Branding Adalah : Tujuan, Elemen, dan Jenis-Jenis Branding

December 20, 2023

Branding Adalah

Branding adalah salah satu upaya yang penting dilakukan oleh sebuah bisnis untuk bisa bersaing diantara para kompetitor. Dengan begitu, bisnis tidak akan goyah meskipun persaingan pasar semakin ketat, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini.

Penting untuk membangun dan memperkuat brand dari sebuah bisnis yang sedang dijalankan. Dalam setiap bisnis, semua perusahaan pasti melakukan kegiatan pemasaran dan promosi.

Brand yang kuat dapat mudah dikenal oleh calon konsumen dan menambah pelanggan. Dengan brand yang kuat, pelanggan tidak akan terpengaruh dengan brand lain karena sudah menaruh kepercayaan di suatu brand.

Branding adalah hal yang terpenting dalam sebuah bisnis. Dengan branding, sebuah bisnis dapat memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada konsumen dan dapat membuatnya melekat di benak mereka. 

Jika konsumen telah mengenal dan mengingat bisnis Anda, peluang untuk meningkatkan pemasukan pun semakin tinggi. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai branding.

Branding Adalah

Apa itu branding? Istilah branding berasal dari kata brand yang artinya merek. Nah, brand atau merek adalah identitas unik dari sebuah produk atau jasa yang membedakannya dengan yang lainnya. Semakin menarik dan unik, biasanya masyarakat dapat lebih mudah mengingatnya.

Branding adalah segala jenis kegiatan komunikasi untuk membangun, memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand. Hal ini bertujuan untuk memberikan perspektif kepada audiens yang melihatnya.

Di dunia bisnis, branding adalah praktik pemasaran yang dilakukan perusahaan dengan menciptakan nama, desain, atau simbol yang mudah diidentifikasi sebagai ciri khas suatu perusahaan.

Membangun branding hingga dikenal masyarakat luas biasanya membutuhkan proses yang panjang dan waktu yang tidak sebentar. Karena itu melakukan branding pun tidak dapat dilakukan secara asal karena hal tersebut tidaklah mudah. Jika berhasil melakukan branding yang baik dan tepat, perusahaan akan mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Untuk mempertahankan itu, sebuah perusahaan yang besar pun harus terus konsisten melakukan branding agar tetap mempertahankan nama dan reputasinya. Tidak sedikit orang yang masih mengira bahwa branding hanya dilakukan oleh perusahaan yang masih baru dan belum begitu terkenal.

Dengan branding yang positif, perusahaan pun bisa mengalami peningkatan penjualan produk. Konsumen dan pelanggan bertambah, serta pendapatan perusahaan pun meningkat.

Tujuan Branding

Setiap perusahaan pastinya melakukan branding untuk tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuan branding yang harus Anda ketahui : 

1. Membangun Persepsi Masyarakat

Branding dapat membangun rasa kepercayaan dan reputasi yang baik terhadap masyarakat, dengan menciptakan image dalam sebuah produk. 

Image tersebut bisa diambil dari logo, nama merek, tampilan visual, jingle, tagline, dan sebagainya. Namun tentu saja faktor yang terpenting adalah produk yang berkualitas.

Dengan reputasi yang baik, bisnis pun dapat meningkatkan penjualan produk. Namun Anda harus hati-hati karena sekalinya reputasi jatuh, maka bisnis Anda akan susah untuk membangun kembali brandingnya.

2. Membedakan Dari Produk Lain

Branding dapat dilakukan untuk membedakan suatu produk dengan produk sejenis lainnya. Meskipun ada berbagai produk sejenis dari merek berbeda, tentunya konsumen pasti memiliki favoritnya.

Dengan branding yang kuat, sebuah merek dapat menonjolkan kelebihannya dari produk lain sehingga konsumen dapat memilih untuk membeli produk tersebut.

3. Sebagai Daya Tarik

Dengan persepsi baik dan berbeda dari produk lain, brand cenderung memiliki daya tarik tersendiri dari brandingnya yang kuat. Biasanya, konsumen memilih produk yang memiliki branding yang kuat karena lebih diingat dan dirasa lebih terpercaya.

Dengan daya tarik, brand bisa mendapatkan konsumen baru dan juga repeat buyer.

Elemen Branding

Mari kita bahas beberapa elemen branding yang wajib dimiliki sebuah produk : 

1. Nama Merek

Dalam melakukan branding, nama adalah hal paling dasar yang wajib dimiliki. Tanpa nama, produk tidak memiliki identitas yang bisa dikenali oleh masyarakat yang berpotensi menjadi calon konsumen.

2. Logo

Logo adalah faktor keunikan dari sebuah brand yang dapat menggambarkan produk dari sebuah bisnis. Biasanya, logo yang unik akan meninggalkan kesan dan melekat di benak masyarakat.

Tidak sedikit pula perusahaan yang rela mengeluarkan budget yang besar untuk pembuatan sebuah logo dengan menyewa jasa profesional seperti graphic designer.

3. Tampilan Visual

Pemilihan tampilan visual wajib Anda perhatikan. Tampilan visual yaitu desain produk dan kemasan, warna kemasan, dan sejenisnya.

Dengan memilih tampilan visual yang sesuai dan unik akan menghasilkan pencitraan positif terhadap suatu produk.

4. Suara

Lagu tema atau jingle dapat menambah keunikan bagi sebuah brand. Kehadiran sebuah lagu dapat melengkapi unsur visualiasi.

Biasanya jingle yang unik dapat terngiang-ngiang di benak masyarakat. Tujuannya yaitu agar sebuah brand dapat mudah diingat dan selalu dikenang.

5. Maskot

Maskot atau brand ambassador bisa membantu sebuah branding dari suatu produk. Namun, tidak semua produk memiliki maskot.

Dengan adanya maskot, hal tersebut bisa meningkatkan pemasaran produk dan menaikkan penjualan.

6. Kata-Kata (Tagline, Slogan, dll)

Slogan atau tagline yang baik dapat meninggalkan kesan mendalam sehingga meningkatkan citra positif bagi masyarakat. Disinilah peran copywriter sangat dibutuhkan.

Copywriter akan memilih kata-kata yang positif, sederhana, dan mudah diingat. Pastinya yang menggambarkan brand tersebut dan berbeda dari brand lain.

Jenis-Jenis Branding

Setelah membahas mengenai pengertian, tujuan, dan elemen branding, mari kita membahas mengenai jenis-jenis branding : 

1. Product Branding

Ini adalah jenis branding yang paling umum. Product branding adalah upaya perusahaan untuk memberikan identitas pada produknya. Tujuannya yaitu untuk mempengaruhi konsumen agar memilih produk tersebut dibandingkan produk sejenis dari brand yang berbeda atau kompetitor.

Dalam melakukan product branding, perusahaan akan berusaha untuk menyampaikan pesan positif mengenai produknya. Namun tanpa strategi branding yang baik, pesan tersebut tidak bisa tersampaikan secara optimal.

2. Personal Branding

Jenis branding ini adalah upaya yang dilakukan seorang individu untuk membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek yang dimilki orang tersebut. 

Biasanya, mereka akan membentuk citra yang menggambarkan keunikan dirinya. Mulai dari kepribadian, keahlian, dan kemampuan.

Personal branding biasa digunakan oleh public figure seperti politisi, artis, influencer, musisi, dan profesi lain yang ingin membentuk pandangan tersendiri di mata masyarakat.

Dengan personal branding, sesorang dapat membuat diri mereka lebih unggul dan menonjol dari yang lain. 

3. Corporate Branding

Coroporate branding adalah hal yang penting untuk menaikkan reputasi perusahaan di pasar. Baik itu perusahaan besar maupun kecil, pasti melakukan corporate branding. Semua aspek perusahaan seperti produk atau layanan yang ditawarkan, hingga tanggung jawab perusahaan akan dipamerkan kepada publik dengan citra yang positif.

Aspek tersebut bisa berupa visi perusahaan, logo, kualitas, pemasaran, kredibilitas, hingga pelayanan. Corporate branding sangat penting karena jika reputasi perusahaan buruk, pasti orang akan meninggalkan produk yang dijual dan akan mencari perusahaan lain dengan reputasi yang baik.

4. Destination Branding

Jenis branding ini digunakan untuk mempromosikan suatu wilayah atau tempat pariwisata. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan keunggulan serta potensi dari suatu daerah.

Destination branding menggambarkan identas budaya, kebiasaan masyarakat daerah, dan juga keunikan tempat di wilayah tersebut.

Penutup

Branding adalah kegiatan yang penting dilakukan suatu bisnis untuk menciptakan citra dan reputasi yang baik kepada masyarakat publik. Semakin baik citra brand di mata publik, maka brand tersebut akan semakin populer dan bisa meningkatkan penjualan produk atau layanan. Branding bisa dilakukan melalui pemasaran digital. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, Anda bisa mengikuti kursus Digital Marketing di ITBOX. Anda akan mendapatkan materi A-Z mulai dari basic hingga advanced, dengan pembelajaran fleksibel dimana saja dan kapan saja!

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill