Buka 2026 dengan Skill Baru
Diskon 25% untuk Semua Kelas di ITBOX
Periode 4-10 Desember 2025
Hari
Jam
Menit
Detik
SKILLBOX
Periode promo 17-24 Oktober 2025

5 Strategi Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

December 8, 2023

strategi digital marketing

Digital marketing adalah jenis pemasaran yang sedang banyak diterapkan oleh perusahaan. Dengan penerapan strategi digital marketing yang baik, sebuah bisnis dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, pemasaran tidak dilakukan secara tradisional lagi melainkan secara digital. Tujuannya yaitu untuk menjangkau target audiens potensial yang lebih luas serta menghemat biaya.

Sebelum mengetahui strategi digital marketing, mari kenali dulu apa itu digital marketing.

Apa itu Digital Marketing

Digital marketing adalah metode pemasaran yang menggunakan teknologi digital berbasis online seperti internet, media sosial, dan platform digital lainnya untuk mempromosikan produk atau layanan. Penggunaan media digital bertujuan untuk meningkatkan brand awareness serta menjangkau pasar potensial serta target audiens yang lebih luas.

Pemasaran digital dianggap lebih efektif daripada pemasaran konvensional. Dengan internet, bisnis dapat lebih mudah berinteraksi langsung kepada pelanggan dan dapat mengetahui ulasan konsumen. 

Terlebih sekarang ini, hampir semua orang telah menggunakan internet. Orang dari berbagai usia dan kalangan aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Karena itulah banyak bisnis yang menjangkau pasar dengan mengunggah konten dan berinteraksi dengan audiens di media sosial.

Dengan digital marketing, Anda dapat melakukan promosi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar seperti pemasaran konvensional. Dulu jika ingin mempromosikan suatu produk, sebuah bisnis harus membuat poster, brosur, hingga membuat iklan televisi yang pastinya membutuhkan anggaran yang lebih banyak.

Melalui digital marketing, bahkan pemasaran bisa dilakukan secara gratis yaitu dengan mengunggah konten di sosial media. Lain hal jika Anda menggunakan digital ads (iklan digital) yang berbayar.

Strategi Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah rencana yang dirancang untuk membangun bisnis atau mempromosikan produk dan layanan menggunakan berbagai platform digital. Rencana ini dibuat untuk menarik pelanggan baru serta meningkatkan brand awareness.

Dengan menerapkan strategi digital marketing yang terencana secara konsisten, maka Anda dapat mencapai tujuan bisnis Anda. Tentunya strategi harus dipilih berdasarkan kebutuhan, kondisi, dan tujuan bisnis Anda.

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui strategi digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda : 

1. Pay-Per-Click (PPC) Advertising

Pay-per-click advertising atau PPC adalah strategi digital marketing yang dimana pengiklan membayar biaya promosi setiap kali iklan mereka diklik. Dengan PPC, Anda dapat mengatur jumlah target iklan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan atau harga yang diinginkan.

Jenis iklan ini biasanya terdapat di halaman pencarian google dengan memakai layanan Google Ads. PPC dianggap efektif karena memberikan hasil yang lebih cepat daripada iklan konvensional. Tujuannya yaitu untuk menjangkau target audiens yang melakukan pencarian di mesin pencari dengan suatu keyword.

Jika seseorang mengetik “beli celana” di mesin pencari, nantinya di halaman hasil pencarian akan muncul iklan dari website Anda. Dengan PPC, website Anda juga akan berada di ranking atas halaman pertama mesin pencarian sehingga audiens semakin mengetahui merek Anda.

Selain Google Ads, Facebook dan Instagram juga memiliki layanan yang sama. Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi dengan menggunakan Facebook Ads dan Instagram Ads.

PPC dan SEO mungkin terlihat mirip karena sama-sama bertujuan untuk menempati ranking teratas mesin pencarian. Perbedaannya yaitu untuk PPC pengiklan membayar ke Google jika iklan tersebut diklik orang. Namun SEO bukanlah iklan, mereka menempati ranking teratas dengan cara tersendiri seperti targeting keyword dan mengoptimasi website.

2. Content Marketing

Content marketing adalah strategi digital marketing dengan cara membuat dan mendistribusikan konten yang berisi mengenai informasi bisnis ataupun konten hiburan yang relevan dengan bisnis Anda. 

Di era persaingan digital, content marketing dapat membantu bisnis Anda semakin maju dan bertahan di tengah persaingan bisnis. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan brand awareness dan berinteraksi dengan konsumen.

Untuk membuat content marketing, Anda harus menetapkan 3 syarat ini yaitu relevan, penting, dan konsisten. Dengan mengikuti syarat ini, Anda dapat memperbesar peluang menaikkan penjualan sesuai target.

Content marketing dilakukan untuk menjangkau dan meningkatkan hubungan kuat dengan audiens melalui konten yang diunggah di platform digital. Ada berbagai jenis konten yang bisa Anda buat, seperti video, foto, artikel untuk blog, infografis, dan masih banyak lagi. 

Ada 2 jenis content marketing, yaitu konten pengenalan dan konten branding. Konten pengenalan berfokus untuk membuat konten yang mengenalkan produk seperti penjelasan mengenai produk Anda dan bagaimana produk tersebut dapat membantu pelanggan. Sementara konten branding merupakan konten yang berisi alasan mengapa produk yang ditawarkan merupakan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah pelanggan.

Konten yang berkualitas dan menarik dapat berkesan bagi audiens dan berbekas di ingatan mereka. Dari situ dapat muncul rasa kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.

Content marketing dapat lebih efektif diterapkan jika dipadukan dengan metode SEO. Membuat konten SEO dapat membantu Anda untuk menaikkan peringkat di mesin pencarian google sehingga lebih mudah ditemukan orang.

3. SEO

Strategi digital marketing SEO digunakan untuk menaikkan website menjadi ranking teratas di halaman teratas mesin pencarian. Hal tersebut dapat meningkatkan traffic audiens yang mengunjungi website Anda.

Dasar praktik SEO adalah pengoptimalan website dengan penggunaan keyword. Anda harus memahami pemilihan dan penempatan kata keyword di halaman. Keyword akan sangat berpengaruh bagi website Anda, karena itulah gunakan keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

Gunakan keyword tersebut di dalam konten yang ada di website Anda seperti artikel. Tentunya artikel yang dibuat haruslah menarik dan bermanfaat bagi audiens. Sebaiknya buat artikel yang relevan dan berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan di bisnis Anda.

Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menghemat biaya pemasaran karena Anda tidak perlu membayar untuk membuat iklan. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki seorang ahli yang khusus menangani SEO untuk website Anda.

4. Social Media Marketing

Social media marketing merupakan strategi yang memanfaatkan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens dengan tujuan meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, dan mengarahkan traffic web. Contoh media sosial yang sering digunakan yaitu Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Youtube, dan lainnya. Platform tersebut juga memiliki fitur iklan berbayar yang bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan tingkat konversi tingggi.

Strategi digital marketing ini dianggap efektif karena bisa menjangkau target audiens dan pasar potensial yang lebih luas. Tidak hanya promosi, Anda juga bisa berinteraksi dengan konsumen di akun media sosial Anda sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Media sosial dapat menjadi sarana yang bagus untuk mempromosikan bisnis karena bisa berkembang secara intens. Anda bisa menggunakan berbagai platform media sosial untuk melakukan pemasaran, namun Anda juga harus mengetahui karakteristik setiap platform tersebut untuk membuat konten yang relevan dan menarik.

Strategi harus dilakukan secara optimal agar tidak kalah dari kompetitor dan bisa memiliki pelanggan yang loyal.

5. Email Marketing

Email marketing berfokus untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan juga menjangkau pelanggan baru. Strategi ini baik untuk membangun brand awareness, mendorong repeat order, dan juga untuk menjaga nama perusahaan agar tetap diingat.

Email marketing biasanya berisi promo atau update terbaru seputar produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Dengan memanfaatkan strategi ini dengan baik dan tepat, Anda dapat memperkuat relasi dengan pelanggan dan juga memberikan informasi produk sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

Tentu saja membuat email marketing harus menarik sehingga pelanggan tertarik untuk membaca email tersebut. Namun yang terpenting adalah headline, harus dibuat semenarik mungkin agar pelanggan membuka email Anda.

Agar email marketing tepat sasaran, Anda harus melakukan riset data pengguna terlebih dahulu untuk memudahkan dalam menetapkan target penjualan. Riset bisa berdasarkan usia, lokasi, minat, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika promosi yang dikirimkan sesuai dengan profil pelanggan tersebut.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang strategi digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan menerapkan strategi yang baik dan tepat, Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda dan juga menarik kepercayaan konsumen.Ikuti kursus digital marketing di ITBOX. untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan digital marketing beserta strateginya!

Share Artikel
Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping
0

Level

Course Level

Category

Skill