Social Media Marketing Adalah : Definisi SMM dan Keuntunganya

January 3, 2023

Social Media Marketing Adalah : Definisi SMM dan Keuntunganya

Social Media Marketing Adalah : Definisi SEM dan Keuntunganya – Social media marketing menjadi teknik promosi yang banyak digunakan di era digital. Hal tersebut sesuai dengan perkembangan teknologi di mana masyarakat mulai menjualkan produknya secara online sehingga promosi juga harus dijalankan secara digital dalam meraup keuntungan jualan.

Teknik marketing secara digital dianggap lebih efisien dalam meraup banyak pelanggan. Pasalnya, kini hampir semua masyarakat telah beralih menggunakan layanan belanja digital sehingga mulai meninggalkan beberapa teknik konvensional.

Apa Itu Social Media Marketing ? Definisi SMM & Panduan Lengkapnya

Mengenal Social Media Marketing

Social media marketing adalah salah satu jenis promosi suatu produk atau jasa menggunakan social media. Media yang banyak digunakan seperti Twitter, Instagram, Facebook dan juga media lain yang popular. Terlebih di era digital ini semakin banyak jenis media yang disukai oleh orang dalam memasarkan produknya.

Pengertian apa itu social media marketing melalui social media ini juga dapat diartikan secara lebih luas yaitu pembuatan konten. Melalui konten-konten yang menarik ini nantinya dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap suatu produk. Masyarakat yang telah memiliki ketertarikan atau engaging yang tinggi terhadap suatu produk maka nantinya akan membagikan konten tersebut melalui social medianya.

Proses pembagian inilah yang dimanfaatkan melalui social media untuk semakin membuat produk Anda diketahui oleh banyak orang. Tak jarang melalui bantuan sharing informasi inilah suatu produk dapat terjual dengan cepat dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

Pentingnya Melakukan SMM Di Era Digital

Social Media Marketing Adalah

Era digital yang membuat segala sesuatu serba digital ini telah merubah budaya hidup masyarakat. Saat ini tercatat lebih dari 3,2 miliar orang telah menggunakan social media sehingga teknik promosi melalui social media menjadi teknik yang efektif karena dapat memberikan jangkauan lebih luas kepada masyarakat.

Baca Juga : Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

Selain jangkauan yang diberikan, ternyata menggunakan social media untuk melakukan promosi dapat membawa begitu banyak dampak baik bagi keberlangsungan suatu bisnis. Ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan dengan menggunakan teknik promosi ini, berikut uraiannya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama menggunakan social media marketing adalah dapat meningkatkan brand awareness. Hal ini menjadi penting karena akan membuat keberadaan brand Anda diakui oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui maka akan semakin banyak orang yang perhatian hingga penasaran.

Tak jarang hal tersebut akan membuat masyarakat melihat-lihat produk atau jasa yang ditawarkan. Hal inilah yang nantinya akan membuat penjualan produk meningkat dengan cepat. Mengingat media social menjadi platform yang digunakan oleh orang untuk menghabiskan waktu mereka.

2. Mendapatkan Feedback

Jika produk telah diakui keberadaannya maka nantinya akan membuat produk menjadi topik pembicaraan. Mereka akan saling membagikan produk yang Anda jual, melakukan komentar-komentar, hingga memberikan likes sebagai suatu feedback. Hal ini dapat digunakan sebagai masukan terkait bagaimana masyarakat berinteraksi dengan social media Anda.

Melalui kolom komentar Anda juga mendapatkan feedback atau masukan-masukan yang membangun untuk produk Anda. Biasanya masyarakat akan berkomentar terkait apa yang mereka sukai dan produk apa yang mereka inginkan. Berawal dari interaksi inilah nantinya Anda akan dapat membaca kebutuhan pasar untuk mengembangkan produk sesuai dengan permintaan.

3. Membaca Competitor

Social media tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan promosi saja melainkan Anda dapat mempelajari teknik yang digunakan oleh competitor. Pasalnya social media terbuka selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi. Anda bisa sesekali berkunjung ke social media competitor Anda untuk melihat bagaimana teknik yang mereka gunakan dalam memasarkan suatu produk.

Tidak hanya satu kompetitor yang bisa didapatkan namun sebanyak-banyaknya competitor bisa Anda cari tahu. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai teknik membangun bisnis impian yang menguntungkan. Selanjutnya Anda bisa melakukan koreksi terhadap social media marketing strategy yang telah digunakan selama ini.

Baca Juga : Landing Page Adalah: Pengertian Contoh dan Cara Membuatnya

4. Strategi Promosi Melalui Social Media Marketing

Setelah mempelajari bagaimana competitor Anda memasarkan produk unggulan mereka, Anda juga harus mengetahui terkait strategi-strategi yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Berikut merupakan teknik strategi yang bisa digunakan di era digital:

5. Riset Sebanyak-Banyaknya Terkait Selera Audiens

Strategi social media marketing pertama yang bisa digunakan dalam meningkatkan promosi adalah dengan mempelajari bagaimana selera audiens melalui contoh social media marketing. Hal ini sangat penting demi keberlangsungan bisnis. Mengetahui selera audiens maka dapat membantu Anda dalam menemukan produk yang cocok untuk mereka gunakan.

Tidak hanya dapat berpengaruh pada produk yang dijual, dengan mengetahui selera audiens Anda juga dapat melakukan promosi dengan tepat sehingga perlahan dapat menemukan jenis konten seperti apa yang cocok untuk dibuat dalam meningkatkan engagement audiens terhadap produk Anda.

Social Media Marketing Adalah

5. Tentukan Jenis Platform

Strategi selanjutnya yang harus dipersiapkan sejak awal dalam melakukan promosi adalah menentukan jenis platform yang akan digunakan. Platform dapat sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam melakukan promosi. Pasalnya setiap platform memiliki fitur masing-masing yang dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tak hanya itu, setiap platform biasanya juga akan memiliki audiens yang berbeda sehingga akan sangat menentukan jenis konten seperti apa yang perlu dibuat. Contohnya Instagram yang mana harus Anda buat dengan begitu menarik dan gaya kekinian ala kaum milenial.

6. Selalu Hasilkan Konten yang Menarik

Konten yang menarik akan sangat berpengaruh terhadap engagement yang didapatkan. Pasalnya, dengan konten yang menarik pelanggan akan menyukai dan tak lupa membagikan konten tersebut melalui akun social media mereka sehingga dapat mempengaruhi keputusan orang untuk segera melakukan pembelian produk.

Konten menarik lahir dari proses yang panjang dengan diawali riset. Lakukan riset mendalam mengenai karakter audiens Anda dan konten seperti apa yang mereka sukai. Contohnya jika audiens lebih menyukai konten berbentuk video atau hanya berbentuk gambar yang sederhana.

7. Jadwal Posting

Jadwal Anda melakukan posting di suatu social media juga akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan promosi melalui social media marketing. Hal ini dikenal dengan penggunaan algoritma suatu social media. Melalui jam aktif pengguna maka akan diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna yang dapat melihat konten Anda.

Lakukan riset terkait kapan waktu terbaik untuk melakukan postingan melalui Instagram. Misalkan saja pada saat pagi hari sedang bermacet-macetan, jam istirahat, hingga jam pulang kantor. Jangan memposting pada malam hari karena kebanyakan orang akan beristirahat dan tak lagi memperdulikan postingan-postingan di social media.

8. Evaluasi

Cara di atas tidak akan dapat memperoleh keberhasilan dalam satu kalai pencapaian. Mereka yang telah menemukan cara terbaik untuk memposting melalui social media tentu telah melewati serangkaian proses panjang dengan evaluasi di setiap tahapannya sehingga jangan sungkan untuk melakukan evaluasi dan bertanya terhadap orang sekitar mengenai konten yang telah Anda buat.

Ada begitu banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap social media marketing. Salah satunya adalah jumlah follower. Diharapkan semakin banyak follower yang Anda miliki maka akan dapat meningkatkan engagement postingan Anda sehingga lakukan promosi secara konsisten dan terstruktur untuk menghasilkan promosi menarik dan efektif.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill