Diskon Special Akhir Tahun
Upgrade Skill IT Kamu di ITBOX HEMAT 25%
Periode: 14-16 Desember 2025
Hari
Jam
Menit
Detik
SKILLBOX
Periode promo 17-24 Oktober 2025

CDP Adalah Sistem Penting Bagi Bisnis, Berikut Penjelasannya

April 19, 2024

apa itu cdp

CDP adalah sistem yang mampu menyatukan dan mengelola data pelanggan dari berbagai macam sumber yang memungkinkan untuk mendapatkannya. Teknologi memang sangat membantu dalam mendapatkan informasi namun menumpuknya data dan tidak semua data itu valid. Jadi CDP sangat dibutuhkan bisnis untuk mendapatkan data yang valid, simak penjelasannya mulai dari definisi dan manfaatnya.

Definisi CDP

CDP merupakan singkatan dari customer data platform yang bila diartikan berarti sebuah platform khusus untuk data pelanggan. Jadi CDP itu merupakan sebuah sistem yang bisa menciptakan suatu database pelanggan yang terpusat dan persisten untuk diakses oleh sistem lainnya. Platform ini dirancang secara khusus untuk mengumpulkan, mengelola dan melakukan analisis terhadap data pelanggan dari berbagai sumber.

CDP nantinya akan mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber seperti website, aplikasi mobile, sampai dengan sosial media. Pengumpulan data tersebut nantinya akan diolah untuk membentuk profil individu dari pelanggan sebuah brand atau bisnis. Profil yang sudah terbentuk itu sudah pasti akan bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk melihat konsumen bukan sebagai data tetapi sebagai individu.

Output dari CDP akan menampilkan persona dari berbagai pelanggan sebuah brand yang sudah terkumpul langsung dari sumber yang valid. Output ini akan sangat membantu proses pemasaran untuk bisa jauh lebih efektif untuk bisa menarik pembeli dalam jumlah besar. Salah satu poin menarik dari CDP adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan bisa diakses dengan mudah untuk tindakan lebih lanjut.

Alasan CDP Sangat Penting dalam Bisnis

Customer data platform consulting ini memang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis supaya bisa berkembang lebih cepat dan efisien. CDP bisa memberikan insight kepada bisnis mengenai karakteristik dari pelanggan mulai dari kebutuhan, keinginan, sampai ketertarikan. Selain itu, CDP bisa menampilkan perspektif pelanggan dengan sangat baik untuk bisnis, sehingga membantu bisnis mengambil keputusan yang tepat. 

CDP juga bisa dihubungkan dengan berbagai macam sistem bisnis yang digunakan, sehingga pengumpulan dan analisa data pelanggan lebih mudah. Selain itu akses data pelanggan yang sudah terpusat dan sudah dianalisis bisa dilakukan dengan sangat mudah karena bisa terintegrasi dengan sistem bisnis. Penjelasan di atas sudah lebih dari cukup untuk menjadi alasan sebuah bisnis itu membutuhkan CDP dengan kualitas yang terbaik. 

Manfaat CDP

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis yang menggunakan CDP, karena interaksi dengan pelanggan akan jauh lebih baik. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan bisnis bila mempergunakan dan memanfaatkan CDP ini. 

1. Mengenal Pelanggan dengan Lebih Baik

CDP mampu memberikan gambaran yang jauh lebih baik mengenai pelanggan, sehingga bisnis akan lebih mengenal pelanggan. CDP adalah platform yang tepat untuk bisnis bisa mengenali pelanggan, di mana mengenali pelanggan itu sangat penting untuk pengembangan bisnis. Gambaran ini bisa didapatkan dari demografi, pola perilaku, sampai dengan preferensi yang dikumpulkan dari berbagai sumber. 

Pengenalan yang dilakukan CDP pun bisa dilakukan secara terus menerus, sehingga perubahan pola perilaku seiring perkembangan zaman bisa diikuti. Jadi bisnis bisa mendapatkan profil pelanggan secara update dan bisa terus mengambil langkah bisnis yang tepat untuk bisa berhasil. Kumpulan data yang didapatkan dari pelanggan pun bisa memberikan prediksi kebutuhan dan perilaku dengan analisis dari customer data platform case studies. 

2. Pengelolaan Data Pelanggan yang Lebih Efisien

Salah satu masalah yang biasa dihadapi dalam data pelanggan adalah data silo, sementara CDP ini akan menghindarkan kalian dari kasus tersebut. CDP akan memecah silo data dan kemudian menyatukan data pelanggan ke dalam satu platform dan memperbaiki aksesibilitas dan kolaborasi antar departemen. Jadi bisa disimpulkan pengelolaan data pelanggan dari bisnis akan bisa meningkat menjadi lebih baik dan tentunya lebih efisien. 

3. Strategi Pemasaran Jadi Jauh Lebih Efektif

Pengenalan pelanggan yang bisa diberikan oleh CDP ini akan sangat membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran yang lebih efektif. Pengenalan pada pelanggan akan membuat perusahaan bisa melakukan langkah pemasaran yang terkesan lebih personal kepada pelanggan. CDP adalah platform yang bisa memberi insight untuk membantu perusahaan lebih tahu langkah pemasaran seperti apa yang bisa meningkatkan engagement dan penjualan. 

4. Meningkatkan ROI dan Pendapatan

CDP secara tidak langsung akan bisa meningkatkan ROI dan juga pendapatan pada sebuah bisnis karena pengenalan pelanggan. Setiap langkah pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk marketing dan produksi akan bisa lebih efektif untuk pelanggan. 

5. Meningkatkan Perlindungan Data Privasi

CDP juga memiliki fitur perlindungan data pribadi pada saat mengumpulkan data pelanggan yang dibutuhkan oleh brand tertentu. Jadi baik itu data bisnis atau juga data pribadi pada pelanggan akan bisa lebih terlindungi dan juga lebih terjaga. 

Cara Kerja CDP

Customer data platform adalah sebuah platform pengumpulan data pelanggan yang bisa memberikan manfaat besar dalam sebuah bisnis. Berikut ini bagaimana cara kerja dari CDP tersebut. 

1. Pengumpulan Data

Proses yang pertama yakni pengumpulan data dari berbagai sumber mulai dari offline sampai dengan online untuk membaca perilaku pelanggan. 

2. Pembersihan Data dan Normalisasi

Setelah sudah terkumpul akan dilakukan pembersihan data dan normalisasi untuk menghapus duplikasi dan menyesuaikan bila ada data yang kurang sesuai. Langkah ini yang membuat CDP adalah data yang sangat valid untuk digunakan. 

3. Menciptakan Profil Pelanggan

Menciptakan profil pengguna dengan menggabungkan semua data yang sudah dikumpulkan dan juga sudah dilakukan pembersihan data. Hal ini akan memungkinkan brand akan melihat pelanggan sebagai individu bukan lagi sebagai kumpulan data. 

4. Analisis Data

Setelah profil pengguna sudah tercipta akan mulai dilakukan analisis terhadap setiap profil pelanggan untuk memberikan insight kepada brand. 

5. Memberikan Rekomendasi

Proses terakhir dalam CDP customer data platform yakni memberikan rekomendasi berdasarkan insight. Jadi akan ada personalisasi langkah pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan sesuai profil pelanggan yang didapatkan. 

Jenis-jenis CDP

Jenis-jenis dari CDP sendiri secara umum terbagi menjadi 4 jenis, berikut ini penjelasannya. 

1. Data CDP

Data CDP merupakan yang paling dasar di mana CDP menyediakan data yang terpusat dan terpadu untuk diakses oleh beragam sistem yang lain. 

2. Analitik CDP

CDP Analitik ini merupakan CDP yang khusus dipakai untuk analisa segmentasi pasar dan permodelan predikatif untuk optimasi beragam proses. 

3. Campaign CDP

CDP campaign merupakan CDP untuk menyesuaikan materi pemasaran dengan profil setiap pelanggan seperti pada customer data platform salesforce. 

4. Delivery CDP

CDP delivery seperti pesan yang dikirimkan kepada pelanggan yang lebih personal sesuai dengan karakteristik pelanggan. 

Kesimpulan

CDP adalah platform penting untuk bisnis dan sangat perlu dipelajari. Bila ingin mempelajari cara menggunakan CDP maka bisa mengikuti kursus struktur data di ITBOX.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping

Level

Course Level

Category

Skill