XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan

XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan

XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan – Era digital yang terjadi seperti saat ini menjadikan website sebagai andalan segala keperluan. Tak heran jika orang akan berusaha untuk mempelajari bagaimana cara membuat website yang menarik dan efektif. Bagi Anda yang sedang berjuang untuk membuat website, tentu tidak akan asing dengan istilah XAMPP bukan?, lalu apa sebenarnya istilah tersebut?

Mengenal Lebih Jauh XAMPP untuk Pembuatan Website Lokal

Mengenal Lebih Jauh XAMPP untuk Pembuatan Website Lokal

XAMPP adalah sebuah aplikasi yang bias digunakan untuk keperluan pembuatan web server lokal di suatu computer. Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk mengetes bagaimana performa suatu website. Di kalangan orang informasi dan teknologi, aplikasi ii begitu familiar karena tidak dapat dipisahkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka menilai aplikasi ini begitu ringan untuk dijalankan. Fiturnya yang dapat dioperasikan pada berbagai platform membuat reputasi aplikasi ini tak perlu diragukan. Bagaimana tidak, XAMPP dapat dioperasikan pada berbagai platform seperti Perl, PHP, Apache, dan juga MySQL, serta Linux dan Mac sekalipun.

XAMPP ADALAH : Cara Download & Panduan Instalasi

Langkah Mudah Install XAMPP Adalah

Layaknya sebuah aplikasi, XAMPP harus diinstall terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara penginstalannya bias jadi berbeda antara satu platform dengan platform lainnya, sehingga jangan kaget jika setiap platform memiliki cara yang unik. Berikut cara install XAMPP pada Windows Anda:

1. Download XAMPP

Cara pertama untuk menginstal adalah dengan download XAMPP terlebih dahulu. Berbeda dengan Android yang memiliki Google PlayStore untuk mendownload aplikasi, Anda bias download menggunakan website Apache Friends. Website tersebut menyediakan aplikasi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada saat mendownload jangan lupa untuk memilih aplikasi XAMPP Apache dengan kode XAMPP + MariaDB + PHP + Perl. Selanjutnya Anda bias menyesuaikan pilihan download untuk Windows sesuai dengan tipe yang Anda gunakan. Pada menu tersebut juga tidak hanya tersedia untuk Windows saja karena terdapat pilihan download untuk Linux dan OS.

2. Install XAMPP

Setelah proses download dinyatakan selesai maka Anda bisa melanjutkan langkah instalasi. Instalasi ini membutuhkan beberapa menit hingga prosesnya dinyatakan sempurna. Selama proses instalasi Anda mungkin akan melihat serangkaian pertanyaan atau instruksi yang harus diselesaikan.

Pertanyaan pertama pada saat instalasi tentu terkait konfirmasi untuk melakukan instalasi pada media Anda. Klik yes untuk melanjutkan proses tersebut. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke tampilan welcome setup wizard untuk XAMPP download. Pada setiap pertanyaan yang muncul Anda cukup klik tombol next untuk melanjutkan.

Setelah beberapa perintah telah dilalui, nantinya Anda akan bertemu pada tahapan untuk setting terkait keperluan apa saja yang Anda butuhkan pada penggunaan aplikasi ini. Terdapat beberapa pilihan server seperti Appache, MySQL, FileZilla FTP Server, Mercury Mail Server, hingga Tomcat. Pilihan yang wajib dipilih adalah Apache dan PHP. Sisanya bias disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Setelah melakukan setting apa yang dibutuhkan pada aplikasi, Anda akan diarahkan pada menu pemilihan letak penyimpanan aplikasi. Silahkan pilih folder sesuai dengan mekanisme penyimpanan yang diinginkan. Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada opsi install Bitnami atau tidak.

Bitnami itu merupakan serangkaian paket dari XAMPP yang bias digunakan untuk menginstal fitur tambahan seperti Joomla, Drupal, dan juga WordPress. Setelah itu, maka proses instalasi dapat segera dijalankan. Tunggu sampai proses install selesai hingga muncul tampilan notifikasi da segera klik finish untuk menyelesaikannya.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula (TANPA CODING)

3. Running XAMPP

Setelah proses instalasi selesai dijalankan, maka Anda dapat segera mencoba aplikasi. Cukup buka aplikasi tersebut dan arahkan ke tombol start untuk memulai. Pilih menu Apache dan MySQL. Setelah berhasil dijalankan maka menu pilihan tersebut akan berwarna hijau.

Fungsi Server Bawaan XAMPP Adalah

Proses instalasi aplikasi ini bisa dikatakan begitu mudah untuk dilakukan. Terlebih jika Anda telah mengetahui jenis server mana yang akan dipilih untuk digunakan. Pasalnya, tiap server memiliki perbedaan fungsi dan kegunaan, berikut uraian fungsi server pada pengertian XAMPP:

1. Apache

Siapa yang tidak kenal server Apache. Server ini merupakan server terpopuler dan paket wajib yang harus diinstall melalui XAMPP. Fungsinya digunakan untuk menampilkan konten suatu website uang digunakan pada server atau computer.

Pada saat Apache telah terinstal, maka computer Anda akan dapat menjalankan serangkaian kinerja seperti membaca dan menerjemahkan projek suatu website. Format yang dapat dibaca juga beragam

mulai dari css, js, dan juga html. Sehingga dapat dibilang server ini lumayan lengkap untuk pembuatan website.

2. MariaDB

Berbeda dengan Apache, MariaDB memiliki fungsi untuk pengolahan data. Data yang diolah adalah database berbasis query sql. Dalam computer, database yang dimaksud akan disimpan dalam bentuk garis, table, dan juga kolom.

3. PHP

PHP merupakan jenis Bahasa pemrograman yang cukup popular di kalangan web developer. Fungsinya dapat dikatakan vital pada saat install aplikasi. Pasalnya, server ini akan membaca seluruh file yang memiliki format *.php, sehingga sangat wajib untuk diinstall.

4. PHP Myadmin

Berbeda dengan PHP biasa, aplikasi ini digunakan untuk melakukan pengaturan database dari system MariaDB. Server ini dirancang dengan basis Web GUI. Adanya server ini dapat memudahkan pengguna untuk mengakses MariaDB tidak hanya melalui jalur terminal.

Baca Juga : Flutter Adalah Framework PHP Terbaik

Jika Memiliki Proyek, Maka Dimanakah Proyek Akan Disimpan?

Satu hal yang harus diketahui setelah melakukan instalasi adalah terkait folder penyimpanan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda nantinya setelah mengerjakan suatu projek website. Semua proyek yang telah dibuat akan disimpan rapi dalam folder htdoc.

Folder htdoc berada di dalam folder XAMPP. Sistem penyimpanan ini akan berbeda antara berbagai platform. Pada Windows misalnya, maka akan tersimpan pada Windows C. sedangkan pada Linux akan disimpan rapi pada /opt/lamp.

Bagi Anda yang menggunakan platform Linux maka harus melakukan setting terlebih dahulu sebelum menggunakan folder htdoc. Pasalnya, Linux tidak menyediakan akses otomatis layaknya Windows. Sehingga Anda harus melakukan setting untuk memberikan akses secara penuh agar editing dapat dijalankan dengan mudah.

Bagaimana Cara Untuk Mengakses XAMPP?

Setelah melakukan instalasi dengan sempurna Anda juga harus mengetahui di bagian mana aplikasi ini dapat diakses. Cara ini akan memudahkan Anda pada saat ingin membuat projek di dalamnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan dalam mengakses dan mencari tahu apa itu XAMPP:

Mengakses Melalui Localhost

Cara pertama untuk mengakses aplikasi yang telah terinstal adalah melalui localhost. Caranya cukup mudah, karena Anda dapat membuka melalui browser yang dimiliki seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Microsoft Edge. Setelah itu, cukup isi alamat localhost pada kolom pengisian URL.

Selanjutnya Anda akan segera diarahkan menuju ke dashboard atau menu utama dari aplikasi. Setelah tampilan terbuka, maka cukup cari folder htdoc sebagai folder penyimpanan untuk membuka projek atau membuat satu projek. Selain melalui localhost Anda juga dapat mengakses melalui database MariaDB.

XAMPP memiliki berbagai fungsi menarik bagi Anda yang ingin membuat suatu website. Bias dikatakan tanpa bantuan aplikasi ini maka proses pembuatan website akan terlihat rumit. Sehingga rasakan sejuta manfaat instalasi aplikasi ini dalam menunjang pembuatan website Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category