PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik – Setiap sistem tentunya membutuhkan database untuk mengolah data sehingga dalam memilih manajemen database sangatlah penting. Kamu bisa menggunakan database powerful seperti PostgreSQL karena memiliki berbagai fitur canggih sehingga dapat membantu mengoperasikan sistem dengan baik.

PostgreSQL Adalah ? Layanan Database Terbaik Yang Bisa Anda Gunakan

Biasanya orang-orang yang mempunyai website dengan traffic tinggi dan data banyak butuh database yang mumpuni, salah satunya adalah PostgreSQL. Mungkin banyak yang belum tahu apa itu PostgreSQL sehingga pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal tentang database ini.

Apa Itu PostgreSQL?

Seperti halnya sistem pada umumnya, website juga mempunyai berbagai data penting sehingga website tersebut bisa diakses dengan baik. Caranya yaitu memilih manajemen database yang tepat, apalagi untuk website yang trafiknya tinggi.

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

Manajemen database postgreSQL menjadi alternatif terbaik untuk mengelola data dalam skala besar. PostgreSQL adalah RDBMS bersifat open source yang mempunyai kelebihan di fleksibilitas serta standar teknis layanan website. Jadi lengan ini bisa digunakan gratis oleh siapa pun dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, baik untuk tujuan pribadi, akademis maupun tujuan komersial.

Bisa dikatakan bahwa ini menjadi sistem manajemen database terbaik yang bisa diandalkan berbagai pihak karena memiliki performa stabil fitur banyak, dan mudah digunakan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Penggunaan database yang satu ini juga cukup beragam, misalnya untuk aplikasi mobile, website aplikasi, maupun aplikasi analisis data. Bahkan berbagai aplikasi yang membutuhkan pengelolaan data kompleks pun cocok menggunakan manajemen database PostgreSQL.

Selain itu, bahasa pemrograman yang dapat bekerja pada database ini pun cukup banyak dan mencakup hampir semua bahasa pemrograman yang populer seperti Java, Python, JavaScript, PHP, Tcl, dan lain-lain.

Cara Kerja Manajemen Database PostgreSQL Adalah

Cara Kerja Manajemen Database PostgreSQL Adalah

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya akan dibahas terkait dengan cara kerja PostgreSQL. Terkait dengan cara kerjanya sebenarnya sangat mudah dipahami di mana sistem database ini nantinya dapat menangani beban kerja yang ada di sebuah layanan aplikasi atau website.

Dengan begitu maka aplikasi atau website tersebut bisa diakses oleh banyak pengguna di saat bersamaan tanpa mengurangi kecepatan loading.

Manajemen database ini pun dapat menerapkan konsep server dan client di mana server berperan sebagai pengelola, menerima user yang mengakses aplikasi, dan lain-lain. Sedangkan proses client di database ini yaitu guna mengakses database di server untuk bisa menampilkan halaman web.

Perlu diketahui bahwa sistem database ini pun mempunyai berbagai fitur database yang paling sering dipakai di era digital saat ini seperti Trigger, Query, Integritas Transaksional, Foreign Key, Index, dan Kontrol Konsekuensi.

Fungsi dan Kegunaan PostgreSQL

Fungsi utama dari manajemen database ini yaitu sebagai tempat menyimpan dan mengelola dengan query atau perintah SQL. Selain itu, PostgreSQL juga memiliki fungsi dan kegunaan seperti berikut ini.

1. Membuat Tabel dan Memanipulasi

Di samping fungsi utamanya, ternyata manajemen database ini juga berfungsi untuk create table PostgreSQL dan memanipulasi tabel di data query website. Seperti yang telah diketahui bahwa membuat database di website membutuhkan query seperti CRUD (CREATE, READ, UPDATE, DELETE), DROP, ALTER.

2. Mengubah Isian Data atau Tabel

Selain create database PostgreSQL, manajemen database ini juga bisa mengubah data atau tabel suatu waktu. Dengan begitu bagi yang ingin memanipulasi data di database website bisa menggunakan PostgreSQL seperti INSERT, DELETE, dan UPDATE.

3. Mengelola Transaksi

Kamu juga dapat menggunakan layanan manajemen database ini untuk pengelolaan transaksi di database menggunakan Data Control Language (DCL) dengan query REVOKE, GRANT, dan COMMIT.

Download dan Install PostgreSQL di Ubuntu

Tidak terdapat batasan maksimum untuk ukuran database karena layanan manajemen database ini bisa menyimpan data tabel sampai 32 terabyte. Jadi bagi siapa pun yang menjalankan project kecil maupun besar, panduan PostgreSQL download ini bisa dipraktikkan.

Di bawah ini adalah panduan untuk install PostgreSQL termudah melalui repository Ubuntu.

1. Update Server Ubuntu

Sebelum menuju proses instalasi, hal pertama yang harus dilakukan yaitu update server Ubuntu terlebih dahulu. Untuk proses update server ini, kamu bisa menjalankan perintah berikut.

sudo apt-get update

2. Proses Instalasi PostgreSQL

Sedangkan untuk melakukan PostgreSQL install, kamu bisa memasukkan perintah berikut ini. Tunggulah sampai proses instalasi selesai dan biasanya hanya membutuhkan waktu yang singkat.

sudo apt install postgresql postgresql-contrib

3. Menjalankan PostgreSQL

Untuk menjalankan layanan manajemen database ini di server Ubuntu, masukkan perintah berikut ini.

sudo systemctl start postgresql

4. Mengaktifkan PostgreSQL

Jika layanan ini sudah berjalan di server, kemudian aktifkan dengan perintah di bawah.

sudo systemctl enable postgresql

5. Pengecekan Versi PostgreSQL

Langkah terakhir yang dilakukan yaitu mengecek versi PostgreSQL yang telah terinstal di server. Untuk kodenya bisa menggunakan perintah berikut ini.

psql –version

Baca Juga : PHPMyAdmin : Pengertian, Cara Menghapus dan Membuat Database

Fitur Unggulan di PostgreSQL

Seperti yang telah dijelaskan bahwa PostgreSQL merupakan layanan yang unggul dalam hal kecanggihan, fungsi, dan fitur-fiturnya. Berikut ini merupakan fitur lengkap pada PostgreSQL.

1. Replication

Fitur aplikasi merupakan fitur yang digunakan untuk menggandakan database. Dalam hal ini ada tiga cara replikasi yakni asin asynchronous, synchronous, dan logic.

2. PITR

Point in Time Recovery merupakan fitur yang mengizinkan server melakukan back up berulang kali. Hal ini memungkinkan kamu melakukan recovery data karena kegagalan sebelumnya.

3. Tablespaces

Fitur ini digunakan untuk memilih disk penyimpanan database atau media, table, indeks atau skema. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan menangani database yang ukurannya sangat besar.

4. Savepoint

Ada juga fitur save point yang digunakan untuk menentukan checkpoint database. Apabila terjadi error di transaksi kompleks maka memungkinkan lagi untuk memanggil data itu ke titik savepoint.

5. Inheritance

Fitur ini berfungsi untuk mewariskan karakteristik dari objek induk ke turunannya. Objek induk disebut dengan superclass sementara objek yang diwariskan disebut subclass.

Baca juga : Data Warehouse Adalah : Pengertian, Kegunaan, Karakteristik, dan Contohnya

6. Help

Tentunya sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini yang mana digunakan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan seputar penggunaan PostgreSQL. Ada berbagai informasi yang lengkap disertai screenshot sehingga memudahkan para pengguna.

7. Rule

Layanan manajemen database ini mempunyai rule customization di mana pengguna bisa melakukan kustomisasi pada instruksi seperti DELETE, INSERT, dan UPDATE.

8. Prosedural Language

Selain itu juga terdapat fitur prosedural language yang mendukung banyak bahasa prosedural misalnya Python, PGSQL, Perl, dan lain-lain.

9. Data Integrity

Fitur integritas data mendukung berbagai integritas data mulai dari UNIQUE, NOT NULL, Explisit Locks, Exclusion Constraints, Foreign Keys, dan Primary Keys.

Sebenarnya masih ada banyak fitur unggulan lainnya dari layanan manajemen database postgreSQL ini yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Namun berbagai fitur tersebut memudahkan para pengguna untuk menyimpan dan mengelola data pada sistem. Bahkan di setiap versi terbaru biasanya akan dihadirkan fitur terbaru juga.

Demikianlah penjelasan seputar manajemen database PostgreSQL sebagai sistem penyimpanan data terbaik. Apalagi bagi para pemilik website yang jumlah kunjungan websitenya tinggi, direkomendasikan untuk menggunakan layanan yang satu ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja Hingga Jenisnya!

Hyperlink Adalah : Pengertian , Jenis & Beserta Fungsinya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category