Kode referal adalah sebuah strategi yang dipakai oleh affiliate marketer untuk bisa memperoleh komisi. Biasanya untuk dibagikan oleh sebuah aplikasi agar lebih banyak konsumen atau pengguna yang memakai aplikasi. Kode ini tidak hanya akan menguntungkan pihak konsumen saja tetapi juga akan menguntungkan pihak pelaku bisnis atau pemilik aplikasi.
Untuk yang belum terlalu memahami kode ini dan ingin tahu sebenarnya fungsi kode ini apa saja dan jenisnya apa saja maka ada baiknya untuk membaca ulasan yang ada di bawah ini sampai selesai.
Daftar Isi Artikel
TogglePengertian Kode Referal
Kalau bertanya apa itu kode referal, kode ini merupakan sebuah kode unik yang terdiri dari angka dan juga huruf untuk nantinya digunakan mengidentifikasi setiap anggota pada program affiliate marketing. Kode ini nantinya bisa didapatkan konsumen setelah konsumen atau affiliate marketer sudah bergabung dengan program yang disediakan oleh pemilik aplikasi ataupun oleh sebuah perusahaan.
Selain itu, bisa dimanfaatkan untuk melacak proses perjalanan di saat kode tersebut diberikan ke konsumen sampai digunakan konsumen untuk membeli sebuah produk ataupun untuk menggunakan layanan sebuah aplikasi. Kode ini juga akan mempermudah perhitungan komisi yang bisa didapatkan konsumen dari pihak perusahaan atau dari penyedia program afiliasi.
Baca Juga : QR Code Adalah: Fungsi dan Cara Membuat QR Code
Cara Membuat Kode Referal
Untuk bisa membuat kode ini tidak terlalu sulit tergantung dari aplikasi atau platform yang menyediakan kode tersebut. Meskipun aplikasi yang menyediakan berbeda-beda tapi untuk cara pembuatannya tidak terlalu berbeda jauh yaitu dengan cara login ke aplikasi terlebih dahulu misalnya aplikasi e-commerce.
Setelah berhasil masuk ke aplikasi kemudian masuk ke bagian profil akun dan cari menu kode yang sudah tersedia di aplikasi tersebut. Jika sudah tinggal melakukan kostumisasi kode saja supaya kode tersebut lebih mudah diingat oleh orang.
Jika proses customisasi sudah selesai berarti cara buat kode referal sudah berhasil dipraktikkan. Konsumen yang sudah membuat produk tersebut tinggal membagikan kode dengan mengklik menu bagikan saja. Untuk yang ingin bisa membuat kode ini bisa ikuti kursus IT online di ITBOX.
Fungsi Utama Kode Referal
Kode ini memiliki banyak sekali fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh pembuat kode maupun untuk orang yang mendapatkan kode. Untuk tahu fungsi kode referal ini apa saja sebaiknya lihat ulasan singkat yang ada di bawah ini.
Menjaring Konsumen Baru
Fungsi utama kode referal adalah untuk mendapatkan lebih banyak konsumen baru. Kode ini memang sering sekali dimanfaatkan oleh pelaku bisnis yang ingin memperoleh konsumen baru dalam jumlah yang lebih banyak. Kode ini bisa mendatangkan banyak konsumen dikarenakan konsumen-konsumen baru biasanya ingin sekali mendapatkan keuntungan atau komisi dari pembelian produk baru.
Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Selain berfungsi untuk meningkatkan jumlah pelanggan ternyata kode ini juga bisa meningkatkan loyalitas atau tingkat kepercayaan konsumen. Pelaku bisnis bisa memanfaatkan kode ini dijadikan sebagai penghargaan untuk konsumen-konsumen yang sudah setia berbelanja atau membeli produk. Jadi untuk pelaku bisnis yang ingin konsumennya tidak pergi ke pesaing bisa menawarkan kode ini dengan berbagai macam keuntungan agar konsumen tetap setia.
Strategi Pemasaran Terbaik
Pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan kode referal ini untuk dijadikan strategi pemasaran khususnya di bidang jasa keuangan ataupun marketplace. Biasanya pelaku bisnis berbagai macam bentuk keuntungan untuk konsumen melalui kode ini seperti potongan harga, cashback untuk pembelian produk tertentu dan juga gratis ongkir. Dengan memberikan penawaran-penawaran seperti itu maka akan lebih banyak lagi pengguna aplikasi yang tertarik melakukan pembelian produk.
Menghasilkan Beragam Konten Promosi
Fungsi lain kode referal adalah menghasilkan konten promosi produk yang sangat beragam. Konsumen yang ingin mendapatkan keuntungan dari penggunaan kode ini biasanya diwajibkan untuk menciptakan konten promosi yang unik. Biasanya pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dari kode ini akan memanfaatkan berbagai macam platform untuk aplikasi dengan kode ini.
Baca Juga : SEM Adalah : Pengertian & Kelebihan Search Engine Marketing
Mengenal Cara Kerja Kode Referal
Agar nantinya bisa merasakan manfaat dari penggunaan referal ini maka perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya bagaimana cara kerja kode ini sampai akhirnya menghasilkan komisi untuk orang yang menggunakan. Untuk tahu cara kerjanya seperti apa bisa lihat penjelasan singkat berikut.
Penetapan Kode
Biasanya pihak yang mengeluarkan kode pasti akan menetapkan kode terlebih dahulu yang nantinya akan dibagikan. Ada dua jenis kode yang biasanya digunakan yaitu kode statis dan juga kode dinamis. Pelaku bisnis bisa menggunakan satu jenis kode saja tapi bisa juga memakai dua jenis kode sekaligus pada program afiliasi yang mereka buat.
Membagikan Kode
Cara kerja kode referal adalah membagikan kode, setelah berhasil mendapatkan kode selanjutnya konsumen tinggal mengajak orang lain untuk ikut menggunakan kode tersebut atau membagikan kode tersebut. Agar ada orang yang ingin tertarik untuk membagikan kode bisa gunakan strategi yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.
Mengumpulkan Kode
Saat mulai banyak orang yang memakai kode biasanya akan ada proses pengumpulan kode yang akan dilakukan untuk mengetahui kode yang diberikan benar-benar dimanfaatkan atau digunakan untuk membeli produk atau tidak. Proses ini sangat penting untuk dilakukan karena mempengaruhi jumlah komisi yang didapatkan.
Klaim Komisi
Proses terakhir dalam cara kerja kode referal adalah mengklaim komisi. Setelah berhasil mengajak beberapa orang untuk ikut membagikan kode berarti penyebar kode atau pemilik kode asli bisa langsung klaim komisi ke pihak pelaku bisnis. Biasanya jumlah komisi yang didapatkan tergantung dari berapa banyak orang yang ikut memakai kode.


