Big Data Adalah : Kegunaan, Jenis-jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Big Data Adalah : Kegunaan, Jenis-jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Big Data Adalah : Kegunaan, Jenis-jenis, Kelebihan dan Kekurangannya – Pada era yang serba digital ini teknologi terus saja mengalami perkembangan dan pengguna. Fenomena ini tentunya tidak dapat dihindari terlebih teknologi sangat berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari termasuk di bidang pekerjaan. Adanya teknologi dapat mempermudah manusia dalam melakukan segala aktivitas sehari-hati.

Salah satu fenomena yang cukup besar dan tidak dapat dihindari kemunculannya adalah big data. Bagi orang awam atau seseorang yang mungkin masih gaptek, fenomena ini tentunya tidak dimengerti namun nyatanya kumpulan data ini telah memberikan manfaat yang sangat bisa dirasakan terutama bagi Anda pengguna internet. Kumpulan data ini bahkan sudah banyak diterapkan dan mendukung berbagai proses bisnis yang ada.

Big Data Adalah : Kegunaan, Jenis-jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Big Data Adalah Dan Contohnya

Nah jika Anda ingin mengetahui apa saja informasi tentang kumpulan data ini, simak informasinya di bawah ini. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu big data mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang hal yang satu ini. Big data adalah sekelompok data yang sangat besar dan juga kompleks, kumpulan data ini juga akan terus bertambah setiap waktunya.

Tahukah Anda ternyata yang dimaksud big data merupakan data yang dihasilkan dari aktivitas internet baik itu untuk keperluan pribadi ataupun untuk bisnis. Contoh yang menggambarkan kumpulan data ini adalah dahulu mungkin yang Anda kenal dengan sebutan data, Anda akan mengetahui nama, alamat beserta nomor teleponnya saja namun kini Anda bisa mengetahui beragam data yang jumlahnya sangat banyak sekali.

Menariknya semua data itu terus dihasilkan secara bersamaan dengan data yang berasal pengguna lainnya yang ada di seluruh dunia. Tahukah Anda, menurut beberapa sumber pengguna internet di seluruh dunia, setiap harinya telah menghasilkan data sebanyak 2,5 quintillion bytes. Sangat menakjubkan sekali bukan data yang dihasilkan.

Kegunaan Big Data di Bidang Bisnis

Kegunaan Big Data di Bidang Bisnis

Kumpulan data ini juga tentunya sangat bermanfaat di bidang bisnis karena bisa dimanfaatkan penggunaannya pada website jadi bisa mengetahui tingkat pembelian maupun traffic website saat itu. Nah apalagi kegunaan dari big data ini, simak di bawah ini.

1. Dapat mengembangkan produk lebih mudah

Manfaat pertama dari kumpulan data ini adalah dapat mengembangkan produk menjadi lebih mudah. Jadi agar fungsinya bisa meningkatkan produk, Anda bisa mengetahui produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Caranya dari kumpulan data ini Anda dapat mengetahui produk yang banyak diminati sedangkan produk yang memiliki penjualan yang cukup rendah bisa Anda lakukan analisis untuk mengetahui penyebabnya.

2. Memiliki peluang inovasi yang lebih terbuka

Selanjutnya Anda juga jadi mengetahui tren minat konsumen saat ini baik itu dilihat dari jenisnya ataupun banyaknya transaksi yang telah dilakukan. Jadi dengan begitu tentunya Anda bisa membuat inovasi terhadap produk tersebut agar bisa menarik konsumen lebih banyak lagi.

3. Bisa merancang UX

Saat ini dengan berkembangnya teknologi, interaksi antara penjual dan konsumen kini lebih banyak dilakukan melalui sebuah aplikasi atau web yang berbasis internet. Berdasarkan interaksi ini Anda bisa mengetahui tingkat penjualan produk yang dimiliki. Jadi dengan cara online ini kumpulan data bisa membantu Anda dalam mengetahui respon dari konsumen melalui riwayat belanja yang telah dilakukan.

4. Dapat menghindari adanya resiko manipulasi data

Tidak hanya berkaitan dengan keuntungan dalam berbisnis saja namun kumpulan data ini juga dapat berguna sebagai sistem keamanan yang baik. Hal tersebut karena Anda dapat mengetahui pola data yang dianggap tidak wajar dan bisa merugikan bisnis. Jadi Anda bisa mengetahui terjadinya manipulasi data karena semua data yang sudah tercatat dan tentunya bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Jenis - Jenis Big Data

Jenis – Jenis Big Data

1. Structured data

Jenis dari kumpulan data dibagi menjadi data nah setiap jenis ini memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Jenis yang pertama yaitu structured data, data yang satu ini sesuai dengan namanya memiliki ciri tersusun dengan baik dan mudah untuk didefinisikan.

Jadi data yang satu ini sangat mudah untuk dipahami baik itu untuk komputer maupun manusia. Ciri selanjutnya, data ini bisa tersimpan maupun dianalisis dengan format yang baik.

2. Semi structured data

Jenis data selanjutnya adalah semi structured data, data ini termasuk data yang terstruktur hanya saja data ini kurang lengkap dan tidak memenuhi sebagai data terstruktur. Oleh karena itu data ini disebut data semi structured karena memiliki ciri diantara terstruktur dan tidak terstruktur. Contoh data dari jenis ini adalah RDBMS, NoSQL.

3. Unstructured data

Unstructured data atau data yang tidak terstruktur menjadi jenis big data yang terakhir. Jadi data ini karena tidak terstruktur sehingga cukup sulit untuk dipahami maupun dianalisis. Contoh data yang termasuk unstructured data adalah berbagai komentar yang tersebar di media sosial, tweet yang ada di Twitter maupun postingan dan like yang biasa Anda lakukan.

Baca Juga : Pengertian Data Science Manfaat, Contoh Penerapan & Prospek Kerjanya

Kelebihan Dan Kekurangan Big Data

Disini kami mencoba untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari Big Data. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya yang harus anda ketahui.

Kelebihan Big Data

1. Memberikan wawasan yang tepat

Hasil analisis data yang diperoleh dari kumpulan data ini berdasarkan fakta dan valid sekali jadi memungkinkan Anda memberikan sebuah wawasan yang bisa jadi menjawab permasalahan yang sedang dihadapi. Wawasan yang diperoleh tentunya bisa diimplementasikan lebih lanjut.

2. Memberi tahu cara yang berbeda

Kumpulan data ini seperti yang diketahui digunakan pada bidang bisnis, nah salah satu kelebihannya adalah akan memberikan cara yang berbeda untuk meningkatkan bisnis Anda sekaligus bersaing dengan kompetitor lainnya.

3. Meningkatkan produktivitas

Kumpulan data ini bisa Anda peroleh secara real time baik di setiap menit maupun detik akan selalu menghasilkan data baru yang bisa dianalisis.

4. Efisien menjadi customer service

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki adalah kumpulan data ini bisa memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan customer dan juga meningkatkan kepercayaan yang dimiliki terhadap perusahaan Anda.

Kekurangan

1. Membutuhkan hardware

Kekurangan pertama yang dimiliki kumpulan data adalah harus menggunakan hardware. Jadi untuk mengembangkan kumpulan data ini karena bentuknya adalah sekumpulan data besar yang kompleks, tentunya jika menginginkan hasil yang signifikan dibutuhkan server yang memiliki kapasitas yang sangat besar.

2. Kualitas data ditanyakan

Seperti yang diketahui big data yang Anda peroleh berasal dari berbagai sumber sehingga untuk dapat dianalisis tentunya kualitas masing-masing data tidak sama dan kualitasnya sangat dipertanyakan. Jadi jika Anda akan melakukan analisis Anda sangat memerlukan sistem analitik yang sangat ketat sekali agar hasil yang diperoleh signifikan dan akurat.

Mau Belajar Big Data ? Ikuti Pelatihan Data Scientist

Mau memahami tentang Big Data, Kamu bisa menjadi seorang data scientist yang handal dengan mengikuti pelatihan belajar data science yang tersedia di ITBox.

Mau Beli Pelatihan ? PESAN Sekarang

Mau UPGRADE skill ? Segera beli pelatihan yang kamu inginkan. Dan Dapatkan PROMO menarik setiap harinya di ITBox. 

" SEGERA UPGRADE Skillmu Untuk Tingkatkan KARIR Impianmu "

LIHAT PRODUK
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp

Recent Post

XAMPP Adalah : Cara Download dan Install untuk Segala Keperluan

React Native Adalah : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

PROMO ITBOX

Meet the Author

maulana

Leave a Comment

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.

Level

Category