Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

October 17, 2022

Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya – Saat mempromosikan sebuah produk tentu saja berbagai macam strategi dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan strategi pemasaran.

Banyak yang beranggapan jika strategi penjualan melalui media sosial termasuk dalam cara yang paling ampuh. Namun pada kenyataannya email marketing merupakan cara cukup ampuh untuk dilakukan.

NAIKAN OMSET DENGAN EMAIL MARKETING

Mengenal Apa Itu Email Marketing

Email marketing adalah salah satu metode pemasaran online yang caranya dengan mengirimkan email kepada konsumen maupun calon konsumen. Tujuan pengiriman email ini sangatlah bervariasi seperti mengedukasi calon konsumen, meningkatkan penjualan, hingga branding.

Email Marketing: Pengertian & Strategi Pembuatannya

Cara kerjanya tergolong sederhana nantinya pelaku usaha bisa memperoleh email dari calon konsumen dengan cara memberikan penawaran menarik semacam pendaftaran webinar gratis, ebook gratis, dan hak memperoleh free trial di dalam waktu tertentu.

Nantinya setelah memperoleh alamat email dari calon konsumen, pebisnis akan mengirimkan email menarik tersebut yang tentunya disesuaikan dengan tujuan utama dari perusahaan sehingga para calon konsumen akan bisa tertarik dalam mengenal usaha yang ditawarkan lebih jauh.

Manfaat Email Pemasaran

Terdapat beberapa manfaat yang membuatnya tergolong cukup relevan serta banyak dipergunakan. Berbagai macam kelebihan tadi tentunya akan sangat sia-sia jika tidak bisa kalian manfaatkan, adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut.

  • Memerlukan biaya yang relatif sedikit akan tetapi hasilnya maksimal
  • Jangkauannya luas
  • 90 persen bahkan lebih konsumen setiap harinya akan mengecek email
  • Lebih efektif dari media sosial
  • Jangkauan konsumennya lebih mudah menggunakan banyak perangkat berbeda
  • Survey mengatakan jika 86 persen para konsumen ingin memperoleh email promosi dari produk yang menjadi langganan sebulan sekali

Strategi Email Marketing Terbaik

Strategi Email Marketing Terbaik

Berikut ini terdapat strategi email pemasaran yang bisa kalian coba untuk melakukan pemasaran supaya menjadi lebih optimal.

1. Menyiapkan tools email pemasaran

Melakukan pengiriman email pemasaran tentu akan berbeda jika dibandingkan kalian mengirimkan email pribadi.

Saat membuat email pemasaran diperlukan tampilan menarik dengan penambahan video, gambar, landing page website, dan hal lainnya. Hal tersebut dilakukan bertujuan agar strategi marketing lebih mudah tercapai.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula (TANPA CODING)

2. Membangun email list

Email list merupakan daftar email serta data diri yang lain dari para target konsumen. Tujuannya guna mempromosikan produk maupun layanan kepada target konsumen potensial. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pelanggan melalui email list seperti berikut caranya.

  • Berikan penawaran

Poin penting disini bahwa para calon konsumen tidak akan secara sukarela memberikan informasi pribadinya. Paling tidak jika kalian memberikan penawaran menarik seperti diskon khusus, konten eksklusif, ebook gratis, dan lainnya.

  • CTA variatif

Call to action (CTA) merupakan tombol yang dipergunakan untuk mendorong pengunjung sebuah website untuk melakukan tindakan seperti subscribe email pemasaran.

Kalimat serta penempatan CTA tentu saja harus dipertimbangkan dengan matang agar bisa menarik perhatian serta tidak mengganggu pengalaman dari para pengunjung website.

  • Gunakan popup dengan wajar

Popup tergolong cara yang masih tergolong efektif supaya mendapatkan leads. Memang popup terkadang dinilai mengganggu namun jika penampilannya dilakukan dengan tepat dan wajar bisa meningkatkan list building.

  • Berikan form singkat

Pembuatan form subscribe untuk email marketing tidak perlu panjang dan rumit. Umumnya para pengunjung tidak terlalu senang dengan pengisian form yang panjang.

Paling tidak untuk informasi yang dibutuhkan seperti nama dan email aktif. Usahakan form dibuat secara sederhana saja.

  • Persiapkan landing page khusus

Penggunaan CTA serta popup nyatanya belum cukup karena kalian harus mempersiapkan landing page khusus guna menampung para pengunjung setelah nantinya klik CTA ataupun popup. pada landing page tersebut para pengunjung akan melihat dengan lebih detail soal penawaran pada email marketing.

3. Membuat segmentasi dari email list

Ketika kalian sudah melakukan list building maka lakukan juga segmentasinya. Hal ini berguna untuk memilih para calon konsumen dengan kriteria tertentu. Hal ini berguna supaya email campaign lebih efektif dan memperoleh konversi lebih tinggi.

4. Mengirimkan email blast

Email blast merupakan kegiatan untuk mengirimkan email kepada banyak orang sekaligus yang mana pengiriman kepada email list kalian.

Email blast paling sering dilakukan untuk kemudahan dalam hal menjangkau para calon konsumen dengan masih, cepat, dan mudah.

5. Meningkatkan open rate email

Penting untuk kalian pahami jika tidak semua audiens akan meluangkan waktu untuk membuka email pemasaran yang dikirimkan. Apalagi ketika subjeknya tidak menarik sehingga kemungkinan besar email akan dibiarkan.

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa diterapkan guna meningkatkan peluang agar email yang dikirimkan dibuka.

  • Pahami tujuan dahulu
  • Gunakan domain yang tepat
  • Buatlah email yang personal
  • Buat subjek email yang menarik
  • Berikan gambar serta CTA yang tepat

6. Menghindari agar email marketing tidak masuk ke spam

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar email yang dikirimkan tidak masuk ke dalam spam.

  • Subjek email jangan memakai huruf kapital
  • Subjek dan isi email harus relevan
  • Menyediakan link untuk unsubscribe
  • Hindari penggunaan kata yang sering dianggap spam
  • Jangan mengirim lampiran lebih dari satu
  • Atur autentikasi email
  • Gunakan email hosting terpercaya

Hal terpenting yang harus diterapkan yaitu gunakanlah server khusus untuk pembuatan email pemasaran. Hal ini karena email hosting umumnya akan menyediakan berbagai fitur keamanan ekstra pada email pemasaran.

7. Optimasi email pemasaran pada perangkat mobile

Tahukah kalian jika banyak penerima email pemasaran yang membukanya melalui mobile. Ketiak desain email yang kalian kirimkan nyatanya kurang responsif akan berpengaruh pada desain yang terpotong sehingga email yang diterima tidaklah utuh.

8. Melakukan analisis pada performa email pemasaran

Hal ini bertujuan agar efektivitas campaign lebih dapat diukur sehingga kalian bisa dengan mudah melakukan evaluasi ketika dibutuhkan.

Jangan lupa melakukan A/B testing dahulu untuk desain, judul, subjek, dan CTA agar nantinya bisa dengan lebih mudah dalam menentukan email supaya lebih efektif.

Contoh Email Pemasaran

Jika kalian bingung dalam melihat bagaimana contoh email marketing maka salah satunya bisa dilihat melalui newsletter dari sebuah perusahaan sosial yang bertujuan memberdayakan komunitas.

Secara garis besar perusahaan tersebut memberikan fasilitas sosial kepada siapa pun yang mempunyai keresahan pada lingkungannya.

Cara membuat email marketing ini dengan memperhatikan berbagai hal seperti yang ditampilkan di bawah ini.

  • Berfokuslah pada kelebihan platform serta tampilkan hal tersebut sebaik mungkin
  • Pilih konten berkualitas untuk nantinya dikirimkan kepada pelanggan
  • Buatlah desain yang sederhana dan simpel karena itu dapat menonjolkan kelebihan bisnis maupun layanan
  • Buatlah CTA yang bisa mengarahkan pembaca ke aksi lebih spesifik

Jadi itulah informasi yang bisa kalian ketahui mengenai email marketing. Mulai dari pengertian dan cara pembuatan email yang baik.

Buatlah subjek dan CTA yang menarik sehingga akan menarik para pelanggan untuk membacanya bahkan melakukan aksi lanjutan.

Gabung Sekarang Juga Dengan Pelatihan Digital Marketing

Pelajari email marketing di dalam pelatihan digital marketing yang bisa anda ikuti di ITBox, Segera daftarkan, Promo terbatas hanya untuk bulan ini.

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill