TikTok adalah salah satu media sosial terpopuler dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Banyak pengguna yang mengunggah konten setiap harinya berharap agar bisa masuk di FYP. Lantas, apa itu FYP?
Bagi para pengguna FYP, mungkin istilah ini sudah tidak asing dan sering didengar. FYP adalah kepanjangan dari For You Page.
Di artikel kali ini kita akan membahas apa itu FYP serta cara FYP di TikTok agar konten Anda semakin dilihat banyak orang. Namun sebelum membahas itu, mari kita membahas terlebih dahulu apa itu TikTok.
Daftar Isi Artikel
ToggleApa Itu TikTok
Aplikasi TikTok berkaitan erat dengan FYP. Di aplikasi inilah istilah FYP digunakan.
TikTok adalah aplikasi media sosial yang dimana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi video pendek yang berdurasi sekitar 3 detik hingga 10 menit. Pengguna dapat membuat video dengan audio musik pendukung dan juga menggunakan efek filter.
TikTok termasuk kedalam media sosial terpopuler, yang dimana aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Popularitas TikTok dianggap bisa memberi pengaruh kepada penggunanya dalam hal tren baru dan juga memberikan informasi.
Selain mengunggah konten dalam bentuk video, pengguna dapat melakukan siaran langsung atau live streaming, hingga berjualan melalui TikTok Shop.
TikTok menjadi semaking populer dikarenakan inovasi fiturnya semakin berkembang dari waktu ke waktu.
Apa Itu FYP
Di aplikasi TikTok, FYP merupakan istilah yang kerap digunakan oleh banyak. Apa itu FYP?
FYP yang merupakan singkatan dari Four You Page memiilki arti yaitu halaman untuk Anda. Ketika menggunakan TikTok, halaman pertama yang muncul saat aplikasi tersebut pertama dibuka adalah halaman FYP.
Biasanya halaman tersebut berisi video-video yang direkomendasikan untuk Anda dan dibentuk sesuai dengan algoritma video yang Anda minati. Video yang ada di FYP bisa sangat random, bisa muncul video yang sedang viral atau juga video orang biasa yang memiliki likers yang sedikit.
Dengan FYP, konten Anda dapat dijangkau oleh banyak pengguna luas dan meningkatkan visibilitas akun yang akan berdampak pada jumlah share, like, dan komen. Sebenarnya fitur ini hampir mirip dengan fitur Explore yang ada di Instagram.
Konten yang ada di halaman FYP Anda biasanya dipengaruhi oleh algoritma TikTok. Hal tersebut bisa dipengaruhi berbagai faktor, seperti video yang sering Anda tonton, jenis konten dari akun yang Anda ikuti, hashtag atau tagar yang digunakan, serta video-video yang Anda sukai.
Nantinya FYP Anda akan berisi video-video yang relevan dengan algoritma pengguna. Konten yang dimuat biasanya direkomendasikan sesuai preferensi personal pengguna,minat, dan ketertarikan dari masing-masing pengguna.
Konten yang muncul di FYP TikTok sebagian besar akan memiliki banyak viewers, like, komen, dan bisa menambah lebih banyak pengikut. Karena itulah banyak orang yang berlomba-lomba agar kontennya dimuat di FYP.
Cara FYP di TikTok
Untuk memuat konten Anda agar bisa muncul di FYP TikTok, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut langkah-langkahnya :
1. Membuat Konten yang Menarik
Agar bisa masuk FYP di TikTok, buatlah konten yang menarik dan mampu meningkatkan engagement. Tentu saja kualitas video harus diperhatikan. Buatlah konten yang unik dan original.
Anda harus bisa menarik minat dan perhatian penonton agar mereka terhibur dan puas, sehingga mereka memberi feedback seperti like, comment, dan share.
Dengan meningkatkan engagement, hal ini dapat berpengaruh untuk meningkatkan ranking Anda sehingga besar kemungkinan dapat viral dan muncul di FYP para pengguna TikTok.
2. Tulis Caption yang Menarik
Dalam suatu konten, caption juga termasuk salah satu bagian penting. Buatlah caption semenarik mungkin yang benar-benar mewakili isi video TikTok yang diunggah.
Anda juga bisa memancing interaksi dari komentar para pengguna, dengan caption yang berupa pertanyaan. Hal ini juga berpengaruh agar konten Anda masuk ke FYP.
Mengapa bisa terjadi? Dengan banyakanya interaksi, maka dapat membantu memperbesar peluang Anda untuk meningkatkan engagement. Otomatis video tersebut bisa muncul di halaman FYP.
3. Gunakan Hashtag atau Tagar
Saat membuat caption video, gunakan hashtag atau tagar yang sedang trending. Pastikan juga hashtag yang digunakan masih relevan dengan video Anda.
Penggunaan hashtag dapat meningkatkan peluang untuk video Anda muncul di FYP, karena hashtag dapat memudahkan pengguna TikTok untuk melakukan pencarian.
Berikut contoh hashtag yang bisa digunakan agar muncul di FYP : #FYP, #foryou, #foryoupage.
Beberapa contoh hashtag tersebut dipercaya dapat meningkatkan popularitas video sehingga bisa muncul di FYP.
4. Mengunggah Konten di Jam Ramai
Dalam mengunggah suatu konten, ada jam-jam tertentu untuk menguploadnya yaitu di jam ramai. Jam ramai adalah waktu paling aktif para pengguna TikTok. Untuk meningkatkan penonton, sebaiknya unggah video Anda di jam ramai TikTok.
Biasanya, jam ramai TikTok di siang hari yaitu pukul 12.00 – 13.00 WIB, sore hari di pukul 16.00 – 17.00, dan malam hari di pukul 19.00 – 23.00 WIB. Jadwalkan waktu upload Anda agar bisa muncul di jam tersebut saat banyak pengguna TikTok yang sedang aktif.
5. Ikuti Tren dan Challenge
Anda bisa mengikuti tren yang sedang ada sebagai ide konten. Contohnya yaitu challenge atau tantangan unik.
Jika challenge tersebut viral, Anda bisa mencobanya dengan versi Anda sendiri. Karena sedang viral dan ngetren maka traffic konten Anda bisa naik dan berpeluang untuk masuk ke FYP.
6. Menggunakan Audio yang Sedang Populer
Audio adalah salah satu faktor penting dalam video. Ketika audio tersebut sedang populer maka banyak orang yang akan menonton konten dengan audio tersebut.
Gunakan audio atau lagu yang sedang ngetren untuk video Anda. Saat mengedit video, Anda memasukkan potongan lagu tersebut. Cara ini bisa efektif untuk membuat konten tersebut muncul di halaman FYP.
Namun tentu saja pastikan kualitas isi konten Anda juga, kalau bisa yang relevan dan sesuai dengan lagu tersebut. Seperti contohnya Anda bisa melakukan lipsync dengan menyanyikan lirik dari lagu tersebut. Atau Anda juga bisa membuat koreografi dari sebuah lagu populer.
7. Berinteraksi dengan Pengguna TikTok
Sebaiknya, cobalah sesering mungkin melakukan interaksi dengan penggun TikTok lainnya. Mungkin dengan menyukai dan memberikan komentar di video yang ada di halaman FYP.
Apalagi jika komentar Anda memiliki banyak likes, maka bisa memancing orang lain untuk membuka profile Anda dan mengikuti Anda atau menonton video Anda. Semakin banyak followers dan traffic video, maka akan meningkatkan kemungkinan video Anda bisa muncul di halaman FYP.
Kesimpulan
Itulah pembahasan mengenai apa itu FYP, serta beberapa cara FYP di TikTok. TikTok adalah platform yang efektif untuk Anda jika ingin meningkatkan popularitas, bahkan bisa untuk memasarkan sesuatu.
Banyak orang yang melakukan pemasaran dengan membuat konten di TikTok. Terlebih jika konten tersebut masuk FYP, pastinya akan meningkatkan penjualan.Ini adalah salah metode pemasaran digital yang biasa dilakukan oleh banyak bisnis.
Jika tertarik untuk mempelajari seputar strategi pemasaran digital, Anda bisa mengikuti kursus digital marketing di ITBOX. Kunjungi itbox.id untuk melihat kelas-kelas lainnya yang mungkin Anda minati!


