Google Ads Adalah: Panduan Penggunaan Bagi Pemula – Metode pengiklanan Google Ads saat ini memiliki nilai prospek yang bagus untuk para pengusaha baik usaha kecil, usaha menengah maupun usaha besar. Khususnya bagi pemula di mana layanan ini dapat digunakan untuk membangkitkan awareness produk agar lebih terkenal dan membuka pintu keuntungan bagi usahanya.
Bagi Anda yang masih bertanya tentang apa itu Google Ads? Dalam artikel ini akan kami sampaikan secara ringkas mengenai panduan pengiklanan di Google. Simak sampai habis.
Daftar Isi Artikel
ToggleGoogle Adwords Adalah , Yuk Simak Penjelasannya
Apa Itu Google Adwords?

Google Ads adalah suatu layanan marketing melalui internet yang berbayar. Layanan pengiklanan ini nantinya akan ditampilkan ke semua jaringan Google seperti laman penelusuran SEO (search engine), Youtube, hingga display berdasarkan keyword yang dibuat.
Biasanya layanan ini dikenakan oleh para pebisnis online untuk meningkatkan brand awareness yang ditawarkan. Dengan menggunakan teknik iklan seperti ini nantinya posisi iklan akan ditampilkan kepada pengguna di mana pengguna bisa mengklik langsung link terkait produk Anda.
Google Ads Certification adalah sendiri sangat efektif digunakan bagi para pelanggan untuk mendatangkan trafik pelanggan yang berkualitas ke dalam website produknya atau landing page layanan yang ditawarkan. Ditambah lagi jangkauan yang diberikan dari Google juga cukup terbilang luas. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak keuntungan nantinya.
Jenis-Jenis Google Ads
Sebenarnya Ads Google sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni;
- Iklan Aplikasi
- Iklan Penelusuran
- Iklan Video
- Iklan Display
Perbedaan Google Ads dengan Google AdSense
layanan pengiklanan Google Ads adalah cara mengiklankan produk ke layanan Google, di mana mereka harus membayar kepada pihak Google untuk mendapatkan iklan. Anda juga bisa memilih jenis iklan mana yang nantinya akan digunakan.
Hal ini tentunya berbeda dengan layanan Google AdSense di mana pengguna dari Google ini akan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang ke dalam platform pengguna. Misalnya saja seorang blogger atau Youtuber yang mendapatkan uang dari pemasangan iklan di dalam konten miliknya.
Pentingnya Google Ads Management
Ada beberapa manfaat yang akan Anda daftarkan saat melakukan Google Ads login untuk para pebisnis online, di antaranya:
1. Iklan Lebih Tertarget
Jika Anda memasang iklan di Google dengan keyword yang sesuai, nantinya Anda akan lebih tertarget ke calon buyer yang membutuhkan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
2. Iklan Lebih Cepat Tampil
Dengan adanya bantuan dari sistem search results page, iklan yang Anda buat akan mudah ditampilkan hanya dalam hitungan detik saja kepada audiens.
3. Target Pasar Lebih Luas
Seperti yang kita tahu saat ini Google adalah salah satu sarana yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, dengan begitu jangkauan yang dimiliki juga lebih luas. Dengan Anda memasang iklan di sini nantinya sasaran pasar yang diperoleh bisa ke berbagai penjuru dunia.
4. Budget Sesuai Kebutuhan
Biaya yang ditawarkan dalam pengiklanan di Google pun cukup terjangkau, seperti yang kita tahu teknik promosi ini cukup fleksibel di mana Anda bisa menyesuaikan budget iklan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.
Selain itu dalam pengiklanan juga bisa melakukan pembayaran jika konsumen sudah mengklik iklan yang ditawarkan di laman Google ini. Jadi terbilang sangat terpercaya.
Tipe Campaign Google Ads
Dalam Google Adwords Indonesia ada beberapa jenis campaign yang bisa Anda pilih untuk berjualan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan copy iklan itu sendiri baik melalui toko online, video, aplikasi dan lain sebagiannya. Berikut jenisnya:
1. Shopping Campaign
Iklan jenis ini kan ditampilkan dari halaman pencarian yang merujuk ke landing page, di mana dalam iklan ini nantinya akan memberikan informasi terperinci mengenai harga hingga rating produk di Google Shopping. Untuk menjalankannya Anda bisa menggunakan Google Merchant Center.
2. Apps Campaign
Jenis iklan ini akan mempromosikan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone melalui iklan dari laman Google, Google Play, Youtube, Google Display Network dan sebagainya.
3. Search Network Campaign
Google Ads ini akan muncul dalam halaman pencarian pengguna baik di Youtube, Search Google, Google Shopping, hingga ke Maps dengan mengetik keyword yang sesuai. Tanda yang biasanya tercantum adalah tulisan ‘Ad” yang tebal di awal link.
Gaya pengiklanannya pun cukup baik dapat berupa teks, video, gif, hingga gambar yang selaras dengan konten target pasar. Sehingga dalam jangkauan lebih banyak sekitar 90% dari iklan lainnya.
4. Video Campaign
Jenis ini biasanya akan ditayangkan di Youtube baik sebelum, di tengah, hingga sesudah tayangan Youtube. Video campaign ini juga akan muncul jika pengguna mengetik keyword yang sesuai di pencarian Youtube.
5. Display Network Campaign
Iklan jenis ini biasanya memiliki jaringan website industri yang ditampilkan kepada audiens. Penayangan iklan ini akan ditempatkan pada website orang lain, Gmail, hingga Youtube yang dijangkau audiens.
Cara Kerja Google Adwords
Untuk cara kerja dari Google Adwords sendiri adalah:
1. Harga Ditentukan Oleh Quality Score
Bid dalam proses assessment iklan akan memberikan quality control dari estimasi kualitas iklan. Hasil quality control ini berkisar 1-10.
2. Pengiklanan Menentukan Tujuan
Tujuan dari iklan sendiri akan memudahkan pengguna mendapatkan jasa layanan yang dibutuhkan dan memberikan keuntungan pada usaha yang membeli iklan.
3. Pengiklanan Melakukan Bid Pada Keyword
Pengiklanan ini akan menawarkan bid pada keyword untuk ditampilkan di platform Google.
4. Penentuan Posisi Iklan Oleh Ad Rank
Quality score ini akan dikombinasikan dengan jumlah bid keyword yang akan menciptakan ad rank pada peringkat iklan. Ad rank ini akan menentukan posisi iklan Anda. Semakin tinggi ad rank Anda maka semakin besar kemungkinan iklan Anda berpengaruh.
5. Pengiklanan Menentukan Opsi Bid
Opsi pembayaran iklan ini seperti:
- Cost-per-click (CPC), membayar dengan banyaknya pengguna yang mengklik iklan
- Cost-per-mile (CPM), membayar setiap adanya 1000 impresi iklan dilihat.
- Cost-per-engagement (CPE), membayar sejumlah aksi yang diinginkan.
Cara Menggunakan
Saat Anda melakukan Google Adwords login, ada beberapa cara menggunakan iklan ini, di antaranya:
- Iklan yang ditampilkan harus relevan dengan search intent
- Lebih baik menghindari broad keyword
- Optimalkan landing page Anda
- Buatlah headline iklan yang terbaik
Biaya Google Ads Indonesia
Seperti yang kita tahu Google Adwords adalah salah satu fitur iklan yang disediakan Google untuk para pengusaha. Untuk biaya yang ditawarkan mulai dari Rp 800 setiap klik pada search, Rp 150 pada menu display, dan Rp 30 per-view pada iklan video.
Biaya yang ditawarkan ini terbilang cukup murah, di mana Anda sudah mendapatkan fitur iklan terpercaya yang akan memberikan keuntungan pada usaha Anda nantinya.
Nah itulah beberapa poin dasar terkait Google Ads yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk mempertimbangkan layanan ini. Anda bisa mempelajari lebih dalam di ITBOX, di sini Anda akan mendapatkan informasi menarik terkait IT untuk pengembangan bisnis Anda.




