Facebook Ads Adalah merupakan salah satu sarana promosi online untuk meningkatkan karier. Dengan menggunakan fitur iklan di sini Anda akan mendapatkan target audiens yang Anda inginkan. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara ini.
Berikut akan kami bahas secara lengkap bagi Anda untuk bisa meningkatkan brand perusahaan.
Daftar Isi Artikel
ToggleApa Itu Facebook Ads? Facebook Ads Adalah
Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads adalah singkatan dari Facebook Advertising, yakni sebuah layanan pengiklanan yang disediakan Facebook melalui postingan sebuah akun atau fanpage yang disebarluaskan ke audiens pengguna Facebook. Layanan ini adalah suatu fitur berbayar yang sudah terjamin kepercayaannya.
Jenis-Jenis Facebook Ads
Sebenarnya ada beberapa jenis fitur layanan yang bisa Anda gunakan, antara lain:
1. Facebook Video Ad
Dengan batas maksimal 240 menit untuk pembuatan video iklan, Anda bisa menjelaskan secara singkat mengenai produk Anda dengan gaya yang menarik.
2. Koleksi
Jenis ini adalah fitur yang berfokus ke iklan seluler. Di mana Anda bisa menampilkan isi katalog Anda.
3. Facebook Photo Ad
Cara ini bisa Anda lakukan dengan memilih beberapa gambar dengan menuliskan link CTA website milik Anda untuk mempermudah promosi kepada audiens.
4. Carousel
Jenis ini akan menampilkan beberapa gambar penawaran dalam satu kali penampilan.
5. Slideshow
Jenis ini seperti presentasi di mana Anda bisa mengombinasikan teks, foto, dan suara dalam sekali tampilan.
6. Instant Experience
Jenis ini akan menampilkan full screen iklan produk Anda yang akan menarik audiens.
Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat beriklan di layanan ini, antara lain:
1. Bisa Menggunakan Gambar atau Video Dalam Iklan
Keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah dalam membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian audiens Anda bisa menggunakan berbagi gambar atau video untuk pembuatan iklan.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Dalam penggunaan Facebook Ads Manager, iklan yang muncul di beranda atau news feed akan memuat pengguna Facebook tertarik dengan produk yang diiklankan. Hal ini yang akan meningkatkan brand awareness Anda.
3. Budget Dapat Diatur Sesuai Kebutuhan
Anda sudah bisa memasang iklan dengan biaya terbatas sekalipun. Dengan penyesuaian budget yang tidak terlalu mahal Anda sudah bisa meningkatkan engagement produk Anda loh.
4. Membentuk Target yang Efektif
Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa membentuk target yang efektif setelah pemasangan iklan. Anda bisa mengelompokkan mulai dari usia, lokasi, jenis kelamin, ketertarikan, dan sebagainya yang bisa Anda atur dalam pembuatan iklan.
Dengan hal ini maka target pemasaran Anda akan lebih terarah sehingga jangkauannya akan lebih luas untuk sampai ke audiens. Dan nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan lebih pada penjualan produk Anda.
Cara Kerja Facebook Ads
Jika Anda memiliki akun Facebook dan ingin meningkatkan brand Anda di sini Anda bisa menyiapkan akun business manager pada Facebook untuk melakukan iklan. Anda hanya perlu membayar fitur yang disediakan di Ads Manager Facebook untuk mendapatkan iklan pemasaran brand Anda.
Cara Membuat Facebook Ads
Sebenarnya cara melakukan iklan di Facebook bukanlah hal yang sulit, berikut cara pembuatannya;
1. Masuk ke Facebook Ads Library
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan Facebook Ads Manager login untuk masuk ke layanan pengiklanan. Halaman ini adalah langkah awal Anda untuk melakukan pengiklanan brand di Facebook.
2. Tentukan Hal-hal yang Berkaitan dengan Kebutuhan Anda
Setelah Anda masuk ke Ads Library Facebook. Anda bisa memilih jenis Facebook yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam beriklan. Anda juga bisa menampilkan berbagai promo menarik untuk meningkatkan engagement dari audiens.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan trafik dan target audiens dari penayangan iklan Anda. Jika sudah memilih jenis layanannya Anda bisa menuliskan caption menarik dengan memasukan konten iklan Anda.
3. Lakukan Pembayaran
Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pembayaran agar pengiklanan bisa Anda gunakan. Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan fitur yang Anda pilih sebelumnya.
Metode Pembayaran Facebook Ads
Seperti yang dijelaskan di atas untuk mendapatkan plafon iklan ini Anda harus bayar, untuk metodenya Anda bisa melalui pembayaran via transfer bank atau ATM, kartu kredit atau debit, PayPal, kupon hingga iklan Facebook.
Untuk biaya Facebook Ads bisa terbilang murah hanya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per hari atau sekitar $50 hingga $50.000 per minggu. Biaya ini bisa Anda sesuaikan dengan jenis layanan yang Anda pilih.
Jenis Iklan FB Ads
Di sini disediakan berbagai jenis iklan yang ditawarkan, yaitu:
1. App Install Atau Engagement
Jika Anda ingin mempromosikan aplikasi buatan Anda, fitur ini sangat cocok digunakan karena akan mengajak para pengguna Facebook untuk menginstall aplikasi Anda.
2. Page Likes
Promosi ini nantinya akan meningkatkan jumlah like pada postingan Anda. Biasanya semakin banyak like maka semakin banyak orang yang percaya akan produk yang Anda tawarkan.
3. Click To Website
Pengiklanan seperti ini adalah dengan menambahkan link website Anda ke dalam postingan dalam bentuk tombol CTA.
4. Website Conversion
Pengiklanan ini akan lebih mengarahkan audiens ke website milik Anda, fitur yang ditawarkan adalah checkout, registration, dan leads.
5. Page Post Engagement
Fitur ini guna meningkatkan reputasi post yang Anda buat setiap harinya.
6. Event Responses
Jenis ini hanya dikhususkan saat mengadakan acara tertentu dan membutuhkan target market tertentu.
Tips Menggunakan FB Ads
Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pengiklanan di facebook, yaitu:
1. Kenali Karakter Audiens
Sebelum Anda membuat iklan di Facebook sebaiknya Anda sudah mengenali karakter dari audiens yang akan menerima pesanan Anda. Dengan begitu Anda akan bisa menyesuaikan apakah produk yang akan dijual itu sesuai dengan kebutuhan dari audiens atau tidak.
Anda juga bisa menyesuaikan pembuatan konten apakah bisa menarik perhatian dari audiens atau tidak. Mulai dari pembuatan foto maupun video yang akan mengiklankan produk Anda sendiri.
2. Buat Konten yang Menarik
Langkah selanjutnya yang penting Anda perhatikan adalah dalam pembuatan kontennya. Usahakan membuat konten yang menarik agar audiens yang melihat akan penasaran dengan produk Anda.
Anda bisa memasarkan produk dari foto, video atau bentuk lainnya yang dirasa cukup membuat audiens menarik. Usahakan tambahkan caption yang sesuai dengan pemasaran Anda agar audiens mudah memahami produk Anda.
Cara ini juga bisa dijadikan sebagai alat yang tepat untuk mengonversikan pelanggan Anda, agar nantinya Anda mendapatkan keuntungan lebih dalam penggunaan konten ini.
3. Memaksimalkan Penggunaan Fitur
Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan fitur yang ada dalam Facebook Manager Ads agar mendapatkan konten yang menarik.
Itu dia penjelasan singkat tentang Facebook Ads dan cara menggunakannya. Anda bisa mempelajarinya lebih dalam di ITBOX untuk meningkatkan brand perusahaan Anda.


