Di era digital seperti sekarang ini, menggunakan aplikasi untuk memudahkan dalam mengerjakan suatu hal, baik tugas maupun pengerjaan serta dapat meningkatkan produktivitas. Microsoft Office adalah paket perangkat lunak yang menyediakan berbagai aplikasi-aplikasi tersebut.
Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Office, atau mungkin Anda sering menggunakan aplikasinya seperti Word, Excel, Powerpoint, dan sebagainya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak artikel berikut ini.
Daftar Isi Artikel
TogglePengertian Microsoft Excel Adalah
Microsoft Office adalah seperangkat aplikasi buatan Microsoft Corporation, yang dibuat untuk meningkatkan produktivitas dan mempermudah pekerjaan seseorang. Diluncurkan di tahun 1990, awalnya software ini bernama Office Suite.
Dengan adanya Microsoft Office, Anda dapat menggunakan aplikasinya untuk menyimpan data penting, menulis surat, membuat presentasi, melakukan panggilan video, hingga melakukan penghitungan dan pengolahan data. Setiap aplikasi yang ada di Microsoft Office memiliki keunggulan dan kegunaan masing-masing.
Platform ini tersedia di PC baik untuk sistem operasi Windows maupun MacOS. Selain itu, Anda juga mengelola aplikasi nya lewat mobil untuk iOS dan Android. Anda juga dapat mengaksesnya lewat web.
Aplikasi yang ada di Microsoft Office
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Microsoft Office adalah seperangkat aplikasi yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.
Berikut beberapa aplikasi yang ada di Microsoft Office yang mungkin sering Anda dengar dan gunakan :
1. Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan pengguna untuk menulis, menyunting, dan memformat dokumen. Biasanya orang menggunakan aplikasi ini untuk membuat teks, surat, buku, brosur, dan lain sebagainya.
Hasil dokumen yang dibuat di Microsoft Word akan tersimpan dalam bentuk softcopy, yang nantinya bisa dicetak dan berbentuk hardcopy.
Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata terpopuler dan terbaik, dan hampir digunakan oleh semua orang yang bekerja berbasis penulisan teks. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu semua kebutuhan penggunanya.
Selain menulis huruf dan angka, Word juga dapat menginput gambar, membuat tabel, penomoran, hingga word art untuk mengasilkan dokumen yang diinginkan. Format keluaran file dari Word juga beragam, seperti txt atau pdf.
2. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah data yang populer dan hampir digunakan oleh semua orang yang bekerja berbasis angka atau pengolahan data. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola, menganalisis, hingga menyajikan data dalam bentuk tabel atau spreadsheet.
Aplikasi ini banyak digunakan oleh orang yang bekerja sebagai di bidang fincance, karena banyak rumus atau fungsi yang bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepat dalam melakukan perhitungan.
Excel dapat digunakan untuk berbagai konteksi seperti bisnis, penelitian, pendidikan, hingga penggunaan pribadi. Anda bisa saja menyusun jadwal pribadi Anda melalui Excel karena dengan adanya kolom dan sel, Anda dapat menyusun data dengan mudah dan rapi.
3. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dan menerima pesan email, menyimpan nama dan nomor kontak, dan juga mengelola jadwal atau kalender.
Dengan mengintegrasikan dengan Microsoft SharePoint, Anda dapat berbagi dokumen catatan, memberikan akses kolaborasi, hingga menjadi pengingat jadwal. Anda juga dapat berbagi file dari penyimpanan Cloud, sehingga Anda dapat terhubung dengan pengguna lain dengan Outlook.
4. Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk menambahkan beberapa jenis media ke dalam presentasi Anda.
Terdapat template desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi. Anda tidak perlu memiliki software desain karena di PowerPoint, Anda dapat membuat desain sederhana.Ada juga tools yang bisa memberikan efek tertentu pada presentasi Anda sehingga terlihat lebih menarik.
Cara Download Microsoft Office dan Mengaktivasinya
Berikut cara untuk donwload Microsoft Office di Windows dan Mac :
Download Microsoft Office di Windows
- Buka website www.office.com, lalu masuk ke akun Anda.
- Buka halaman Home, lalu klik Install Office.
- Setelah selesai menginstall, aktifkan penginstalan menggunakan file yang telah diunduh.
- Klik Run, lalu simpan file atau atur.
- Klik ya pada pertanyaan ‘Apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi melakukan perubahan pada perangkat’ agar instalasi dimulai.
- Jangan matikan PC atau mengganggu jendela dialog ketika sedang melakukan penginstalan.
- Setelah penginstalan selesai, Anda perlu melakukan langkah terakhir yaitu mengaktivasikannya.
- Buka perangkat lunak Microsoft Office, lalu terima perjanjian lisensi.
- Perangkat lunak sudah siap digunakan.
Download Microsoft Office di Mac
- Buka website www.office.com, lalu masuk ke akun Anda.
- Buka halaman Home, lalu klik Install Office.
- Setelah selesai mengunduh, aktifkan penginstalan menggunakan file yang telah diundur.
- Buka Finder untuk membuka unduhan, lalu klik dua kali pada unduhan Microsoft Office.
- Pada kotak dialog pertama, klik opsi ‘lanjutkan’.
- Klik opsi ‘lanjutkan’ lagi saat tinjau lisensi perangkat lunak.
- Setujui persyaratan perangkat lunak.
- Pilih bagaimana Anda ingin menginstal Microsoft Office, lalu pilih lanjutkan.
- Lihat persyaratan ruang disk kemudian klik instal.
- Masukkan info login Mac Anda, kemudian klik instal perangkat lunak.
- Untuk mengaktivasikan produk, klik landasan peluncuran.
- Klik salah satu perangkat lunak Microsoft Office, lalu klik mulai untuk mengaktifkan perangkat lunak.
- Perangkat lunak sudah siap digunakan.
Penutup
Dalam melakukan pekerjaan, Microsoft Office adalah seperangkat lunak yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan Anda. Salah satu aplikasi yang sering digunakan orang adalah Microsoft Excel. Excel seringkali digunakan untuk pengolahan data dan angka, dan mempermudah dalam melakukan perhitungan.
Dengan mengoperasikan Excel dengan optimal, pekerjaan Anda akan menjadi lebih produktif dengan memaksimalkan fitur Excel seperti rumus atau fungsi. Untuk mempelajarinya, Anda dapat mengikuti kursus Excel di ITBOX.
Anda akan mendapatkan materi yang berkualitas serta bisa mempelajarinya secara fleksibel karena kursus ini dilakukan secara online. Anda juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa menjadi nilai plus saat Anda mencari pekerjaan.
Kunjungi itbox.com untuk info lebih lanjut.


