DISKON SPECIAL AKHIR TAHUN
Last Day Promo 60% di ITBOX
Periode 28-30 November 2025
Hari
Jam
Menit
Detik
DEPLOYNOW
Periode promo 17-24 Oktober 2025

Google Analytics 4 : Fungsi & Cara Menggunakan Google Analytics

December 8, 2023

Google Analytics 4

Jika Anda berprofesi di bidang digital marketing, pasti sudah tidak asing dengan tools Google Analytics 4. Tools ini termasuk tools yang wajib dikenali oleh praktisi digital marketing.

Seorang digital marketer wajib memiliki skill untuk memahami data traffic website beserta peristiwa di dalamnya. Strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan website dan aplikasi harus diukur dan dianalisis dengan baik.

Hadirnya Google Analytics dapat menjadi solusi untuk memahami website beserta perilaku pengunjungnya. Tools ini dapat mengoptimalkan performa website di masa mendatang.

Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian, fungsi, dan cara menggunakan Google Analytics 4.

Google Analytics 4 Adalah

Google Analytics 4 adalah layanan analisis yang membantu Anda untuk mengukur traffic dan engagement di seluruh situs web dan aplikasi yang Anda miliki. Anda dapat melihat statistik untuk SEO dan keperluan digital marketing lainnya.

Google Analytics 4 hadir di tahun 2020. GA 4 merupakan versi terbaru dari Google Analytics. Di versi ini, Anda bisa mendapat insight yang lebih dalam dan juga mengintegrasi tools ini dengan Google Ads. Tools ini gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja.

GA 4 menyediakan machine learning yang bisa membantu Anda untuk mengolah data yang berkaitan dengan produk dalam pekerjaan Anda. Terutama untuk seorang SEO Specialist, tools ini dapat memudahkannya untuk mendapatkan data statistik pengunjung dari sebuah website.

Kegunaan Google Analytics 4

Berikut kegunanaan dari Google Analytics 4 : 

  • Mengotomisasi pelacakan engaged session.
  • Menyediakan berbagai jenis laporan yang beragam.
  • Memberi pilihan kontrol privasi untuk pengguna.
  • Memberikan insight pengguna lintas-platform.
  • Menggabungkan analitik web dan app.
  • Memberi pemahaman perilaku konsumen yang mendalam.
  • Membuat model analisis prediktif untuk conversion rate optimization.
  • Mempermudah visualisasi data.
  • Menargetkan audiens dengan lebih akurat.
  • Integrasi dengan BigQuery.
  • Mempermudah validasi data melalui DebugView.
  • Pelacakan konversi lebih mudah.
  • Backup Google Universal Analytics.

Cara Setup Google Analytics 4

Sebelum menggunakan GA 4, Anda perlu menyiapkan beberapa hal. Siapkan website yang sudah memiliki domain, akses admin website yang Anda kelola, email tim untuk kolaborasi bersama, dan akun Google Ads (jika sudah ada).

Berikut langkah cara setup GA 4 : 

1. Buka Akun Google yang Aktif

Buka website https://analytics.google.com/. Jika belum memiliki akun Google Ads, buat akun baru terlebih dahulu. Akun google analytics merupakan representasi sebuah perusahaan atau organisasi, jadi buatlah nama akun dengan nama perusahaan atau organisasi Anda.

2. Menambah Data Stream

Aliran data yang terkumpul dari website ke GA 4 property Anda disebut sebagai Data Stream. Terdapat 3 jenis aliran data yaitu : Web, Android App, dan iOS App.

Berikut cara menambahkan Data Stream : 

  • Pilih platform Data Stream yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika Anda memililh web, masukkan URL website dan nama website Anda. Kemudian klik Create Stream.
  • Jika Anda memilih Android App atau iOS, lengkapi kolom-kolom yang ada.

3. Menambahkan Tag

Setelah menambahkan data stream untuk GA 4 property ke website, Anda bisa mulai untuk mengumpulkan data di website dengan menambahkan tag Analytics terlebih dahulu. Caranya yaitu : 

  • Klik View tag instructions yang terdapat pada kolom Google tag.
  • Setelah masuk ke halaman Installation instruction, klik install manually.
  • Copy dan paste kode html analytics ke bagian setelah <head>pada setiap halaman website Anda.

Jika sudah selesai memasang tag, GA 4 sudah siap digunakan untuk website Anda.

Google Analytics 4
Contoh tampilan Google Analytics

Cara Menggunakan Google Analytics 4

Berikut langkah-langkah menggunakan GA 4 : 

1. Real Time

Anda dapat mengetahui informasi mengenai jumlah pengunjung secara langsung atau real time. Ini dapat memungkinkan Anda untuk memantau langsung aktivitas yang sedang terjadi di website atau aplikasi.

Laporan real time juga dapat membantu Anda untuk memahami perilaku pengunjung berdasarkan : 

  • Sumber atau media dari mana asal pengunjung.
  • Jumlah pengunjung dalam rentang waktu tertentu.
  • Konten pengunjung berinteraksi.
  • Ruang interaksi pengunjung.
  • Konversi yang diselesaikan.

2. Life Cycles

Laporan ini menunjukkan alur perilaku pengguna di website atau aplikasi Anda. Ada 4 bagian life cycles, yaitu : 

  • Acquisition : Menunjukkan saluran yang digunakan pengguna sehingga bisa mengunjungi website atau aplikasi Anda. Bisa berupa Direct, Paid, Organic Search, Direct, Referral, dan Cross Network.
  • Engagement : Menunjukkan customer journey berdasarkan conversions, event, dan pages and screens.
  • Monetization : Menunjukkan jumlah pendapatan dari iklan, item, dan langganan pada website atau aplikasi.
  • Retention : Menunjukkan frekuensi dan juga durasi pengguna ketika berinteraksi dengan website atau aplikasi setelah kunjungan pertama mereka.

3. Users

Bagian Users menjelaskan mengenai pengguna, dan dapat dilihat dari demografi dan teknologi yang digunakan.

Di bagian demografi, Anda dapat melihat detail pengunjung yang berinteraksi dengan website atau aplikasi Anda. Anda juga bisa melihat negara atau kota asalnya, gender, usia, dan juga bahasa yang mereka gunakan.

Di bagian teknologi, akan ada laporan mengenai platform yang dikunjungi, jenis perangkat, sistem operasi, bahkan juga bisa mengetahui ukuran layar pengunjung.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Google Analytics 4 dan juga cara penggunaanya. Tools terbaru Google tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan data dari pengguna yang berinteraksi dengan website atau aplikasi Anda.

Dengan kemampuan dalam melakukan tracking platform, Anda bisa mendapatkan berbagai macam data yang beragam. GA 4 sangat berguna untuk keperluan digital marketing, terlebih untuk SEO.

Mungkin terlihat sulit dan butuh beberapa waktu untuk menguasainya, namun Anda dapat melatihnya dengan mempelajarinya dengan materi pembelajaran online.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari Google Analytics atau seputar SEO, Anda dapat mengikuti kursus digital marketing di ITBOX. Anda akan mendapatkan materi dari basic hingga advanced, dengan sistem pembelajaran bisa dimana saja kapan saja.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill