Perbedaan Http Dan Https , Beserta Cara Kerjanya

Perbedaan Http Dan Https , Beserta Cara Kerjanya

Perbedaan Http Dan Https , Beserta Cara Kerjanya – Bagi Anda yang sudah sering berhubungan dengan website tentu sudah pernah mendengar tentang Http & Https. Keduanya sudah sangat dikenal untuk mereka yang memang sudah berkecimpung di dunia website. Namun, apakah Anda tahu perbedaan antara Http & Https tersebut?

Sebenarnya keduanya sama-sama sebagai protokol pertukaran data, tetapi ada yang menjadi pembeda antara keduanya. Berikut ini akan diulas dengan lengkap terkait dengan Http dan Https.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Diketahui

Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Wajib Diketahui

Apa itu Http? Tentu sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga tentang Http. Http adalah protokol yang memiliki fungsi untuk mengirimkan data dari website server menuju ke browser. Http ini digunakan untuk pengaturan proses menampilkan website.

Kepanjangan http yaitu Hypertext Transfer Protocol yang tentunya sudah sangat familiar. Masalah utama pada http yaitu dari segi keamanan. Data dari http ini dapat diintip oleh pihak lainnya pada saat pertukaran data sedang terjadi.

Sedangkan https merupakan versi dari http yang jauh lebih aman. ‘S’ pada https ini mewakili dari kata secure https sendiri sudah menggunakan sistem yang terenkripsi atau pengacakan data yang akan sulit untuk diretas pihak lainnya.

Https sendiri biasanya digunakan bagi website untuk penyimpanan data seperti contohnya Website toko online ataupun membership. Pada saat website sudah menggunakan https maka URL nya akan diawali dengan https://.

Selain itu ada berbagai perbedaan antara http & https yaitu sebagai berikut.

  • Penggunaan SSL

Perbedaan pertama yang ada antara http & https yaitu pada penggunaan SSL nya. SSL sendiri merupakan metode untuk akses website menggunakan sambungan dari protokol yang terenkripsi.

Http sendiri merupakan protokol yang belum menggunakan sertifikat keamanan SSL ini. Sedangkan pada https sudah menggunakan SSL atau TLS untuk enkripsi data mereka. Penggunaan SSL yang sudah aktif pada https ini akan membuat pesan diacak ketika browser meminta data yang bersumber dari web server.

Oleh karena itulah data hanya dapat terbaca dengan baik ketika website memiliki kunci enkripsi yang telah ditentukan. Keberadaan SSL di sebuah website ini akan ditandai dengan icon gembok pada URL di browser.

Baca Juga : 10 Penyedia Layanan Cloud Hosting dengan Kualitas Terbaik

Pada saat Anda membuka sebuah browser maka lihat ke bagian atas kiri dan akan terlihat icon gembok yang menandakan bahwa website tersebut termasuk https yang menggunakan SSL.

  • Penggunaan Port

Perbedaan selanjutnya antara http & https ada pada penggunaan port nya. Pada http masih menggunakan port 80 dan komunikasi datanya masih dengan menggunakan teks biasa jadi akan mudah diretas.

Sedangkan untuk https ini sudah dengan port 443 yang jauh lebih aman daripada port 80 yang di setiap komunikasi atau transfer datanya sudah terenkripsi. Sehingga data yang ada tidak mudah dibaca oleh pihak lainnya.

Perbedaan selanjutnya antara http & https yaitu dari segi keamanan datanya. Https sendiri sudah menggunakan 3 prosedur untuk keamanan datanya yaitu sudah melalui autentikasi server enkripsi data dan juga integritas data.

Tetapi hal tersebut tidak ditemukan pada http. Hal tersebutlah yang menjadi perbedaan antara http dan juga https yang sangat terlihat jelas. Autentikasi server sendiri bisa digunakan untuk memastikan penggunanya dalam melakukan komunikasi pada situs yang benar.

Sehingga https sendiri dapat menghindari serangan penyusup pada saat pertukaran data sedang terjadi.

Enkripsi data sendiri dilakukan untuk menjaga dari penyadapan dan juga pencurian selama berlangsungnya proses transfer data.

Terakhir yaitu integritas data yang sangat diperlukan untuk proses transfer dapat dilakukan. Hal ini dikarenakan data yang dikirim tersebut akan dibungkus oleh protokol yang tidak dapat lagi diubah.

Cara Kerja Https

Pada saat ada permintaan dari sebuah website akan melakukan pengecekan terlebih dahulu Apakah website sudah terhubung SSL atau belum. Hal ini bisa saja terjadi pada koneksi http. Apabila website sudah memiliki sertifikat SSL maka akan terjadi SSL handshake yang mengandung enkripsi dan dekripsi data antara server dengan client.

Jika sertifikat SSL nya valid maka selanjutnya akan dibuat session key oleh server dan 2 client yang berarti komunikasi datanya dapat dilakukan secara aman. Indikator gembok juga muncul pada website proses browsing sudah tervalidasi keamanannya.

Fungsi Https

Ada beberapa fungsi dari https yang harus Anda ketahui. Fungsi https adalah sebagai berikut.

  • Dampak Positif Pada SEO

Fungsi https pertama yaitu untuk memberikan dampak positif pada SEO. Algoritma dari Google menentukan hanya website yang menggunakan SSL lah yang nantinya bisa muncul dan direkomendasikan di hasil pencarian.

Oleh karena itu apabila Anda menginginkan website yang mudah ditemukan di pencarian maka harus menggunakan https bukan http.

  • Meningkatkan Keamanan

Fungsi kedua dari https yaitu untuk meningkatkan keamanan dari website? Apa itu https? apa fungsinya dan apakah sangat penting bagi website? Tentu saja https ini merupakan sesuatu yang sangat penting karena dapat meningkatkan keamanan dari website.

Https sendiri sudah menggunakan sistem enkripsi akan sulit untuk diretas dan dicuri ataupun salah dalam pengiriman datanya.

  • Menambah Kredibilitas

Selanjutnya yaitu itu dapat menambah kredibilitas dari sebuah website. Transfer data dari website tersebut akan mendapatkan perlindungan tambahan sehingga menjadi salah satu website yang kredibel.

Selain http & https tentu saja Anda sudah sering mendengar tentang www. Www adalah kumpulan dari sumber daya internet text hyperlink, video, audio, file dan juga situs jarak jauh yang dengan mudah diakses dan juga dicari oleh browser Sesuai dengan standar seperti TCP atau IP dan http.

Www merupakan kepanjangan dari World Wide Web yang merupakan sesuatu hal yang banyak dianggap oleh orang lain sebagai internet.

Http ww merupakan dua hal yang sangat berbeda tetapi ternyata ada yang mirip diantara keduanya. Www merupakan bagian dari HTTP yang perlu Anda ketahui.

Cara Kerja Http

http

  • Http client akan membuat sambungan yang dikirimkan ke web server.
  • Setelah itu selama http server tersebut memproses permintaan dari client maka http client harus menunggu respon.
  • Proses selesai dan web server sudah dapat menjawab permintaan dengan kode status data yang kemudian berubah menutup sambungan.

Secara garis besar cara kerja dari http ini yaitu klien akan terlebih dahulu melakukan permintaan kepada servers kemudian barulah server akan mengirimkan respon yaitu berupa file html.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula (TANPA CODING)

Kesimpulan Perbedaan Http Dan Https

Itulah beberapa informasi terkait dengan http dan https yang harus Anda ketahui. Memang http dan https memiliki perbedaan yang sangat jauh. Meskipun hanya berbeda satu huruf saja di belakangnya tetapi hal ini sudah mempengaruhi berbagai aspek termasuk cara kerja dan keamanan yang dimiliki oleh https.

Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang masih bingung terkait dengan perbedaan antara http & https.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

Oracle Adalah: Pengertian, Fungsi dan Database Indonesia

PostgreSQL Adalah : Layanan Management Database Terbaik

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category