Buka 2026 dengan Skill Baru
Diskon 25% untuk Semua Kelas di ITBOX
Periode 4-10 Desember 2025
Hari
Jam
Menit
Detik
SKILLBOX
Periode promo 17-24 Oktober 2025

Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Contohnya

April 18, 2024

cara membuat copywriting

Copywriter adalah seorang penulis yang bertujuan untuk memengaruhi keputusan target konsumen. Baik bisnis yang bergerak di industri kreatif maupun tidak, perusahaan menyadari bahwa kehadiran posisi ini terbilang cukup esensial untuk keberlangsungan marketing perusahaan.

Jadi, peluangmu besar jika profesi ini memang yang kamu idamkan. Penasaran? Yuk, simak ulasan Glints di bawah ini.

Definisi Copywriter

Dilansir oleh Digital Marketer, copywriting adalah aktivitas atau pekerjaan menulis teks iklan atau materi publisitas. Namun, tidak semua pekerjaan copywriter berhubungan dengan iklan.

Ada juga copywriter yang menulis konten berita dengan tujuan memberi informasi saja. 

Umumnya, peran dari seorang copywriter adalah untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Mereka turut bertanggung jawab akan citra perusahaan.

Jenis-Jenis Copyrwriting

Berikut adalah 5 jenis copywriting yang perlu diketahui:

1. Direct Response Copywriting

Direct response adalah bentuk konten tulisan yang mengarahkan orang untuk mengklik halaman di sebuah website.

2. Marketing Copywriting

Marketing copywriting adalah bentuk konten yang menyampaikan informasi penjualan untuk meyakinkan konsumen berupa penjelasan fungsi dan manfaat produk.

3. Brand Copywriting

Brand copywriting adalah jenis copywriting yang fokus dalam menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand.

4. SEO Copywriting

SEO copywriting adalah copywriting yang fokus untuk tampil dalam mesin pencari, yaitu ketika calon konsumen seringkali harus membuka mesin pencari untuk mengetahui informasi sebelum membeli produk.

5. Technical Copywriting

Copywriting jenis ini lebih berfokus dalam memberikan pengetahuan yang mendalam terkait cara kerja suatu produk atau pun layanan. Umumnya, jenis copywriting ini digunakan pada produk kecantikan, teknologi, atau pun produk kesehatan.

Tips Membuat Copywriting Menarik

Membuat copy yang menarik memang menjadi kebutuhan bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan menggaet calon konsumen. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membuat copywriting. Simak tips-tipsnya berikut ini, ya!

1. Pelajari Produk yang Ditawarkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin membuat copywriting adalah mengenali produk dengan baik. Pastikan Anda memahami jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa saja fitur dalam produk?
  • Apa manfaat keunikan dari produk ini?
  • Apa yang audiens cari dan butuhkan dari produk ini?

Dengan memahami produk yang ditawarkan, akan lebih mudah bagi Anda dalam membuat copy yang sesuai. Selain itu, mengenali produk dengan baik juga akan membantu proses pembuatan copy yang menarik dan unik.

2. Buat Headline yang Menarik

Tips selanjutnya adalah membuat headline semenarik mungkin, terutama bagi audiens yang dituju. Headline atau judul yang menarik akan menarik perhatian pembaca untuk membaca lebih lanjut. Pastikan headline yang Anda buat berbentuk singkat, jelas, dan menarik.

3. Fokus Pada Manfaat

Ketika membuat copy pada produk, Anda bisa berfokus pada manfaat yang diberikan atau keunggulan yang dimiliki. Hal ini akan bisa lebih menarik audiens dibanding hanya mencantumkan fitur produk.

4. Gunakan Kalimat “Siapa Lagi”

Agar copy lebih menarik, Anda bisa menggunakan kalimat “Siapa lagi yang ingin…?”. Selain menarik perhatian, kalimat ini juga akan membuat audiens merasa tidak ingin ketinggalan dengan yang Anda tawarkan. Contohnya, “Siapa lagi yang ingin masuk kampus idaman?”

5. Gunakan Kata “Tanpa”

Jika Anda ingin membuat copywriting yang ampuh, Anda bisa gunakan kata “tanpa”. Kata ini bertujuan untuk menawarkan sisi dan manfaat dari produk dijual. Contohnya, “Ini dia 5 cara jualan online tanpa kena tipu.”

6. Gunakan Kata “Bahkan Jika”

Ketika Anda ingin menekankan keunggulan produk tapi bosan dengan kalimat yang itu-itu saja, Anda bisa menggunakan kata “bahkan jika”. Contohnya, “Pelatihan bisnis garansi sampai bisa, bahkan jika Anda seorang pemula!”

7. Gunakan Cerita atau Storytelling

Tips selanjutnya adalah membuat copywriting dengan gaya bercerita atau storytelling. Cerita bisa membuat copy Anda lebih menarik dan mudah diingat. Gunakan cerita yang terkait dengan produk, atau cerita yang bisa memengaruhi emosi pembaca.

8. Akhiri dengan Persuasi

Agar bisa mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang diharapkan, pastikan Anda mengakhiri dengan persuasi. Gunakan CTA (call-to-action) yang menarik dan bersifat persuasi seperti: “Daftar Sekarang”, “Pesan Sekarang”, “Klik Di Sini”, dan lain sebagainya.

Seperti keahlian lain pada umumnya, teknik copywriting juga perlu terus diasah agar bisa menghasilkan copy yang menarik. Selain itu, perhatikan juga aset digital lain yang disertakan dalam iklan atau kampanye pemasaran. Keseluruhan aset digital akan saling berkesinambungan untuk mendapatkan hasil kampanye pemasaran yang diharapkan.

Jika Anda masih belum memahami atau ingin memiliki pengetahuan yang lebih dalam Anda harus mengikuti kursus IT di ITBOX.ITBOX merupakan kelas kursus online yang dibimbing langsung oleh praktisi profesional dan sudah memiliki sertifikasi internasional.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill