website pribadi. Jika Anda penasaran dan ingin belajar lebih banyak lagi mengenai apa itu Domain serta fungsinya untuk develop website, ikuti artikel kami di bawah ini.

Apa Itu Domain ? Domain Adalah

Apa Itu Domain

Domain adalah suatu fitur, atau nama belakang suatu website, yang digunakan untuk menandai suatu wilayah administratif seperti Negara, atau digunakan untuk membedakan website komersil, atau bisa juga digunakan untuk membedakan serta lebih mudah mengenali alamat IP fisik dari internet.

Sebagai contoh, nama unik Domain ini bisa ditemukan sebagai contoh pada alamat email, seperti nama domain setelah tanda @, semisalkan, [email protected] dimana ui dibelakang @ ini adalah sebuah domain yang melambangkan untuk alamat email, serta wilayah dari suatu alamat IP tersebut.

Jadi secara singkatnya Domain adalah nama pada akhiran website, yang digunakan untuk sebagai ekstensi pada akhiran alamat website, sebagai contoh seperti: .com, .co.id. .govt, dan lain sebagainya. Ekstensi pada akhir URL ini digunakan sebagai identitas suatu web server yang ada pada website tersebut, digunakan agar lebih mudah diakses, lebih cepat, dan lebih mudah untuk mengidentifikasikan alamat IP.

Jika website tidak menggunakan nama Domain, maka hal yang terjadi adalah selain Anda harus mengetikan URL yang panjang, tapi Anda juga harus memasukkan IP addressnya langsung ke dalam kolom pencarian atau kolom alamat browser. Hal ini sangat tidak praktis, sehingga sekarang semua website wajib menggunakan domain pada akhir URL mereka.

Kegunaan serta Fungsi dari Domain

Setelah mengetahui pengertian dari Domain, Disini kami akan menjelaskan kegunaan serta fungsi dari domain. Selain digunakan untuk meringkas nama dan alamat IP website, juga domain digunakan untuk lebih mudah mengidentifikasikan alamat IP pada website.

Setiap website yang ada di internet memiliki alamat fisiknya, atau alamat ini disebut juga sebagai alamat IP.

Domain diciptakan untuk mempersingkat, serta mempermudah kita untuk memahami setiap alamat IP address yang ada, meringkas, dan menggantikan nama alamat URL, menjadikan nama domain yang lebih singkat, padat, dan mudah dihafalkan. Inilah fungsi utama dari domain itu tersendiri.

Apa Bedanya Domain dengan URL?

Sedaritadi kami telah menyebutkan beberapa istilah, seperti Domain dan URL. Domain adalah nama tingkat atas dalam sistemnya di Internet. Tersedia ribuan TLD yang bisa Anda gunakan, dan yang paling populer antara lain adalah .com, .org, .net, dan .edu.

URL atau Uniform Resource Locator merupakan pengidentifikasi yang hanya menunjukan lokasi halaman dari web. URL merujuk pada alamat web dan kemungkinan aksesnya seperti HTTP, FTP dan mailto.

Baca Juga : Perbedaan URI, URN Dan URL Serta Penjelasan Syntaxnya

Meski keduanya mirip , tapi URL merupakan alamat yang lengkap, sedangkan domain adalah satu bagian dari URL.

Nah, bagaimana URL itu terbentuk? URL terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Protocol, domain, dan path atau jalur. Protokol website adalah sebuah sertifikat SSL (Secure Socket Layer) sebuah protocol keamanan dan data enkripsi yang wajib digunakan semua website. Domain, seperti yang sudah kami

jelaskan kegunaannya diatas, dan path adalah link yang mengarahkan pengunjung ke halaman situs tertentu.

Cara Mendaftarkan Domain Website, dan Membelinya

Cara Mendaftarkan Domain Website

Domain berfungsi untuk menyingkat alat website Anda. Anda terlihat lebih profesional apabila menggunakan Domain. Selain itu domain bisa digunakan sebagai alat memasarkan, dan membuat website kita jadih lebih terpercaya. Dengan cara membeli dan menyewa domain yang bisa anda gunakan.

Ada beberapa cara dalam melakukannya, Platform menyediakan pembelian domain serta menyediakan beberapa paket yang tersedia. Anda bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan, seperti bulanan hingga tahunan.

Dalam membeli nama domain website, anda harus mengecek ketersediaan dari domain tersebut. Anda bisa mengeceknya di beberapa platform yang menyediakankan. Setelah itu Anda bisa pilih paket yang Anda inginkan, mulai dari paket pertahunnya, atau per bulan dengan biaya yang tertera.

Domain harus memiliki perysyarat jika ingin membeli domain dari platform penyedia, Pastinya anda juga harus mengikuti  aturan yang ada. Beberapa aturan diantaranya dengan menggunakan kode authentication, informasi kepemilikan, serta memiliki jangka waktu tertentu.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category