Dengan adanya perkembangan teknologi, pemasaran pun terus berubah dan beradaptasi sesuai dengan tren yang sedang berlangsung. Hampir semua bisnis saat ini sudah menerapkan pemasaran atau digital marketing. Apa itu digital marketing?
Simak artikel berikut ini untuk mengetahui selengkapnya tentang pengertian, jenis, manfaat, dan contoh dari digital marketing.
Daftar Isi Artikel
ToggleApa Itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan melalui internet atau media digital lainnya. Kegiatan pemasaran ini biasanya menggunakan media seperti media sosial, blog, website, email, dan lainnya.
Tujuannya yaitu untuk meningkatkan brand awareness, mencari target konsumen, dan meningkatkan penjualan.
Saat ini, digital marketing lebih diminati daripada pemasaran konvensional. Hal itu dikarenakan digital marketing dapat menghasilkan hasil yang bagus dengan mengeluarkan biaya yang rendah dibandingkan pemasaran konvensional.
Berbeda dengan pemasaran konvensional yang hanya bisa menjangkau orang di suatu daerah saja, digital marketing dapat mencapai arget audiens yang tidak terbatas, bahkan bisa mencapai luar negri. Calon konsumen juga dapat mudah mencari tahu soal bisnis tersebut melalui mesin pencarian atau media sosial.
Dari sekian banyaknya pengguna internet di Indonesia, digital marketing merupakan solusi yang tepat untuk melakukan pemasran. Bahkan, banyak bisnis yang telah beralih untuk berjualan secara online karena dianggap lebih efektif dan hemat anggaran
Untuk bersaing dengan kompetitor di persaingan yang ketat ini, perusahaan sebaiknya beralih menggunakan metode digital marketing.
Jenis Digital Marketing
Untuk melakukan promosi agar meningkatkan penjualan, perusahaan menerapkan berbagai jenis digital marketing. Setiap jenisnya digunakan untuk keperluan dan tujuan yang berbeda-beda.
Untuk mengetahui apa itu digital marketing, ketahui jenis-jenis digital marketing berikut ini :
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya mengoptimisasi sebuah situs web agar situs tersebut berada di ranking teratas halaman pertama mesin pencarian. Cara ini dilakukan agar situs web tersebut mudah ditemukan melalui mesin pencarian seperti Google. Dengan begitu, traffic pengunjung website akan naik dan bisa meningkatkan calon pelanggan.
Untuk meningkatkan SEO secara organik, gunakan keyword atau kata kunci yang relevan pada konten di website bisnis Anda. Biasanya konten yang dibuat adalah artikel. Jadi ketika seseorang mencari kata kunci di mesin pencari, situs web Anda akan muncul di paling atas halaman pertama.
2. Media Sosial
Semakin banyak pengguna media sosial, semakin besar juga peluang sebuah bisnis unutk mengembangkan bisnisnya melalui media sosial. Platform media sosial yang banyak digunakan yaitu Instagram, Tiktok, Facebook, dan masih banyak lagi.
Cara ini terhitung efektif dan hemat biaya, sehingga banyak digunakan oleh berbagai macam bisnis. Membuat akun media sosial sangat mudah, cepat, dan tidak memakan biaya atau gratis. Melalui media sosial, target audiens bisnis tersebut juga semakin luas karena tidak ada batasannya.
Biasanya media sosial digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan berinteraksi dengan pelanggan. Aktif berinteraksi dengan audiens bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.
Jenis digital marketing ini efektif jika pengikut media sosialnya banyak dan engagement nya tinggi. Karena itu konten yang disiapkan haruslah menarik sehingga bisa menarik perhatian audiens.
Selain konten, Anda juga bisa menggunakan iklan media sosial seperti Facebook Ads.
3. Email Marketing
Jenis digital marketing ini dilakukan dengan cara mengirim email kepada pelanggan. Email marketing dilakukan untuk menarik pelanggan. Karena itulah isi email terutama headline haruslah menarik agar email tersebut diklik dan dibaca oleh pelanggan.
Biasanya email berisi info mengenai informasi terbaru seperti penambahan fasilitas atau adanya promosi terkait produk yang dijual. Melalui email marketing, pelanggan dapat mengetahui informasi terbaru terkait produk perusahaan dan bisa saja tertarik untuk melakukan pembelian ulang atau repurchase.
4. Website
Dengan memiliki website, bisnis dapat melakukan pemasaran mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Tujuannya yaitu untuk meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian.
Biasanya, calon konsumen menilai kesan pertama suatu bisnis saat menjelajahi situs webnya. Profesionalisme suatu perusahaan dapat dilihat dari tampilan website. Karena itulah website dapat menjadi media promosi yang efektif dan mudah dijangkau oleh calon konsumen.
Manfaat Digital Marketing
Setelah mengetahui apa itu digital marketing dan jenisnya, selanjutnya mari kita bahas mengenai manfaat digital marketing.
Berikut beberapa manfaat dari digital marketing :
1. Membangun Reputasi dan Branding
Dengan banyaknya pengguna internet, Anda dapat membangun reputasi dan branding melalui digital marketing. Anda bisa menggunakan platform digital untuk menarik perhatian audiens dan membangun mereka dan menciptakan reputasi yang bagus. Tujuannya yaitu untuk membuat bisnis lebih menonjol dari lainnya di tengah persaingan bisnis ini.
Biasanya sebelum melakukan pembelian, pembeli akan mencari tahu mengenai produk atau layanan melalui internet. Melalui digital marketing, bisnis anda bisa lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Jika mereka merasa merek Anda dapat dipercaya, bisnis Anda akan mengalami peningkatan penjualan.
Cara untuk membangun brand yaitu dengan membuat ciri khas pada bisnis Anda seperti gambar dan logo bisnis. Buat konten yang sesuai dengan target pasar dan gunakan bahasa yang cocok. Dengan membuat konten atau postingan yang menarik, audiens akan menyebarkannya sehingga produk Anda dapat semakin dikenal oleh orang banyak.
Tentu saja, hal ini sulit diperoleh jika melakukannya dengan pemasaran konvensional.
2. Memudahkan Evaluasi
Platform digital biasanya menyimpan data hasil dari pemasaran yang telah dilakukan. Dii platform media sosial Instagram, ada fitur insight yang dimana Anda dapat melihat berapa banyak engagement yang didapat, dan lain sebagainya.
Dengan adanya data hasil dari digital marketing tersebut, Anda dapat melakukan evaluasi dan menjalankan analisis pemasaran. Dengan begitu Anda bisa mengatur strategi pemasaran yang lebih efektif dan lebih baik. Anda bisa meningkatkan efektivitas kampanye agar angka penjualan meningkat.
Digital marketing memudahkan Anda untuk mengumpulkan data secara otomatis. Semua bisa diunduh dengan cepat sehingga Anda tidak perlu mencatat secara manual. Informasi akurat ini bermanfaat untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dan sukses dengan stratgei yang efektif.
3. Memulai Bisnis Dengan Budget yang Tidak Besar
Dengan adanya digital marketing, Anda dapat memulai bisnis dengan mudah tidak seperti binsis konvensional. Ketika membangun bisnis tradisional, Anda harus menyiapkan berbagai metode promosi fisik. Contohnya seperti spanduk, poster, dan brosur yang dimana memakan biaya promosi yang cukup besar.
Namun dengan kemudahan digital marketing, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda melalui platform digital yang bahkan bisa tidak memakan biaya apapun. Mengunggah konten di media sosial bersifat gratis (kecuali jika Anda menerapkan digital Ads).
Bahkan Anda bisa berjualan secara full online dan tidak perlu membayar uang sewa gedung. Anda dapat menggunakan e-commerce yang dimana modal pemasarannya jauh lebih kecil dibanding dengan bisnis tradisional.
Hanya cukup bermodalkan ponsel atau laptop dan koneksi internet, Anda dapat melakukan digital marketing. Memulai bisnis kecil-kecilan pun sangat mungkin di era digital seperti sekarang ini.
Kesimpulan
Dengan memahami apa itu digital marketing, mungkin Anda berminat atau tertarik untuk menjadi seorang digital marketer.
Jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pemasaran digital atau topik lainnya yang berhubungan dengan teknologi digital, Anda dapat mengunjungi website ITBOX. Ada banyak informasi menarik seputar teknologi dan juga kursus-kursus yang bisa Anda ikuti!


