Rebranding Adalah: Manfaat & Strategi yang Efektif

Rebranding Adalah: Manfaat & Strategi yang Efektif

Rebranding Adalah: Manfaat & Strategi yang Efektif – Trend dunia terus mengalami perubahan dan bagi perusahaan tentu akan merasa kesulitan dalam mempertahankan citra mereknya. Salah satu pilihan yang sering diabaikan namun berdampak pada tampilan merk terlihat update dan segar adalah rebranding yang merupakan sebuah kunci dalam menjaga supaya perusahaan bisa ada di puncak industri.

Apa itu Rebranding ? Rebranding Adalah

Rebranding Adalah: Manfaat & Strategi yang Efektif

Rebranding adalah sebuah proses untuk mengubah citra perusahaan dan ini adalah strategi pasar dengan memberikan perubahan desain, simbol, dan merk. Ide di balik perubahan citra tadi guna menciptakan suatu identitas berbeda pada merk serta pesaingnya di pasar.

Terdapat beberapa alasan kenapa suatu perusahaan melakukan yang namanya perubahan citra. Salah satu hal yang menjadi faktor utamanya yaitu terhubung dengan pelanggan. Perubahan citra bagus untuk usaha namun di saat yang bersamaan bisa sangat beresiko karena ada kemungkinan konsumen tidak akan menyukai merek baru.

Terdapat dua jenis rebranding yaitu proactive serta reactive. Untuk proaktif dilakukan pada saat perusahaan menyadari ketika terdapat peluang untuk tumbuh, berinovasi, masuk dalam bisnis maupun pelanggan baru, dan terhubung lagi dengan penggunanya.

Baca Juga : Digital Marketer Adalah: Funnel Digital Marketing, Tahapan dan Tipsnya

Untuk jenis reaktif umumnya dilakukan pada situasi dimana merek yang telah ada tidak dapat diubah maupun dilanjutkan. Alasan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya pada saat merger & akuisisi, publisitas negatif, masalah hukum, tujuan mengalahkan persaingan, dan membuat ceruk pada pasar kalian sendiri.

Fungsi Branding Untuk Bisnis Adalah

1. Terhubung dengan audiens baru

Keuntungan paling besar dalam penyegaran tampilan serta nuansa mereka adalah kemampuannya dalam menjangkau pelanggan baru. Ketika kalian berfokus ke aspek baru usaha serta mempromosikannya dengan baik tentu orang akan memperhatikannya.

Penyegaran tampilan akan menawarkan stimulasi yang diperlukan usaha kalian supaya menciptakan sebuah pertumbuhan baru pada pasar yang terus mengalami perkembangan.

2. Membedakan diri dari pesaing

Ketika kalian mengembangkan usaha maka kemampuan yang dimiliki akan bersaing secara langsung dengan para pesaing pada industri yang sama. Perubahan merek menjadi salah satu cara efektif guna membedakan antara penawaran serta pendekatan perusahaan kalian.

Membedakan merek yang dimiliki tentu saja membuat para calon klien beranggapan bahwa layanan yang dimiliki unik serta kalian adalah ahlinya. Lakukan penyegaran citra agar nantinya perusahaan kalian mempunyai nuansa, tampilan, dan suara guna membangun usaha bergerak menjadi pemimpin industri.

3. Tetap up to date

Pembaruan citra mempunyai satu tujuan sederhana yaitu menjaga brand kalian tetap up to date. Tren desain ini memainkan sebuah peran utama mengenai bagaimana pelanggan potensial maupun saat ini memandang perusahaan kalian dan seluruh yang ditawarkan.

Memastikan bahwa penampilan yang dimiliki selalu terbaru tentu menunjukkan ke pelanggan bahwa kalian memperhatikan tren pada industri yang ada.

4.Mencerminkan tujuan, nilai baru, penawaran, dan produk

Tentunya akan sulit menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai perusahaan kalian yang telah berkembang jika merk yang kalian usung tidak mencerminkannya. Saat kalian berkembang dengan menawarkan produk baru maka ikut sertakan juga pada peningkatan pada berbagai layanan yang ditawarkan.

5.Meningkatkan keuntungan

Manfaat penyegaran citra tidak hanya berpengaruh pada strategi masuk secara keseluruhan akan tetapi membuat perusahaan menjadi lebih diuntungkan.

Cara untuk meningkatkan keuntungan seperti menjangkau calon konsumen baru, menunjukkan keahlian, menonjol dari pesaing serta memperluas pengaruh pada layanan dan produk kalian.

Baca Juga : Marketing Funnel Adalah: Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis

Strategi Rebranding Efektif Adalah

1.Alasan usaha yang tepat

Masing-masing strategi rebranding tentu saja harus dimulai dengan yang namanya pemahaman menyeluruh mengenai alasan usaha dibalik pembaruan citra tersebut.

Hal tersebut apakah didorong soal kebutuhan guna mempercepat pertumbuhan? Apakah usaha kalian perlu melakukan persaingan dengan pesaing yang lebih mapan dan lebih besar?

Beberapa kasus usaha ini tergolong mudah untuk dibuat seperti penggabungan antara dua perusahaan ataupun semacam memperbesar citra kalian.

Untuk kalian yang merasa tidak jelas perihal alasan usaha yang mendorong upaya tadi maka kalian beresiko melakukan pembuangan banyak sumber daya.

2.Riset perusahaan serta klien sasaran

Ketika kalian sudah jelas mengetahui kasus mengenai usaha untuk pembaruan citra maka langkah selanjutnya yaitu melakukan penelitian independen untuk perusahaan serta klien kalian.

Ketika kalian berusaha untuk melakukan perpindahan ke pasar baru maka penelitian tadi harus menyertakan mengenai target baru kalian. Tujuannya supaya kalian mempunyai pemahaman objektif mengenai persepsi serta kompetensi merk kalian.

Tanpa melakukan penelitian tersebut kalian akan beroperasi melalui perspektif internal saja. Tentunya penelitian harus berorientasi mengenai pembeli serta penjual jasa profesional dan ini menunjukkan bahwa hampir seluruh perusahaan mempunyai titik buta serta mengubah bagaimana cara pasar dalam memandang kalian.

3. Pergunakan positioning dan messaging dalam memenangkan strategi merek

Penentuan posisi pasar bisa mendorong banyak keputusan namun tidak bisa dilakukan sembarangan. Tentunya kalian harus menyeimbangkan antara kalian sebagai perusahaan dan pribadi dan kalian harus bisa mendukung positioning atau nantinya merk kalian akan kosong.

4. Bangun identitas merek

Kalian akan mengembangkan elemen visual yang nantinya akan mengkomunikasikan perihal merk kalian. Coba pikirkan mengenai nama perusahaan, alat tulis, desain kartu nama, tagline, dan lainnya.

Elemen tersebut sering dipergunakan sebagai parameter guna memastikan merk kalian diterapkan dengan konsisten pada seluruh materi pemasaran kalian.

5.Bangun website serta tingkatkan visibilitas online

Situs web berguna sebagai alat komunikasi serta pengembangan usaha yang tergolong paling penting. tempat tersebut berguna sebagai tempat calon klien maupun karyawan mempelajari perihal perusahaan dengan lebih lanjut.

Maka buatlah situs kalian dengan strategi yang benar dan pembangunan pada arsitektur per pesanan yang kalian miliki.

Sebenarnya selain informasi di atas ada strategi lain yang bisa kalian lakukan. Perlu diingat bahwa ketika melakukan rebranding jangan dilakukan dengan terburu-buru agar manfaat rebranding bisa kalian dapatkan secara maksimal.

Contoh Rebranding Berhasil

Tentunya kalian butuh suatu nyata dari strategi pembaruan citra ini dan salah satu contoh brand yang berhasil menerapkannya yaitu Apple. Saat pertengahan tahun 90-an pada saat Microsoft menguasai industri pada perangkat lunak dan membuat Apple nyaris tidak bisa bertahan?

Namun Apple bisa berhasil seperti saat ini dimulai saat tahun 1998 dimana Steve Jobs melakukan perubahan merek dengan memperkenalkan iMac. Steve Jobs juga membiarkan kalian memilih warna sendiri dengan sentuhan pribadi serta menyediakan monitor dan PC menjadi sebuah unit all-in-one yang tentunya masuk akal.

Perubahan lain pada logonya yang mengalami penyesuaian pada produk baru yang diusung. Tampilan Pelangi dan memberikan tampilan mengkilap serta berkaca. Tagline terbarunya yaitu “Think different”. Perusahaan ini terus melakukan inovasi produk seperti merilis iPod, iPhone beserta iPad bahkan telah menjadi merek paling populer sampai saat ini.

Itulah informasi seputar rebranding yang perlu kalian ketahui. Saat melakukan pembaruan citra tentu banyak hal yang harus menjadi bahan pertimbangan seperti mempelajari kemungkinan keberhasilan dan kegagalan. Itu perlu dipertimbangkan agar nantinya dapat membuat keputusan cerdas supaya tidak mendapatkan hasil yang sia-sia.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja Hingga Jenisnya!

Hyperlink Adalah : Pengertian , Jenis & Beserta Fungsinya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category