Sosial Media Marketing Adalah: Pengertian, Strategi, dan Manfaatnya – Dalam upaya untuk meningkatkan traffic ataupun brand awareness terutama untuk usaha berbasis online. Tentunya penyusunan strategi marketing secara online diperlukan dan salah satu caranya dengan menggunakan social media marketing. Untuk bisa menerapkan strategi pemasaran ini, tentunya kalian memerlukan media sosial untuk usaha yang dijalankan. Supaya mengetahui lebih jelas mengenai strategi pemasaran yang satu ini sebaiknya simak informasi berikut.
Daftar Isi Artikel
ToggleSocial Media Marketing Adalah Panduan Lengkapnya
Mengenal Apa Itu Social Media Marketing

Social media marketing adalah suatu bentuk pemasaran digital yang memakai media sosial serta situs website guna memasarkan produk ataupun jasa usaha dengan cara berbayar serta organik. Kemesraan ini bisa berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan, menyelesaikan pertanyaan serta keluhan, dan lain sebagainya. Strategi pemasaran ini dapat melibatkan berbagai aktivitas, semacam menyebarkan brand awareness, membangun kehadiran pada jejaring sosial, meningkatkan konversi ROI, dan lainnya. Sosial Media Marketing Adalah Pemilihan platform untuk strategi ini juga tergolong penting. hal ini karena berkaitan pada kesesuaian target market yang sudah dibuat. Jadi kesuksesan pada sistem ini juga tergantung kepada platform yang digunakan.
Kenapa Social Media Marketing Itu Penting?
Di era digital seperti saat ini tentunya media sosial sangat berpengaruh secara masif untuk kehidupan masyarakat. Tentunya strategi marketing memakai media sosial dianggap ampuh guna menjangkau calon konsumen. Berikut ini beberapa alasan kenapa pemasaran melalui media sosial penting.
-
Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness yakni konsumen maupun calon konsumen bisa secara langsung mengenali serta mengingat merek kendati hanya melihat logonya, warna, gambar, dan contoh produknya. Langkah awal supaya mereka bisa mengenali produk ataupun jasa yang dipromosikan caranya dengan melihat sekilas dari produk yang telah diunggah pada sosial media. Produk yang secara continue diunggah dapat membuat pelanggan bisa memperhatikan ataupun tertarik dengan produk tadi.
-
Meningkatkan User Engagement
Tentunya semakin banyak calon pelanggan ataupun customer yang mengetahui lalu memberikan perhatian untuk merek ataupun produk usaha yang dijalankan tentu berdampak pada banyak pelanggan yang akan diperoleh. Terjadinya interaksi ke pelanggan maupun calon pelanggan tadi bisa meningkatkan user engagement.
-
Mampu Mengetahui Strategi Promosi dari Kompetitor
Sekarang sudah banyak pelaku usaha yang menggunakan media sosial guna memasarkan produk ataupun jasanya. Tentunya dengan memakai media sosial akan lebih mudah dalam mempelajari strategi promosi dari kompetitor sampai kepada inovasi produk yang dilakukan.
-
Mengetahui Respons Pelanggan
Pemakaian strategi ini bisa dipergunakan untuk mengetahui respon dari pelanggan pada produk yang dijual. Respon tadi berupa feedback, survei, ataupun komentar.
Strategi Social Media Marketing Adalah
Secara umum, ada beberapa strategy social media marketing yang bisa diterapkan. Untuk lebih jelasnya berikut informasinya.
-
Melakukan Riset serta Audit Evaluasi
Riset serta audit evaluasi dari media sosial sangat diperlukan terutama untuk kalian yang akan membuat konten bagi para pelanggan. Kalian juga bisa menentukan soal strategic defense and attack di dalam promosi usaha.
-
Menetapkan Metrics
Setelah melakukan riset dan audit maka kalian akan memperoleh data lengkap serta valid. Data tersebut nantinya bisa diolah guna menentukan metrik pada sistem pemasaran ini. Metrik ini merupakan data yang dipergunakan untuk melakukan pengukuran serta menentukan suksesnya sebuah upaya dari marketing produk memakai sosial media. Pengukuran bisa memakai bantuan dari tool semacam Google Analytics.
-
Target Market Customer
Social media marketing strategi lainnya yakni selera dari audiens ataupun customer. Selera dari customer tadi bisa menjadi suatu tolak ukur untuk kecocokan produk yang dibuat. Tentunya pemetaan selera customer akan membuat konten menjadi menarik ketika diunggah ke sosial media.
-
Menentukan Platform
Tentukan platform yang akan digunakan karena masing-masing platform tadi memiliki fitur yang berbeda. ini tentunya akan berpengaruh ke penyajian konten.
-
Buatlah Konten yang Menarik
Social media for marketing strategy selanjutnya yakni membuat konten yang menarik sehingga bisa menghasilkan peningkatan pada engagement serta sharing. Konten menarik dapat membuat orang membeli serta memakai produk yang tengah dipromosikan tadi.
-
Bekerja Sama dengan Influencer
Influencer merupakan seseorang yang memiliki akun media sosial yang pengikutnya banyak serta memiliki kemampuan dalam mempengaruhi para pengikutnya guna memakai produk yang dipromosikan. Sebaiknya cari influencer yang memang cocok serta mewakili dari produk yang tengah dipromosikan.
-
Menjadwalkan Waktu Untuk Unggah Konten
Sebaiknya lakukan pengaturan waktu secara tepat guna mempromosikan produk sehingga akan semakin banyak orang yang dapat melihat produk kalian untuk menerapkan social media marketing ini.
-
Manfaatkanlah Ads (Iklan)
Kalian juga dapat memanfaatkan ads untuk masing-masing platform media sosial. Ini tentunya bertujuan supaya reach unggahan bisa meningkat. Tersedia banyak layanan iklan seperti LinkedIn Ads, Twitter Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lainnya.
-
Evaluasi dan Controlling
Tentunya masing-masing konten yang akan diunggah bisa menghasilkan data akurat. Data tersebut yang dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi serta controlling selanjutnya. Melalui evaluasi nantinya kalian bisa mempelajari pola customer supaya bisa melakukan strategi sehingga pas dalam menjalankan promosi selanjutnya.
Beberapa Contoh Social Media Marketing Adalah
Setelah mengetahui pengertian dan strategi dari social media marketing tentunya kalian akan penasaran dengan contohnya. Untuk contohnya bisa diambil dari platform sosial media yang dipergunakan sebagai berikut.
- Iklan video Twitter
- Iklan video Instagram
- Iklan video Facebook dan lainnya
Manfaat Penggunaan Social Media Marketing Adalah

Pemasaran memakai media sosial tentunya memberikan sebuah keuntungan yang besar untuk brand. Berikut ini merupakan manfaatnya.
Bisa Menjadi Top of Mind
Tentunya dalam era ini banyak orang yang akan tenggelam dalam lautan informasi jadi kebanyakan akan memiliki Fear of Missing Out (FOMO) atau rasa takut jika ketinggalan informasi. Tentunya konten yang dihadirkan secara reguler serta menarik akan diingat oleh konsumen.
Memperoleh Ide Konten Baru
Informasi yang dipergunakan dengan bijak tentunya akan menguntungkan. Bantuan dari media sosial tentunya akan membantu dalam memperoleh ide konten lewat konten kompetitor, update, berita, dan lainnya. Untuk dapat membuat brand awareness tentunya merek mengandalkan pemberitaan serta referensi di dalam pembuatan konten yang disenangi customer.
Manajemen Reputasi Online
Kalian jangan pernah mengabaikan umpan balik, keluhan, dan pertanyaan dari konsumen. Pemakaian media sosial dengan proaktif dapat menjadikan layanan serta keterlibatan pelanggan dengan baik.
Kemampuan Ads Berbayar Diperluas
Tentunya platform media sosial bisa menjalankan iklan berbayar menggunakan penargetan secara tepat. Sebaiknya temukan segmen customer secara tepat jadi produknya diminati serta dibeli oleh para konsumen maupun calon konsumen.
Memberikan Pendapatan yang Efektif
Media sosial bisa dipergunakan sebagai sarana terampuh di dalam memasarkan produk yang nantinya dijual. Melalui bantuan iklan berbayar akan menjadikan reach ataupun jangkauan promosi produk kian luas dan tentunya sesuai target market yang diinginkan. Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai social media marketing adalah strategi digital marketing. Untuk mempelajari strategi ini lebih jauh, jangan ragu mengambil kursus di ITBOX yang tentunya berkualitas.


