Digital Marketer Adalah: Funnel Digital Marketing, Tahapan dan Tipsnya

Digital Marketer Adalah: Funnel Digital Marketing, Tahapan dan Tipsnya

Digital Marketer Adalah: Funnel Digital Marketing, Tahapan dan Tipsnya – Salah satu profesi yang ada di dunia digital yaitu ada digital marketer yang merupakan profesi di bidang pemasaran. Digital marketer adalah profesi ini sangat ini banyak dibutuhkan Karena perusahaan banyak yang membutuhkan seseorang yang bisa bertanggung jawab dalam bidang Digital marketing untuk produk perusahaan mereka.

Seorang yang ahli dalam bidang Digital marketing atau digital marketer ini sangat penting untuk membangun brand awareness serta komunikasi dengan konsumen.

Digital Marketer Adalah ? Yuk Simak Dasar Digital Marketer & Panduan Lengkapnya

Digital Marketer Adalah: Funnel Digital Marketing, Tahapan dan Tipsnya

Salah satu yang paling penting dalam Digital marketing yaitu ada funnel digital marketer yang bisa membantu untuk memahami dalam proses calon pelanggan hingga memutuskan untuk membeli produk yang dijual oleh suatu perusahaan ataupun layanan yang ditawarkan.

Dengan memahami proses tersebut maka seorang digital marketer ini bisa Merancang strategi yang tepat bagaimana untuk memaksimalkan konversi yang diinginkan oleh suatu perusahaan.

Setelah mengetahui apa itu digital marketer selanjutnya Anda juga harus paham terkait dengan manfaat yang dimiliki oleh marketing funnel.

Apa Itu Marketing Funnel

Marketing funnel merupakan sistem ataupun cara untuk menjelaskan tahapan yang bisa dilalui oleh pelanggan sebelum pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian. Hal tersebut mencakup tahapan mulai dari warna sampai dengan tahapan hingga pembeli siap untuk membeli produk ataupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Sebagai contoh yaitu bisnis Anda menjual sebuah buku maka seorang digital marketer dapat menjelaskan bagaimana tahapan pertama kali audiens sehingga bisa mendengar brand buku yang Anda miliki. Sehingga akhirnya mampu menarik perhatian untuk dapat melakukan pembelian serta memutuskan untuk menjadi seorang pelanggan.

Marketing funnel ini jadi salah satu cara untuk dapat menghadirkan visibilitas setiap tahapan yang sangat berhubungan dengan pelanggan.

Manfaat Digital Marketer Funnel Adalah

Seorang funnel digital marketer ini memiliki berbagai manfaat yaitu diantaranya sebagai berikut.

  • Pertama dapat meningkatkan penjualan. Anda bisa menyesuaikan jenis dari konten serta strategi yang paling relevan dengan kebutuhan dari pelanggan.
  • Kedua yaitu bisa mendapatkan Insight terkait dengan perilaku calon pelanggan dalam melakukan pembelian.
  • Ketiga yaitu bisa membantu untuk mengidentifikasikan area mana yang butuh untuk ditingkatkan. Anda dapat mengetahui tahapan mana yang kerap kali kehilangan seorang pelanggan sehingga hal ini bisa mengubah strategi pemasaran yang harus dilakukan dan pencegahannya.

Tahapan Marketing Funnel

Pada umumnya seorang digital marketer bisa mengkategorikan marketing funnel ini Berdasarkan model dari AIDA yang bisa membagi customer Journey dari awal tahap interaksi hingga konversi ke dalam empat tahap yaitu sebagai berikut.

Awareness

Tahapan pertama yang ada pada digital marketing funnel ini yaitu ada tahap awareness. Tahapan ini merupakan tahapan dimana orang mulai untuk mengetahui produk ataupun brand dari suatu perusahaan.

Hal ini tentu saja dapat terjadi dalam berbagai cara seperti contohnya pada saat calon pelanggan membaca suatu artikel blog, ataupun mendengar sebuah podcast menyebutkan sebuah brand ataupun produk, atau bisa juga melihatnya melalui iklan yang ada di Facebook, ataupun mencari sesuatu di Google dan menemukan situs perusahaan Anda.

Dalam perspektif marketing hal ini merupakan tahapan dan tujuan utama untuk memperkenalkan produk serta merek Anda kepada target audience yang sudah dituju. Hal ini merupakan tahapan dimana strategi serta upaya pemasaran harus difokuskan untuk dapat menarik perhatian serta menjangkau lebih banyak orang.

Keberhasilan dari tahapan ini akan membantu untuk meningkatkan jumlah kulit yang bisa diarahkan ke dalam tahapan marketing funnel.

Interest

Tahap kedua yaitu ada tahap interest yang merupakan tahapan dimana calon pelanggan mulai untuk terpikat pada produk Anda. Setelah mengetahui brand ataupun produk yang Anda miliki mereka mulai mempertimbangkan produk tersebut dan membandingkannya.

Biasanya dalam membandingkan ini mereka mempelajari fitur dan juga manfaat yang ditawarkan oleh produk Anda dengan produk dari perusahaan lainnya. Fokuskan strategi pemasaran untuk memberitahukan audiensi terkait dengan fitur dan juga manfaat yang dimiliki oleh brand Anda

Desire

Tahapan yang ketiga yaitu ada tahapan Desire dimana para pelanggan mulai untuk menginginkan produk ataupun layanan yang Anda tawarkan dan berniat untuk melakukan pembelian. Pada tahapan ini perspektif audience ini mulai berubah dan juga menyukai menjadi menginginkan.

Hal ini tentu saja merupakan tahap yang butuh dorong yang lebih untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Sasaran utama di sini yaitu untuk melibatkan calon konsumen menginginkan produk Anda daripada brand lainnya.

Perlu juga ditekankan disini bahwa tahapan interest dan juga desire ini merupakan tahapan yang sering terjadi beriringan tinggal kadangkala digabungkan menjadi satu.

Action

Tahapan terakhir yang dimiliki oleh marketing funnel yaitu ada action. Tahapan di sini yaitu tahapan terakhir di mana calon konsumen mengubah suatu tindakan yang diinginkan dan mengubahnya menjadi seorang pelanggan.

Semua marketing funnel harus menyampaikan urgensi untuk mendorong konsumen dalam mengambil tindakan dan juga mengubahnya menjadi seorang pelanggan. Meskipun demikian perlu dipahami bahwa tahapan marketing funnel ini dapat disesuaikan dan juga dipecah jadi lebih lanjut berdasarkan dengan kebutuhan setiap bisnis.

Terkadang seorang marketer ini bisa jadi menggunakan 3 tahapan funnel yang terdiri lead generation, nurturing, serta konversi.

Bagi seorang Digital marketing pemula ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Tentukan goals bisnis

Tips pertama yang harus diperhatikan yaitu menentukan goals ataupun tujuan bisnis kalian. Tujuan-tujuan bisnis ini memang terkesan sepele tetapi banyak Pemuda memulai berbisnis tanpa tahu hal ini sehingga mereka tidak tahu kemana akan membawa perusahaan yang mereka jalankan.

Oleh karena itu untuk dapat menyusun strategi pemasaran Anda harus paham terlebih dahulu kemana akan membawa perubahan tersebut apa tujuannya. Jika sudah begitu maka Anda bisa menentukan langkah selanjutnya dengan begitu mudah.

Identifikasi target konsumen

Lanjut yang harus diperhatikan dalam Digital marketing yaitu mengidentifikasi target konsumen yang Anda inginkan. Hal ini merupakan salah satu poin yang sangat penting dalam merencanakan strategi marketing dengan digital marketer. Mulailah untuk menentukan klasifikasi dari konsumen tujuan seperti contohnya gender, lokasi serta umur.

Selain itu Anda juga bisa mengidentifikasi lebih dalam seperti minat, hobi, serta pekerjaan yang mereka lakukan.

Pelajari kompetitor

Selanjutnya harus diperhatikan yaitu mempelajari kompetitor marketing. Demi memperkuat strategi marketing yang Anda miliki maka Anda harus paham siapa kompetitor ataupun pesaing Anda miliki. Setelah itu lakukan analisa serta pelajari apa yang mereka kerjakan sehingga Anda bisa jauh lebih mudah untuk menentukan target pasar.

Search Engine Marketing (SEM)

Selanjutnya yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan strategi Marketing yaitu harus paham terkait dengan search engine marketing. SEM ini bisa memaksimalkan performa dari situs yang Anda miliki di search engine sehingga mampu menggapai pengunjung dengan mudah

Itulah beberapa informasi terkait dengan digital marketer. Anda ingin menjadi seorang digital marketer yang baik maka Anda bisa mengikuti Digital marketer course yang biasanya diadakan oleh banyak perusahaan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja Hingga Jenisnya!

Hyperlink Adalah : Pengertian , Jenis & Beserta Fungsinya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category