Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Microsoft Excel. Ya, Excel merupakan sebuah perangkat lunak pengolah data yang sangat populer. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai rumus dan fungsi yang ada, khususnya rumus total Excel.
Aplikasi ini sangat terkenal dan bahkan sudah menjadi bagian dari materi untuk pelajaran sekolah. Meskipun begitu, masih banyak orang yang masih belum memahami bagaimana mengoperasikan Excel serta mengaplikasikan rumus-rumusnya.
Simak ulasan berikut untuk mengetahui pengertian dan rumus-rumus Excel.
Daftar Isi Artikel
ToggleMengenal Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah perangkat lunak pengolah data yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola lembar kerja elektronik yang berbentuk spreadsheet dan berisi tabel serta memiliki rumus-rumus.
Excel berguna untuk berbagai jenis pekerjaan seperti keuangan, analisis data, akuntansi, dan lainnya. Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat mengorganisir data, melakukan perhitungan aritmatika, mengolah data dan angka, serta membuat grafik. Dari data yang sederhana hingga komplek, Anda dapat mudah mengolahnya dengan bantuan berbagai fungsi dan rumus.
Excel memiliki banyak rumus seperti penjumlahan, pengurangan, dan lain sebagainya. Rumus tersebut dapat digunakan untuk membantu mengerjakan perhitungan yang rumit dan pengelolaan data sehingga dapat selesai dengan cepat dan tepat.
Mengenal Rumus Total Excel
Untuk menemukan jumlah total, Anda dapat menggunakan fungsi SUM. Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan suatu bilangan.
Untuk memperoleh jumlah total pada kategori sel tertentu, tekan enter setelah selesai mengetik rumus. Dengan adanya rumus ini, Anda tidak perlu repot untuk menghitung angka-angka tersebut secara manual. Fungsi SUM akan menghitungnya dengan cepat dan tepat.
Berikut contoh rumus total Excel :

- Klik sel dimana Anda ingin menggunakan rumus tersebut.
- Untuk menemukan jumlah total, gunakan fungsi SUM. Rumusnya adalah =SUM(
- Semisal Anda ingin total angka dari sel A2 sampai A6, maka rumusnya menjadi =SUM(A2:A6)
- Tekan enter untuk melihat hasilnya, yaitu 210
Melakukan Pengurangan
Selain untuk menemukan jumlah total pada kategori sel tertentu, Anda juga dapat melakukan pengurangan bilangan. Namun dalam rumus pengurangan, tidak ada formula khusus seperti SUM. Rumus ini cukup menggunakan tanda minus (–) sebagai tanda pengurangan.
Berikut contoh untuk melakukan pengurangan pada Excel :

- Klik sel dimana Anda ingin menggunakan rumus tersebut.
- Jika Anda ingin mengurangi sel A4 dan A5, maka Anda cukup menuliskan rumus =A4-A5
- Tekan enter untuk melihat hasil
Selain menggunakan referensi sel, Anda juga dapat menggunakan angka yang ada di dalam sel tersebut.

- Klik sel dimana Anda ingin menggunakan rumus tersebut.
- Anda ingin mengurangi angka yang ada di alam sel A3 dan A2, yaitu 50 dan 30
- Ketik rumus berikut =50-30
- Tekan enter untuk melihat hasil
Sangat mudah bukan? Menggunakan fungsi SUM dan rumus pengurangan sangatlah mudah. Perlu diingat, bahwa Anda wajib untuk selalu mengawali rumus dengan tanda sama dengan (=). Jika tidak ada tanda sama dengan, rumus tersebut tidak dapat diaplikasikan.
Jika Anda tertarik untuk mempelajari atau memperdalam ilmu Microsoft Excel, Anda dapat mengikuti kursus Basic Analisa dan Pengolahan Data Dengan Microsoft Excel di ITBOX. Ikuti pelatihan dan kursus dengan materi yang terstruktur bersama ITBOX!


