SEM Adalah : Pengertian & Kelebihan Search Engine Marketing

February 28, 2023

SEM Adalah : Pengertian & Kelebihan Search Engine Marketing

SEM Adalah : Definisi & Kelebihan Search Engine Marketing – Strategi SEM sering diterapkan banyak orang terutama yang ingin melakukan pemasaran dengan memanfaatkan mesin pencari untuk platform yang bisa membantu mencapai berbagai tujuan pemasaran. Dengan teknik satu ini, bisa membantu suatu bisnis dalam meningkatkan visibilitas pada mesin pencari atau Google, bisa meningkatkan traffic atau lalu lintas menuju situs mereka, termasuk meningkatkan penjualan juga.

SEM Adalah , Yuk Simak Penjelasannya

Apa yang Dimaksud dengan SEM?

SEM Adalah : Pengertian & Kelebihan Search Engine Marketing

Cara melakukan pemasaran search engine yaitu dengan memakai iklan PPC atau ‘Pay-Per-Click’, suatu bisnis membayar biaya setiap kali ada pengguna klik iklan mereka. Metode pemasaran ini dapat juga mencakup SEO atau optimasi pada mesin pencari agar membantu situs menempati peringkat lebih tinggi pada hasil searching organik.

Pemasaran yang dibahas pada artikel ini yaitu pemasaran search engine, lebih jelasnya mengenai apa itu SEM atau ‘Search Engine Marketing’ yaitu teknik pemasaran secara digital yang memakai mesin pencari untuk platform yang bisa menampilkan iklan lalu meningkatkan visibilitas situs pada Google atau mesin pencari.

Apa Bedanya SEM dan SEO?

Keduanya merupakan teknik berbeda tapi sama-sama digunakan untuk pemasaran digital agar meningkatkan visibilitas web pada mesin pencari. Meski mirip, teknik-teknik tersebut mempunyai perbedaan untuk cara kerjanya. Berikut bahasan lebih jelas mengenai perbedaan SEO dan SEM:

1. SEO

SEO merupakan teknik dengan fokus tujuan optimasi konten web supaya mudah ditemukan lalu mempunyai urutan tinggi pada hasil pencarian lewat mesin pencari. Search engine optimization diterapkan lewat mengoptimalkan elemen mulai dari judul, kata kunci, struktur link dan deskripsi agar sesuai kriteria yang sudah ditetapkan mesin pencari.

Tidak perlu biaya pada dasarnya pada SEO, tapi butuh usaha dan waktu agar meningkatkan peringkat web dalam mesin pencari.

2. SEM

Pada sisi lain, SEM adalah merupakan metode pemasaran digital dengan mesin pencari untuk platform iklan. Melalui pemasaran ini, iklan bisa ditempatkan agar meningkatkan eksposur setelah membayar biaya tertentu. Perlu biaya agar menampilkan iklan dalam pemasaran search engine, tetapi bisa menghasilkan hasil lebih cepat, lebih terukur dan lebih jelas hasilnya dibandingkan SEO.

Perbedaan utama yang jelas antara keduanya yaitu untuk SEM perlu biaya agar menampilkan iklan, sementara SEO pada dasarnya tidak perlu biaya tapi butuh lebih banyak usaha dan waktu. Keduanya bisa diterapkan bersamaan agar hasilnya lebih efektif.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Strategi SEM?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Strategi SEM?

Kelebihan utama pemasaran search engine yaitu hasilnya terukur dan lebih cepat. Hal tersebut bisa meningkatkan traffic menuju website dan pada akhirnya bisa saja meningkatkan penjualan secara signifikan.

Pada akhirnya, pemasaran search engine bisa meningkatkan efektivitas penggunaan iklan dan mampu menghemat biaya untuk pemasaran juga. Meski ada banyak kelebihan-kelebihannya, tapi ada beberapa kekurangan juga dari strategi pemasaran satu ini.

Misal diperlukannya biaya agar menampilkan iklan itu sendiri. Biaya tersebut bisa cukup tinggi berdasarkan kata kunci tertentu yang dipilih atau pun kompetisi di pasar. Iklan yang tampil bergantung kebijakan Google atau mesin pencari terkait yang bisa saja berubah.

Maka dari itu, harus ada strategi tepat dengan pengelolaan baik agar mendapatkan hasil pemasaran search engine yang maksimal .

Cara Menerapkan Strategi SEM Adalah

Agar kamu bisa menerapkan dengan benar SEM ini, bisa coba perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan target audiens dan apa saja tujuannya

Penting menentukan tujuan apa saja yang ingin kamu capai jika ingin menerapkan pemasaran ini, misalnya meningkatkan traffic, meningkatkan penjualan, brand awareness atau lainnya. Perlu juga tentukan target audiens mana saja yang ingin kamu capai, misal berdasarkan minat, lokasi geografis, atau umur.

2. Tentukan mesin pencarinya

Karena akan menjadi platform yang menampilkan iklan, maka mesin pencari harus dipilih dengan tepat yang bisa memengaruhi sejauh apa jangkauan iklan termasuk hasil yang nanti akan diperoleh. Google merupakan mesin pencari paling populer dan terbesar memang, tetapi tak menutup kemungkinan juga menggunakan yang lain seperti mesin pencari Yahoo atau Bing.

3. Buat iklan semenarik mungkin

Perlu kamu perhatikan, iklan yang akan dibuat perlu menarik perhatian dan bisa memberikan informasi relevan dengan jasa layanan atau produk yang ditawarkan. Buatlah judul menarik dengan deskripsi yang informasinya jelas. Kamu bisa juga gunakan media seperti video dan gambar agar daya tarik iklannya lebih menjanjikan.

4. Pilih kata kunci paling relevan

Keyword bisa saja menentukan banyak aspek seputar iklan yang akan dilihat pengguna internet. Pilihlah kata kunci paling relevan berdasarkan produk terkait, tapi juga bukan keyword yang terlalu umum agar biaya iklan nantinya tidak tinggi.

5. Memastikan anggaran iklan sudah sesuai

Dari anggaran iklan yang ada menentukan berapa banyaknya iklan yang bisa ditampilkan termasuk seberapa lamanya iklan tersebut dapat ditampilkan lewat SEM. Anggaran terlalu rendah bisa menyebabkan iklan tak dapat tampil secara optimal, sementara jika anggaran terlalu tinggi, maka bisa membuat alokasi biaya pemasaran menjadi terlalu tinggi dari jenis biaya lain.

Lebih baik tentukan nilai anggaran yang paling sesuai dengan target audiens maupun tujuan yang hendak dicapai.

6. Melakukan monitor hasil

Kalau iklan sudah ditayangkan, maka perlu lakukan monitoring mengenai hasil yang didapat, seperti dari jumlah klik, ROI atau konversi. 

Dengan bahasan di atas, tentunya kamu sudah lebih paham bukan mengenai apa itu SEO dan SEM? Jika ingin lebih memahami strategi pemasaran digital, optimasi website dan bidang lain sejenisnya, kamu bisa coba ikuti pelatihan terpercaya. ITBOX merupakan salah satu platform pembelajaran yang terpercaya dalam bidang IT.

Materi yang sudah disusun praktisi merupakan materi up-to-date dan terstruktur. Kamu akan berlatih step by step, pelatihan di ITBOX cocok untuk pemula sampai yang sudah mahir.

Demikian saja bahasan seputar kali ini SEM, semoga bermanfaat.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill