Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia – Bagi Anda yang memiliki pekerjaan di bidang teknologi informasi tentunya pernah mendengar istilah oracle? Merupakan sebuah penyedia teknologi komputer yang didesain secara khusus untuk membantu mengembangkan serta menyebar luaskan sistem perangkat keras dan perangkat lunak khususnya dalam penerapan sistem manajemen database. Hingga saat ini, perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini dikenal sebagai produsen perangkat lunak paling besar ketiga dari jumlah penghasilan.

Oracle Adalah ?  Fungsi Dalam Database

Sejarah Oracle dan Fungsi yang Dimilikinya

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

Diketahui perusahaan ini berkantor pusat di Redwood City, California Amerika Serikat yang berdiri karena peran seorang Ellison yang mendapatkan ide dari sebuah makalah yang ditulis oleh Segar F.Codd di tahun 1970. Bahwa di dalam makalah tersebut tercatat dengan jelas mengenai sistem manajemen database relasional yang kemudian akhirnya berdirilah perusahaan secara resmi di tahun 1977 yang ada di bawah naungan Software Development Laboratories atau SDL. Lalu SDL terus berubah nama sebanyak beberapa kali, hingga akhirnya menggunakan nama oracle Corporation.

Di bawah ini adalah sejarah singkat perjalanan perusahaan ini yang bisa Kami bagikan untuk Anda.

  • Tahun 2004

Melakukan perilisan 10 grid yang kemudian diperbaharui kembali melalui versi databasenya, yang mana dalam server 10g diketahui memakai Java EE yang diklaim bisa membantu distribusi aplikasi web dengan teknologi server.

  • Awal tahun 2009

Merilis 4 edisi komersial dari versi database yang ada saat ini yaitu Personal Edition, Standard Edition, Express Edition dan Enterprise Edition.

Di tahun ini juga dirilis mesin untuk warehouse data dan melakukan proses transaksi online yang kemudian dikenal sebagai mesin paling cepat di dunia.

  • Pertengahan tahun 2009

Perusahaan ini mengalami sengketa dengan perusahaan. Google dengan tuduhan telah meniru kode Java yang sudah dimiliki oleh mereka tanpa lisensi resmi yaitu kode Java Solaris. Namun permasalahan ini berakhir dengan keputusan bahwa pihak Google terbukti tidak melakukan pencurian hak paten yang dituduhkan oleh perusahaan Oracle.

Secara sederhana, oracle yang memiliki nama lain Relation Database Management System’ atau RDBMS adalah sebuah database yang dipakai untuk membangun sebuah sistem yang memiliki ukuran yang lebih besar. Tercatat sistem ini juga memakai Structure Query Language atau SQL yang digunakan sebagai bahasa ketika dioperasikan.

Dari hal tersebut, bisa dipahami bahwa peran database oracle adalah untuk memungkinkan penggunanya saling bertukar data dengan pengguna lainnya yang sudah mendapatkan hak akses. Semua data yang tersimpan di dalamnya bisa dipakai dengan bebas sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Manfaat Oracle Adalah

Manfaat Oracle Adalah

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan dari oracle:

1. Multifungsi

Memberikan penawaran aneka ragam fungsi yang bisa dimanfaatkan sekaligus bisa memberikan kemudahan pada semua pekerjaan yang dilakukan

2. Melakukan identifikasi data dengan lebih mudah

Jika Anda menggunakan database dari Oracle maka memungkinkan untuk membuat semua jenis data bisa dikategorikan sesuai dengan spesifikasi data masing-masing dimana hal tersebut sangat efektif untuk pemilik data melakukan klasifikasi yang tujuannya adalah bisa dengan mudah mendapatkan data yang sudah terkelompokkan dengan baik. Pemilik data pun akan bisa dengan cepat menemukan data yang dibutuhkannya sehingga pekerjaan pun terselesaikan dengan baik.

3. Meminimalisir ketidak konsisten-an data

Keberadaan database ini akan membuat data yang dimiliki bisa disimpan dan terhindar dari penyimpanan data secara ganda. Karena jika terdapat data yang tersimpan secara ganda hal tersebut akan memberikan kesulitan tersendiri bagi pemilik data untuk melakukan pengelolaan dengan benar. Apalagi diketahui untuk membedakan data yang asli dan duplikat merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan, maka dari itu database ini berupaya untuk meminimalisir terjadinya duplikasi data.

4. Pengaturan akses data

Database ini juga memungkinkan pemilik untuk melakukan perubahan pada pengaturan akses data. Akses data bisa diatur untuk tak bisa diakses oleh sembarang orang untuk jenis data yang bersifat rahasia. Selain itu, data juga bisa dibagikan hanya pada mereka yang memiliki hak akses secara khusus pada data yang dimaksud.

5. Jaminan kualitas data

Semua data yang tersimpan di oracle database dijamin aman dan tersimpan dengan data yang terjaga kualitasnya. Bahkan meski Anda menyimpannya untuk jangka waktu panjang, semua data akan tersimpan dan tidak akan hilang serta bisa diakses kembali suatu waktu ketika pemilik membutuhkannya. Begitu juga dengan kualitas data yang tersimpan, tak akan mengalami perubahan apapun meski disimpan dalam jangka waktu lama.

6. Penyimpanan yang efisien tempat

Sekarang Anda tak perlu lagi melakukan penyimpanan data di rak dalam bentuk tumpukan kertas sehingga membutuhkan ruang secara khusus. Kini penyimpanan data dilakukan secara digital sehingga bisa lebih efisien ruang dan waktu ketika Anda membutuhkannya suatu waktu nanti.

Itulah beberapa manfaat atau kegunaan yang dimiliki oleh Oracle serta penjelasan singkat tentang apa itu oracle. Database ini membuat rancangan, melakukan produksi dan menjual aneka produk perangkat lunak serta perangkat keras, sekaligus memberikan tawaran untuk layanan lainnya yang bisa memberikan sejumlah lainnya yang bisa membuatnya bekerja secara sempurna.

Database Oracle yang Dikembangkan Oracle Corporation

Diketahui oracle Corporation sudah melakukan akuisisi dan mengembangkan teknologi yang menerapkan basis data tambahan meliputi:

  • Oracle DB

    sebuah sistem yang memiliki basis data yang terhubung dan berjalan di platform OpenVMS.

  • Berkeley DB

    merupakan sebuah sistem yang memberikan pemrosesan basis data yang tertanam

  • Times Ten

    adalah sebuah sistem yang memberikan penawaran operasi basis data yang tersimpan di dalam memori penyimpanan

  • MySQL

    yaitu sebuah sistem manajemen basis data yang terhubung dan memiliki lisensi dengan General Public License

  • Oracle Essbase

    merupakan sebuah sistem database yang melanjutkan tradisi yang sudah ada dari manajemen basis data aneka dimensi dari Hyperion Essbase

  • Oracle NoSQL Database

    berupa sebuah basis data NoSQL yang dilakukan pengukuran dengan nilai kunci yang sebelumnya sudah didistribusikan

  • Oracle Secure Enterprise Search

    adalah sebuah produk pencarian yang memiliki kemampuan untuk membantu melakukan pencarian sejumlah konten pada lokasi tertentu, termasuk di antaranya di situs website, server berkas, berkas XML, sumber daya perusahaan dan lain sebagainya.

  • Oracle Beehive

    yaitu sebuah perangkat lunak yang memiliki lisensi resmi sebagai sebuah software atau layanan yang menyediakan ruang kerja tim diantaranya kalender tim, berbagi berkas, Wiki, per pesanan instan dan lain sebagainya hanya dengan menggunakan satu platform saja.

Diketahui oracle Indonesia ini juga menjual sejumlah aplikasi bisnis seperti misalnya perangkat lunak untuk mengoperasikan aneka ragam fungsi perusahaan sehubungan dengan bidang keuangan, manajemen hubungan dengan klien, perencanaan sumber daya perusahaan, produksi dan sistem manajemen sumber daya manusia. Itulah beberapa pengertian, fungsi dan database dari oracle yang bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja Hingga Jenisnya!

Hyperlink Adalah : Pengertian , Jenis & Beserta Fungsinya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category