AIDA marketing merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi perhatian, minat, keinginan dan tindakan. Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing atau bisnis tentu sudah mengetahuinya. Namun bagaimana dengan yang belum? Untuk yang belum maupun yang sudah bisa simak penjelasan berikut.
Daftar Isi Artikel
TogglePengertian AIDA dalam Marketing
AIDA marketing adalah suatu konsep pemasaran yang sudah lama ada namun masih tetap hidup dari zaman ke zaman. Model AIDA merupakan model marketing yang dapat mengidentifikasi tahap kognitif dari seseorang pada proses pembelian suatu produk ataupun layanan. Dalam model ini dijelaskan bagaimana pembeli (pada beberapa tahap sebelum akhirnya dia memutuskan untuk melakukan aktivitas pembelian.
AIDA marketing juga disebut dengan marketing funnel AIDA yang memiliki pengertian proses pemasaran yang digambarkan seperti bentuk corong dari mulai bagian atas yang paling lebar kemudian mengerucut ke bawah. Bentuk corong ini menggambarkan tahapan dari proses pemasaran hingga ke penjualan produk.
Tahapan dalam Metode AIDA
Berikut merupakan beberapa tahapan dalam metode AIDA:
1. Tahap Awareness (Kesadaran)
Tahapan awareness atau kesadaran adalah proses calon konsumen untuk mengenali produk yang mereka lihat. Proses dalam tahapan ini bisa melalui berbagai macam channel, mulai dari iklan, penggunaan produk oleh konsumen lain, promosi di tempat perbelanjaan dan masih banyak lagi. Pada tahap ini calon konsumen hanya sekedar tahu mengenai produk yang ditawarkan.
2. Tahap Interest (Ketertarikan)
Tahapan selanjutnya setelah calon konsumen menyadari adanya keberadaan produk adalah tahap ketertarikan, pada tahap ini calon konsumen sudah mengetahui adanya nilai khusus atau sesuatu yang membuatnya tertarik pada produk tersebut.
3. Tahap Desire (Keinginan)
Setelah tahap ketertarikan tumbuh, maka akan tumbuh juga tahap keinginan untuk memiliki produk tersebut. Untuk menumbuhkan keinginan calon konsumen, Anda harus melakukan ajakan aktif kepada mereka. Anda dapat melakukan berbagai macam cara mulai dari pembelian diskon, atau yang lainnya, sampai mereka benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
4. Tahap Action (Tindakan)
Setelah tahap keinginan muncul selanjutnya pasti tahap tindakan atau action yang muncul. Pada tahap ini calon konsumen akan berubah statusnya sebagai konsumen dan bersedia menggunakan atau membeli produk Anda dengan tindakan yang mereka lakukan sendiri.
Arti Bentuk Corong pada Pemasaran Aida
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bentuk corong pada pemasaran AIDA dinamakan AIDA marketing funnel. Setiap bagian pada bentuk tersebut memiliki makna yang berbeda-beda dan juga strategi yang menari. Berikut makna dari bentuk corong pada pemasaran AIDA.
Bagian AwarenessÂ
Pada bagian awareness disebut dengan bagian lebar 1 paling atas. Bagian ini memiliki makna pemasaran produk atau layanan yang Anda berikan untuk mengenalkan produk Anda.
Tujuan utama dari bagian ini adalah untuk menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu Anda harus banyak-banyak memasang iklan mengenai produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Dan juga meningkatkan kualitas iklan atau pemasaran yang Anda buat.
Bagian Interest
Pada bagian interest disebut dengan bagian lebar 2. Bagian ini memiliki makna seseorang yang Anda tuju sudah mulai ingin tahu mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.
Tujuan dari bagian ini adalah untuk membangun minat dan keinginan lebih lanjut pada seseorang yang Anda tuju. Dengan begitu Anda harus memberikan informasi yang detail dan lengkap mengenai apa yang Anda tawarkan.
Bagian Desire
Pada bagian desire disebut juga dengan bagian lebar 3. Bagian ini memiliki makna seseorang yang Anda tuju sudah mulai merasa tertarik dan menginginkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pada bagian ini Anda hanya perlu membangun keinginan dan juga motivasi untuk memiliki apa yang Anda tawarkan.
Pada bagian ini Anda harus bisa menunjukkan dengan jelas kalau produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat memenuhi kebutuhan dan juga keinginan seseorang tersebut.
Bagian Action
Pada bagian action disebut juga dengan bagian kerucut. Bagian ini memiliki makna seseorang yang Anda tuju membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Tujuan utama pada tahap ini adalah mengubah pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap Anda. Agar mencapai ini Anda harus memberikan produk dan juga pelayanan yang memuaskan dan juga berkualitas.
Contoh Penerapan Konsep AIDA dalam Marketing
Ketika telah mengetahui apa itu AIDA maka selanjutnya Anda perlu tahu bagaimana penerapan AIDA marketing dalam dunia bisnis. Berikut merupakan contoh AIDA marketing.
Adam baru saja mendirikan usaha yang berfokus dalam penjualan martabak. Namun karena bisnis Adam baru saja berdiri, Adam harus mencari cara agar bisnis martabaknya diketahui banyak orang dan akhirnya laris manis. Untuk itu Adam perlu menerapkan model AIDA marketing.
Pertama, Adam perlu menerapkan tahap attention, dengan cara membuat akun sosial media atau dapat disebut dengan proses AIDA digital marketing. Pada proses ini Adam harus benar-benar mengelola akun usahanya sebaik mungkin, dimulai dengan mengunggah foto produk dan mencantumkan harga martabak, menu, jam operasional, atau sedikit proses pembuatannya.
Setelah melalui tahap attention, selanjutnya Adam masuk ke tahap interest. Tahap ini dilakukan Adam dengan cara menambahkan caption menarik pada unggahan produk, serta menjelaskan sedikit mengenai jumlah bahan pembuatan martabaknya, contoh menambahkan banyak topping dan lain sebagainya.
Setelah melalui tahap interest, selanjutnya Adam masuk ke tahap desire. Agar berhasil dalam tahap ini Adam harus mampu menarik minat masyarakat dengan cara Adam memberikan sampel terlebih dahulu kepada calon pembeli, proses ini disebut dengan AIDA marketing examples, dapat juga memberikan promo menarik untuk setiap pembelian martabaknya atau berbagai promo dan diskon menarik lainnya.
Selanjutnya Adam masuk ke tahap action. Agar berhasil dalam tahap ini Adam harus menganalisis tahap pemasaran dengan bagus agar konsumen mengambil tindakan untuk membeli martabaknya dan Kembali lagi esok. Setelah melakukan hal tersebut Adam juga harus memantau medsos pada kolom komentar di setiap unggahannya dan apabila ada yang bertanya harus langsung dijawab.
Selanjutnya Adam harus membuat alur pemesanan bagi para konsumen yang ingin membeli martabaknya via online. Dimulai dari harus menghubungi ke nomor berapa, pilihan menu martabak yang tersedia, opsi pembayaran yang mudah dan jumlah total biaya beserta ongkirnya.
Manfaat Penggunaan Marketing AIDA
Konsep AIDA memiliki beberapa keunggulan yang sangat berguna untuk mengembangkan usaha kecil, atau usaha baru. Berikut beberapa manfaat penggunaan AIDA marketing:
- Model AIDA dapat memberikan penjelasan mengenai struktur bagaimana pemasaran dan pesanan secara detail.
- Dengan adanya model AIDA Anda dapat memahami bagaimana perilaku konsumen, dari awal muncul hingga membeli produk, atau menggunakan layanan Anda.
- Dengan memahami tahapan-tahapan AIDA, Anda dapat mendampingi calon pelanggan dengan baik.
- Dapat mengarahkan minta dan juga kepuasan pelanggan.
- Dapat membantu dalam proses meningkatkan konversi.
Demikian penjelasan lengkap mengenai AIDA marketing yang dapat Anda praktikan dalam konsep bisnis Anda. Bagi Anda yang berminat untuk mempelajari lebih dalam mengenai AIDA marketing atau untuk mengupgrade skill IT, Anda bisa mengikuti kursus IT hanya di ITBOX, karena hanya ITBOX platform yang dikembangkan oleh Course-Net Indonesia.




