Digital Marketing Adalah : Definisi , Jenis & Penjelasannya – Di jaman dengan kecanggihan teknologi yang beragam seperti saat ini, sudah pasti Anda menyadari seberapa pentingnya menguasai digital marketing atau pemasaran melalui digital. Dunia digital saat ini menjadi salah satu pangsa pasar di mana Anda bisa mempromosikan bisnis Anda.
Era globalisasi seperti sekarang tentu berbeda dengan masa lampau. Jika di masa lalu Anda berbisnis secara door to door dalam memasarkan produk, untuk saat ini Anda hanya perlu duduk manis dan promosi melalui koneksi internet. Dengan kata lain, digital marketing mampu menggantikan strategi uang tersebut dan menjadi yang paling efektif saat ini.
Untuk dapat menguasai dengan baik, sudah tentu Anda harus mengerti serta mempelajari dan mengaplikasikannya secara langsung. Berikut ulasan selengkapnya pembahasan tentang pengertian digital marketing.
Daftar Isi Artikel
ToggleDigital Marketing Adalah ? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya
Pengertian Digital Marketing Berdasarkan Penuturan Beberapa Ahli

Pengertian digital marketing berbeda-beda di antara beberapa ahli. Meskipun berbeda, namun tentu memiliki artian yang sama secara harfiah. Berikut beberapa di antaranya yang sudah dirangkum khusus untuk Anda.
1.    Menurut Burrow dan Kleindl.
Pengertian yang pertama yaitu oleh Burrow dan Kleindl. Menurut pendapat kedua ahli ini, digital marketing adalah proses yang berlangsung antara produsen dan konsumen, di mana terjadi sebuah proses pemeliharaan yang saling menguntungkan satu sama lain.
2.    Menurut Dave Chaffey.
Secara harfiah, Dave Chaffey hanya memperingkas definisi yang dikemukakan oleh Burrow dan Kleindl. Menurut penuturannya, digital marketing merupakan proses penerapan akan teknologi digital ( mencakup website, jejaring sosial, TV dan lain-lain) yang memberikan pengaruh besar dalam kegiatan atau proses pemasaran.
Secara tidak langsung, tujuan dari adanya digital marketing adalah guna mendapatkan keuntungan. Di mana nantinya keuntungan tersebut Sebagian akan digunakan untuk membangun serta meningkatkan kerja sama dan keharmonisan dengan pelanggan.
3.    Menurut Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya.
Josua Tarigan dan Ridwan Sanjaya mengemukakan bahwa digital marketing adalah bentuk sebuah kegiatan pemasaran atau dapat disebut branding dengan menggunakan berbagai macam media yang tersedia saat ini.
Adwords, email, website, blog, SMS serta berbagai jaringan sosial lainnya merupakan contoh dari beberapa jenis media yang dapat digunakan untuk pemasaran. Dengan semakin banyaknya jalur jaringan media sosial belakangan ini, tentu pemasaran menjadi mudah.
4.    Menurut Heidrick dan Struggles
Definisi digital marketing menurut kedua ahli ini hampir serupa dengan ahli sebelumnya. Menurut kedua ahli ini, digital marketing ini merupakan salah satu contoh bentuk strategi pemasaran yang dinilai memiliki pengaruh atau efek yang lumayan besar.
Secara tidak langsung definisi dari apa itu digital marketing adalah kegiatan promosi atau pun pemasaran melalui perantara digital melalui internet atau jaringan. Seperti yang Anda ketahui, segala macam proses baik informasi, komunikasi serta transaksi lebih cepat melalui jaringan internet.
Beberapa Jenis Strategi Termudah
Untuk menguasai digital marketing, tidak hanya dengan mengetahui pengertiannya saja, namun Anda harus terjun langsung supaya mahir. Untuk tahu lebih lanjut mengenai digital marketing, Anda harus memahami strategi-strategi apa yang digunakan di dalamnya.
Seperti yang sudah Anda ketahui dari definisi tersebut di atas, penggunaan media saluran komunikasi selalu menjadi media yang digunakan dalam pemasaran melalui digital marketing. Dan juga media tersebut tentu sering Anda jumpai setiap harinya.
Berikut di bawah ini ada beberapa jenis strategi yang bisa Anda pelajari serta pergunakan. Pemilihan strategi bisa dilakukan sesuai dengan keinginan atau pilihan tergantung media apa yang akan Anda gunakan nantinya.
1.  Search Engine Marketing
Strategi digital marketing ini mengandalkan mesin pencarian otomatis. Tanpa Anda sadari Sebagian dari Anda tentu mencari berbagai hal melalui mesin pencari otomatis. Nah, pada strategi ini terdapat 2 pilihan, yaitu:
- Search Engine Optimization (SEO)
Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan cara melakukan optimasi pada konten digital marketing Anda agar konten digital Anda selalu muncul di awal pada mesin pencarian otomatis tanpa harus membayar iklan.
- Pay Per Click (PPC)
Berbeda dengan SEO yang tidak perlu membayar iklan, untuk strategi ini diperlukan biaya kepada penyedia iklan agar contoh digital marketing Anda selalu berada di hasil teratas. Biasanya biaya iklan tergantung berapa banyak click pada konten Anda.
2.  Affiliate/Influencer Marketing
Tentu Anda sudah bisa menebak salah satu jenis strategi marketing digital ini. Strategi marketing berikut melibatkan pihak lain atau pihak ketiga dalam proses pemasaran produk Anda. Terdapat 2 strategi marketing yang bisa Anda libatkan, seperti:
- Influencer Marketing
Dengan membayar jasa influencer sesuai kesepakatan, Anda dapat meminta influencer tersebut untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial miliknya. Dengan mengajak para pengikutnya di media sosial, tentu produk Anda akan semakin laku apalagi jika influencer tersebut memiliki banyak pengikut.
- Affiliate Marketing
Serupa dengan influencer marketing, affiliate marketing melibatkan mitra yang akan memasarkan produk Anda. Yang jadi pembeda adalah, komisi dibayarkan jika mitra Anda berhasil memasarkan produk Anda. Cakupan pasar strategi marketing ini lebih luas dibandingkan influencer marketing.
3.  Social Media Marketing
Ini merupakan bentuk strategi digital marketing yang marak digunakan saat ini. Caranya dengan mengoptimasi konten digital yang Anda miliki dengan menyisipkan iklan di media sosial. Hampir semua platform media sosial saat ini menyediakan ruang untuk promosi bisnis Anda.
4.  Email Marketing
Penggunaan Email juga dapat menjadi salah satu sarana untuk digital marketing. Anda dapat mengirimkan produk yang Anda miliki melalui email kepada subscriber atau pelanggan Anda.
Yang perlu Anda jadikan acuan bukan hanya sekedar mengirim email, melainkan bagaimana cara Anda mempromosikan produk Anda sehingga penerima email Anda tertarik akan produk yang Anda pasarkan.
Jika Anda mampu memberikan promosi yang menarik, tentu ini akan menarik minat subscriber atau pelanggan Anda secara keseluruhan. Selain itu, hal ini juga pasti akan mendongkrak nilai penjualan produk Anda tersebut.
5.  Viral Marketing
Saat ini konten viral menjadi highlight di dunia maya, tak terkecuali media sosial. Anda dapat menggunakan konten viral misalnya joget, lagu maupun public figure yang sedang pamor atau viral sebagai model produk Anda.
Secara tidak langsung promosi dengan konten viral ini akan menambah daya jual pada produk Anda. Tapi patut diingat konten viral hanya bertahan sesaat, maka Anda perlu memperbaharui konten promosi Anda dengan konten viral teranyar.
Dengan memahami definisi dan strategi digital marketing di atas, tentu Anda berminat untuk menjadi satu di antaranya karena gaji digital marketing yang terbilang lumayan. Tentu Anda menjadi salah satu yang tertarik bukan?
Bagi Anda yang berminat untuk mempelajari lebih lanjut mengenai segala sesuatu tentang digital marketing atau topik lainnya, Anda hanya perlu mengakses situs ITBOX. Terdapat beragam informasi IT menarik di dalamnya yang sayang untuk Anda lewatkan.


