Marketing Funnel Adalah: Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis

Marketing Funnel Adalah: Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis

Marketing Funnel Adalah: Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis – Menjalankan bisnis merupakan seni yang ilmunya bisa didapatkan tidak melalui bangku sekolahan. Seni ini tidak ada habisnya dan setiap saat membutuhkan pengembangan-pengembangan menuju perbaikan. Mengingat seni tidak bisa diprediksi bagaimana alurnya, sehingga membutuhkan insting kuat dari para pelaku bisnis.

Salah satu hal yang penting diketahui oleh para pebisnis adalah terkait marketing funnel. Unsur ini jika dipelajari maka dapat mengantarkan pebisnis pada kesuksesan. Pasalnya melalui pendekatan ini seorang pebisnis dapat melakukan berbagai macam perbaikan terhadap teknis bisnis yang selama ini digunakan.

Apa Itu Marketing Funnel ? Marketing Funnel AdalahKunci Utama Kesuksesan Pada Bisnis

Pengertian

Marketing Funnel Adalah: Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis

Marketing funnel adalah atau Bahasa lain yang lebih umum dari customer journey merupakan suatu istilah yang menjelaskan mengenai proses panjang dalam bisnis. Proses ini menggambarkan mengenai proses yang dialami oleh konsumen dalam mengenal brand. Tentunya akan dimulai dari tahapan di mana konsumen tidak mengenal brand sama sekali, kemudian teracuni, melakukan pertimbangan, penilaian, hingga akhirnya melakukan pembelian berulang-ulang pada suatu produk.

Mempelajari pendekatan konsumen ini akan memberikan keuntungan dimana Anda dapat memaksimalkan promosi untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Tentu bukan melalui promosi tanpa perhitungan yang akhirnya menyebabkan kerugian pada perusahaan.

Marketing Funnel Vs Customer Journey?

Meskipun keduanya dianggap memiliki makan yang hampir sama namun ternyata memiliki perbedaan di dalamnya. Marketing funnel digital digambarkan layaknya suatu corong di mana semakin ke bawah ukurannya semakin mengecil. Hal tersebut diumpamakan layaknya jumlah konsumen yang masuk di mana semakin lama akan mengalami seleksi alam hingga jumlahnya terus berkurang.

Corong tersebut memberikan gambaran yang mudah dipahami oleh masyarakat. Kondisi di mana pada saat melakukan promosi terlihat begitu banyak masyarakat yang tertarik terhadap konte yang dipromosikan. Namun, selanjutnya tidak semua orang yang tertarik tersebut akan melakukan pembelian terhadap produk Anda.

Tentunya hal tersebut telah melalui tahapan pertimbangan, seleksi, dan juga penilaian dari konsumen cukup tinggi sehingga akhirnya hanya menyisakan beberapa orang yang kemudian akan membeli produk.

Setelah pembelian produk jumlahnya akan terus mengalami penurunan untuk dapat mencapai pelanggan setia. Masing-masing konsumen akan melakukan penilaian terhadap produk yang mereka terima serta pelayanan yang diberikan. Hanya sedikit pelanggan yang nantinya akan tetap bertahan karena merasa puas akan produk dan juga pelayanan yang diberikan.

Sedangkan di sisi lain customer journey merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan pendokumentasian terhadap jumlah pelanggan pada masing-masing tahapan. Tak hanya itu, proses ini juga mampu mendokumentasikan dengan baik channel apa saja yang menjadi media bagi audiens untuk mengetahui suatu brand.

Jika customer journey hanya mampu memberikan data secara keseluruhan hal ini tentu berbeda dengan digital marketing funnel. Pasalnya, teknik ini dapat menjelaskan antara kuantitas yang terhitung pada setiap tahapan dan juga tetap dapat memberikan data atau gambaran secara deskriptif.

Alasan Pentingnya Mempelajari Marketing Funnel

Alasan Pentingnya Mempelajari Marketing Funnel

Berbisnis merupakan seni yang membutuhkan pembelajaran setiap saat sehingga teknis marketing funnel adalah satu hal yang penting dipahami oleh pebisnis. Pasalnya dengan mengetahui teknik ini maka Anda dapat mengetahui bagaimana gambaran seorang calon konsumen saat menerima promosi yang diberikan hingga akhirnya membutuhkan untuk membeli produk.

Mempelajari setiap tahapan secara perlahan dapat memberikan keuntungan bagi jalannya suatu bisnis. Bagaimana tidak, Anda dapat mengetahui dengan pasti bagaimana proses yang terjadi sehingga dapat menarik kesimpulan terkait proses mana saja yang belum maksimal dan harus diperbaiki.

Perbaikan-perbaikan inilah yang akan mengantarkan bisnis Anda menuju kesuksesan sehingga perlahan seorang pebisnis akan meningkatkan jumlah pelanggan yang terus menerus mengalami penurunan.

Baca Juga : Social Media Marketing Adalah : Definisi SMM dan Keuntunganya

Langkah yang Harus Diperhatikan Pada Marketing Funnel

Berbicara marketing funnel pada suatu bisnis tentu tidak dapat dipukul rasa satu sama lain. Bisnis memang merupakan ilmu yang berbeda dan tidak bisa sama satu dengan lainnya. Begitu pula dalam marketing funnel yang akan berbeda pada jenis bisnis, ada yang memiliki tahapan panjang dan ada juga tahapan sesingkat kilat.

Kebanyakan orang awam akan berpikir jika funnel marketing ini sulit dilakukan dan ribet. Pasalnya, diagram ini menggambarkan setiap proses yang dilalui dengan detail sehingga tak heran jika akan dianggap ribet dan sulit dilakukan.

Terdapat beberapa variasi yang dapat terjadi pada marketing funnel. Diantara sekian banyak jenis funnel terdapat 5 langkah yang umum digunakan oleh masyarakat. Berikut merupakan langkah yang biasa digunakan pada system funnel:

Awareness Atau Kesadaran

Langkah pertama dalam funnel adalah kesadaran. Dalam tahapan ini konsumen akan sadar dan mengerti terkait produk apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Misalkan saja seseorang yang merasa butuh jika ingin membeli sesuatu karena jika tidak dibeli maka dapat menghambat aktivitasnya.

Pertimbangan

Langkah selanjutnya setelah kesadaran adalah consideration atau menimbang-nimbang. Pada tahapan ini konsumen akan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebagai pertimbangan apakah akan membeli produk yang dimaksud atau tidak. Biasanya konsumen akan membanding-bandingkan setiap produk yang akan dibeli.

Membeli

Setelah melakukan penilaian dan mendapatkan pertimbangan yang matang maka kemungkinan konsumen akan memiliki dua keputusan yaitu membeli atau tidak membeli. Tentunya proses pembelian ini dilakukan terhadap produk terbaik.

Membeli Lagi

Setelah membeli produk pelanggan akan merasakan bagaimana kualitas produk tersebut. Hal tersebut akan menghasilkan 2 kemungkinan besar yaitu kecewa atau puas terhadap kualitas barang. Jika puas, maka kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian untuk yang kesekian kalinya. Namun, jika tidak puas maka pembeli akan berhenti dan tidak akan pernah membeli produk tersebut lagi.

Testimoni

Pelanggan selain akan menilai secara mandiri juga akan melakukan penilaian dengan memberikan testimoni. Puas atau tidak puasnya mereka dapat tergambarkan dengan penilaian yang diberikan. Jika puas maka akan memberikan komentar-komentar positif begitu pula sebaliknya jika dirasa tak puas maka tak segan pembeli akan memberikan komentar negatif.

Cara Lakukan Optimasi Funnel

Informasi yang lengkap terkait apa itu funnel marketing rasanya belum cukup mendongkrak kesuksesan bisnis Anda. Sebagai langkah tambahan, Anda juga harus tetap melakukan optimasi. Cara ini akan membuat bisnis berjalan lebih optimal dengan serangkaian-serangkaian perbaikan yang terus dilakukan.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi funnel. Caranya adalah dengan melakukan optimasi terkait konten-konten yang diluncurkan. Buatlah konten semenarik mungkin untuk meningkatkan daya Tarik pelanggan.

Terlebih saat ini tersedia beragam media untuk melakukan proses promosi sehingga jenis konten yang bisa dibuat begitu beragam sesuai dengan kebutuhan promosi dan ketertarikan audiens Anda. Jangan ragu untuk melakukan beberapa gebrakan demi meningkatkan promosi.

Selain pembuatan konten yang menarik Anda juga dapat menyelipkan beberapa inovasi seperti bekerja sama dengan selebgram untuk menyebarluaskan konten, melakukan promosi, hingga memberikan diskon berupa gratis ongkir sehingga promosi akan semakin dilirik yang nantinya dapat memperbesar suatu produk dapat terjual.

Baca Juga : Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

Melakukan promosi di era digital saat ini memang dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, sebagai pebisnis akan selalu dituntut untuk melakukan inovasi dan belajar setiap harinya. Pasalnya, tidak hanya teknik marketing funnel saja yang berguna namun masih terdapat banyak ilmu lain yang harus diperhatikan dalam meningkatkan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja Hingga Jenisnya!

Hyperlink Adalah : Pengertian , Jenis & Beserta Fungsinya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category